CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Berita Luar Negeri /
Waduh! China Lockdown Satu Kota Baru karena COVID-19
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eba1661a7276849fc347293/waduh-china-lockdown-satu-kota-baru-karena-covid-19

Waduh! China Lockdown Satu Kota Baru karena COVID-19

Jakarta, CNBC Indonesia - China belum sepenuhnya bebas dari corona (COVID-19). Setelah Wuhan selesai, kini China mengumumkan penguncian (lockdown) Kota Shulan, di China Laut Timur, Provinsi Jilin.

Dikutip dari CGTN, pengumuman dilakukan pada Minggu (10/5/2020). Ini dilakukan setelah pemerintah menemukan kluster infeksi COVID-19 baru di kota itu.

Semua warga wajib tinggal di rumah. Siswa SMP dan SMA juga akan kembali melakukan kegiatan belajar mengajar secara online.


Semua fasilitas umum, bioskop, perpustakaan ditutup sementara. Fasilitas kereta api, di dalam maupun ke luar kota disetop hingga akhir Mei ini.

Bus diminta menunda layanan. Sedangkan taksi tak diizinkan meninggalkan kota.

"Pihak berwenang mengatakan akan melakukan penyelidikan menyeluruh pada semua warga Shulan," tulis media itu. Pemerintah juga akan melakukan pelacakan kontak pada semua yang berhubungan dekat dengan pasien yang didiagnosis.



Sementara itu, dari South China Morning Post, diketahui kasus pertama ditemukan pada 7 Mei saat seorang wanita 45 tahun didiagnosis dengan COVID-19. Padahal kota sudah mencatat nol kasus sejak 9 April.


Wanita itu diketahui bekerja pada sebuah binatu. Bagaimana ia terinfeksi masih belum jelas, karena sejak 23 April ia tak meninggalkan provinsi itu dan tidak bertemu dengan siapapun dari luar negeri.



Sementara itu, dari South China Morning, 18 orang yang berkontak dengan wanita itu sudah dikarantina. Komisi Kesehatan Nasional (NHC) menyatakan ada 14 kasus baru yang didaftarkan pemerintah setempat per Minggu.



Berita ini merupakan hal buruk bagi Shulan. Pasalnya, pemerintah baru saja merelaksasi aturan pembatasan sosial Jumat lalu.



Di mana tempat hiburan sudah diizinkan dibuka meski dengan jumlah pengunjung terbatas. Kota Shulan sendiri berbatasan dengan Korea Utara.


Berbicara dengan wartawan, Juru Bicara NHC Mi Feng menggambarkan situasi Shulan sebagai infeksi kluster terbesar di China dalam dua bulan terakhir. "Penduduk kota agar menjaga kewaspadaan tinggi," katanya.



Sumber : https://www.cnbcindonesia.com/news/2...arena-covid-19

Covid 19 outbreak ini, memutus rantai penyebarannya gak semudah yang dibayangkan orang. Satu kota sudah selesai ditangani muncul lagi di kota lainnya. Kalo begini kapan bisa berakhir yah outbreaknya?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
KOMETS dan 8 lainnya memberi reputasi
cemen cina, gitu aja takut

indonesia donk, dibikin merata penyebaran nya (mudik vs pulangkampung saga) emoticon-Wakaka
profile-picture
rachmacool memberi reputasi
Lihat 1 balasan
antisipasi cepat biar tidak hancur macam amerika
amerika itu telat lockdown sampai hancur jadi terparah menderita akibat corona di dunia ini
Banyak yg ditutupi, mungkin terpaksa lockdown krn tdk bisa ditangani dibalik layar
profile-picture
imogenist memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Ini virus susah banget ilangnya. Dicegat disini, muncul disono.
salut gw sama china..
satu kasus langsung lockdown satu kota (mengurangi penyebaran ke kota sebelahnya)

gak kayak indo, dibiarkan menyebar merata ke seluruh negara..
profile-picture
Akong.Jiugui memberi reputasi
itulah kehebatan sistem di china begitu cepat bertindak karena sudah punya pengalaman, selama pandemi belum berakhir, china harus selalu waspada dan saya percaya china mampu menanganinya, kalo terjadi di USA, saya pesimis karena semua cuman bisa cari kambing hitam namun korban terus berjatuhan emoticon-Big Grin
profile-picture
Akong.Jiugui memberi reputasi

Quote:


WN Mengleng memang harus gitu ngomongin majikannya.
Yg paling bagus ya indonesia.

Apa tuh corona. Yg mati cm seribu. Masi sisa 249.999.000 rakyatnya


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di