CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Polemik Bansos DKI, Anak Buah Anies Baswedan Akhirnya Angkat Bicara
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eba0350365c4f116a35dfe9/polemik-bansos-dki-anak-buah-anies-baswedan-akhirnya-angkat-bicara

Polemik Bansos DKI, Anak Buah Anies Baswedan Akhirnya Angkat Bicara

Polemik Bansos DKI, Anak Buah Anies Baswedan Akhirnya Angkat Bicara
Warga menyiapkan bantuan sosial berupa paket sembako dari Presiden yang akan disalurkan di kawasan Cipete Selatan, Jakarta, Rabu, 29 April 2020. TEMPO/M Taufan Rengganis

TEMPO.CO, Jakarta - Anak buah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan buka suara soal kisruh data bantuan sosial atau bansos pemerintah pusat dan Pemprov DKI.

Anggota Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) DKI Jakarta Muhammad Imam Adli mengatakan data penerima bansos yang diterima pemerintah pusat berasal dari pemerintah DKI. Menurut Adli, pemerintah pusat kemudian harus mengolah data tersebut.

"Jadi data mentahnya dari kami benar tapi kemudian pengolahan lanjutannya dari mereka (pemerintah pusat)," kata Adli dalam diskusi virtual, Senin.

Dia menjelaskan, awalnya pemerintah DKI mengumpulkan nama-nama warga DKI yang berhak menerima bansos mengacu pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Dalam DTKS, hanya tercatat 8-10 persen warga DKI membutuhkan bantuan akibat terdampak Covid-19.

Akan tetapi, pemerintah DKI menganggap angka itu seharusnya lebih tinggi. Sebab, beberapa sektor ikut kena imbas pandemi Covid-19. Adli mencontohkan sopir ojek online dan PKL yang pendapatannya tergerus.

Karena itulah, pemerintah DKI mencampurkan DTKS dengan data dari sumber lain karena butuh waktu mendata contohnya nya ojol dan pekerja yang di PHK. Adli menyebut, pemerintah DKI menambah jumlah penerima bansos dari data Pangan Murah, Kartu Jakarta Pintar (KJP), dan Kartu Lansia Jakarta (KLJ).

"Ini ada beberapa sumber dataset dari Jakarta yang memperoleh bantuan yang kami data sendiri, yang akuntabel memang karena kami pernah memberikan bantuan kepada mereka," kata Adli. "Kami masukkan, kami gabungkan datanya menjadi basis KK (Kepala Keluarga) kemudian kami berikan ke pusat untuk diolah lebih lanjut. Sementara data bansos yang mencakup lebih luas akan dibagikan bansos pada tahap dua pekan ini," tutupnya.

Sebelumnya, tiga menteri, yaitu Menteri Sosial Juliari Batubara, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, dan Menteri Keuangan Sri Mulyani mempersoalkan penyaluran bansos oleh pemerintah DKI.

Juliari misalnya menyoroti banyak penerima bansos dari pemerintah pusat sebelumnya sudah menerima bantuan DKI. Di hadapan anggota DPR, Juliari menyebut, bahwa Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta pemerintah pusat untuk memasok bantuan kepada warga yang tak bisa dicover DKI. Artinya, DKI tidak memberikan data yang sama kepada Kementerian Sosial.

https://www.google.com/amp/s/metro.t...-angkat-bicara
profile-picture
profile-picture
profile-picture
saeful07 dan 12 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Polemik Bansos DKI, Anak Buah Anies Baswedan Akhirnya Angkat Bicara
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Kepala.Jenggot dan 7 lainnya memberi reputasi
Dr baca berita .. ana jadi bertanya
1. Pemprov serahkan data mentah ke pempus ... napa pemprov pke data itu lagi

2. Anies minta pempus yg backup yg blm dpt sembako .... gmn cara pempus dpt data klo bukan dr data pemprov nya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
dr nada bicara org2 golongan anies bacotnya nyalahin Kowi semua..


ahahahha.. dasar kadrun
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bontakkun dan 3 lainnya memberi reputasi
Masih ga jelas masalah nya. Jadi data nama nama penerima bantuan dikasih pusat terus disuruh mengolah??

Mengolah bagaimana? Disuruh survei kelapangan lagi, buat menentukan siapa yg terima dari pusat siapa yg dari Pemprov atau survei ke lapangan lagi siap yg layak terima dan siapa yg ga layak dikasih bantuan?

Terus data yg diberikan buat apa? Kenapa tidak sekalian dikasihkan data nama nama pemilik KTP di Jakarta dan data KK seluruh DKI biar sekalian dibereskan sama pusat?

Lebih baik seperti itu daripada kasih data nama nama tanggung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bontakkun dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
lucu benar wan aibon

itu wilayah lu goblok
masa lu ga punya data yg valid soal warga lu
sampe lu ambil data comot sana sini termasuk KJP dll

enak benar lu kasi data mentah ke pempus
terus lu suruh pempus olah data

kacau benar iniemoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bontakkun dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Skyland999
Dia punya rt rw yg bisa diarahin bwt data . Malahnyerahin data mentah ke pusat . Ribetnyaotonomi daerah begini . Kalopusat ama pemerjntha daerah beda warna. 😂
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Cukup anak buah yang meladeni
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
jujur nih....ngaku data yg dikasih asal2an.... emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan p.star7 memberi reputasi
kasih data, bilangnya ini data belum tentu benar, jadi tolong dicek lagi.................anjing ngen tot kabeh! emoticon-Wakaka
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
ni org bekingannya kuat makanya tolol gni msh ga ada yg bisa jatoin, KPK jg mingkem
Polemik Bansos DKI, Anak Buah Anies Baswedan Akhirnya Angkat Bicara




Polemik Bansos DKI, Anak Buah Anies Baswedan Akhirnya Angkat Bicara
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Diubah oleh DomCobbTotem
Ngaku juga akhirnya emoticon-Stick Out Tongue
profile-picture
profile-picture
knoopy dan extreme78 memberi reputasi
Jadi data mentahnya dari kami benar tapi kemudian pengolahan lanjutannya dari mereka (pemerintah pusat)," kata Adli dalam diskusi virtual, Senin.


cukkkk.....kadrun bgt

Di kasi hati malah minta jantungemoticon-Wakaka
profile-picture
knoopy memberi reputasi
BuzzeRps balaikota dimohon segera bangun dan bertugas emoticon-Ultah
Waduh... Andai semua propinsi PSBB, dan ngasi datanya sama seperti DKI Jakarta, bisa stroke semua 3 menteri yang kemarin
Diubah oleh g_raider
apaan si brisik banget,
ane baru kebangun dr pemlihan gubernur kmren neeh 😀😀😀
ngapain ngasih data mentah emoticon-Hammer

klo dr pemrov nya valid kn ga ribet x,,tinggal caer selesai emoticon-Cape d...
Enak bgt bray pake data mentah
Pns pns dki kerjanya ngapain ajaemoticon-Marah
profile-picture
knoopy memberi reputasi
Akhirnya ngaku...pemprov kasih data mentah,pusat pakek itu data...bantuan pusat gak tepat sasaran...mari salah kan pusat...pemprov berhasil cuci tangan + bikin buruk citra pusat skaligus memoles citra pemprov....tapi sayang lama2 ke cium juga baunya...dr teamnya pula...
bosnya yg bikin program tapi pas ada masalah ga bisa ngomong.? ketauan emang ga bisa kerja, bisanya cuma nyuuh2 orang
gara-gara data gini "doang" yang sengsara orang banyak.. jangan main-main lah, mana dijanjiin bantuan sebulan tapi dapet baru buat seminggu dan itu kagak semuanya dikasih emoticon-Sorry
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di