CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Anies Perkirakan Kasus Corona di DKI Sebenarnya Capai 40 Ribu-80 Ribu
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb9ee04eaab2527e7632333/anies-perkirakan-kasus-corona-di-dki-sebenarnya-capai-40-ribu-80-ribu

Anies Perkirakan Kasus Corona di DKI Sebenarnya Capai 40 Ribu-80 Ribu

Anies Perkirakan Kasus Corona di DKI Sebenarnya Capai 40 Ribu-80 Ribu
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Dok. Pemprov DKI)

Jakarta - Gubernur Jakarta Anies Baswedan menyatakan jumlah sebenarnya dari kasus positif virus Corona di Jakarta lebih tinggi dari yang diumumkan pemerintah. Anies memperkirakan jumlah kasus COVID-19 di Jakarta bisa mencapai 40 ribu hingga 80 ribu kasus.

"Ada dua hal yang berbeda di sini, yakni kasus COVID-19 dan hasil tes. Apa yang ditampilkan ke publik adalah hasil tes," kata Anies saat diwawancarai wartawan The Sydney Morning Herald, James Massola, ditayangkan di akun YouTube Pemprov DKI, Senin (11/5/2020).

Anies menjelaskan, angka yang setiap hari disampaikan pemerintah ke publik adalah angka hasil tes COVID-19. Hasil tes tergantung dari kemampuan melakukan pengetesan. Bila suatu negara hanya mampu melakukan sedikit tes, maka angka hasil tes juga sedikit. Namun, angka kasus COVID-19 yang sebenarnya diperkirakan lebih besar dari hasil tes.

"Soal jumlah kasus yang sebenarnya, saya merujuk ke layanan pemakaman," kata Anies.

Anies mendasarkan perkiraan jumlah sebenarnya dari kasus Corona pada data pemakaman. Terjadi lonjakan angka dari bulan Februari ke Maret. Pada Februari, angkanya sekitar 2.700 pemakaman seperti rata-rata pada kondisi biasanya. Pada pekan ketiga dan keemat Maret, angkanya melonjak menjadi 4.300 pemakaman. Pada April, angkanya menjadi 4.590 pemakaman.

"Bila CFR (case fatality rate/tingkat kematian) antara 5% sampai 10%, maka kasus yang sebenarnya mencapai 8 ribu atau 9 ribu. Oh, maaf, mungkin 40 ribu hingga 80 ribu," kata Anies.

CFR diperoleh dengan membagi jumlah kematian dengan jumlah kasus. Anies mengasumsikan sekitar 4 ribu pemakaman sebagai kematian COVID-19 semua. Bila CFR-nya 10%, maka kasus sebenarnya bisa mencapai 40 ribu kasus COVID-19, karena 10% dari 40 ribu adalah 4 ribu. Bila CFR-nya 5%, maka kasus sebenarnya bisa mencapai 80 ribu kasus COVID-19, karena 5% dari 80 ribu adalah 4 ribu.

Tidak jelas betul, kenapa Anies mengasumsikan sekitar 4 ribu pemakaman pada bulan Maret dan April itu sebagai kematian COVID-19 semua. Anies mengakui dirinya tidak mempunyai bukti bahwa semua itu adalah COVID-19, namun dia heran dengan lonjakan pemakaman yang tercatat pada Februari ke Maret.

"Memang benar kita tidak bisa mengatakan itu adalah kasus COVID-19, tapi rata-rata layanan pemakaman itu sekitar 2.700 pemakaman per bulan, dan tiba-tiba melonjak menjadi lebih dari 4 ribu, itu mencengangkan," kata Anies.

Anies menjelaskan perkiraan kasus COVID-19 ini sebagai penjelasan awal atas jawaban, apakah kurva Corona di Jakarta akan segera mendatar atau tidak (mendatar karena tidak ada penambahan kasus baru). Pada wawancara tertanggal 6 Mei ini, Anies mengatakan kurva Corona belum akan segera mendatar.

"Saya belum yakin apakah kurvanya mendatar. Kita harus menunggu dua pekan lagi untuk menyimpulkan apakah kurvanya datar atau kita masih menanjak," kata Anies.

sumber
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tafakoer dan 119 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 10
Menyebut angka dengan didasari perasaan heran bukan dengan perhitungan.
Tanpa tes, tidak bisa ambil kesimpulan positif atau negatif terinfeksi.
Bagaimana bisa ada kasus jika tidak ada hasil tes?
emoticon-Peace
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tafakoer dan 25 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kecapasincape
Lihat 3 balasan
Hitungan didpt dr lab ghoib
emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tafakoer dan 18 lainnya memberi reputasi
Gubernur kovlog ini selalu mau menggoyangkan pemerintah utk cari panggung di 2024
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tafakoer dan 21 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
"Bila CFR (case fatality rate/tingkat kematian) antara 5% sampai 10%, maka kasus yang sebenarnya mencapai 8 ribu atau 9 ribu. Oh, maaf, mungkin 40 ribu hingga 80 ribu," kata Anies.


Saya bangga dengan beliau yg telah berani menunjukkan.........prestasinya emoticon-Ngakak (S)


Bentar lagi bakal ada cebong yg komen,lhaa terus ente ngapain aja selama ini bisa begitu banyak emoticon-Mad
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tafakoer dan 15 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Efek kejut turut sumbangsih gak?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tafakoer dan 10 lainnya memberi reputasi

Sekarang mari kita lihat kembali berapa jumlah pemakaman di Maret 2020 yang disebut oleh wan kejut.

"angkanya melnjak menjadi 4300 pemakaman"

Nah kalau sudah coba baca laporan dari anak buah wan kejut di website Unit Pengelola Statistik dari Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik DKI.

http://statistik.jakarta.go.id/pelap...ta-maret-2020/

Saya bawakan screenshotnya nih

Anies Perkirakan Kasus Corona di DKI Sebenarnya Capai 40 Ribu-80 Ribu

Pertanyaanya adalah kenapa ada selisih 600 antara omongan wan kejut dan data statistik diatas ? apakah itu mayat2 yang di ancam tidak di solatin karena tidak pilih wan kejut ?

emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tafakoer dan 16 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Berarti udah jauh melebihi target 6000 ya wan emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tafakoer dan 7 lainnya memberi reputasi
Quote:


itu perhitungan juga.

biasanya di jakarta angka kematian per bulan hanya sekitar 2700. kalau tiba-tiba angka kematian naik signifikan menjadi 4590 per bulan kan perlu dicaritahu penyebabnya.

mencetuskan teori kan tidak harus menggunakan bukti empiris. planet uranus sudah diketahui keberadaannya berdasar perhitungan, sebelum berhasil terlihat di teleskop. higgs boson sudah diketahui keberadaannya berdasarkan perhitungan, sebelum berhasil terdeteksi di lhc.

yang penting tetap waspada dan jangan menyepelekan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tafakoer dan 12 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kampret.strez
Lihat 4 balasan
bisa jadi lonjakan yang mati selama masa itu karena keracunan air banjir, ga dapat rumah lapis atau kalimat2 gabener..

Memang susah di buktikan, tapi kita mengamsusikan hal tersebut dari jumlah lonjakan pemakaman..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tafakoer dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
omongan dia ada benernya
tapi begitu menyentuh soal angka
langsung kayak ngawang2 ga jelas dpt drmana tuh angka
intinya sama2 lagi main politik
kita masyarakat jd korban ambisi 2 pihak ini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tafakoer dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Anies Perkirakan Kasus Corona di DKI Sebenarnya Capai 40 Ribu-80 Ribu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tafakoer dan 6 lainnya memberi reputasi
asumsi yg membuat heran dan tercengang emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tafakoer dan 5 lainnya memberi reputasi
kalo angka kematian februari 2700, harus dicari rata2 yg koit perbulan brp? contohnya 3000, maka kalo april ada yg koit 4590, maka ada penambahan 1590, seandainya tambahannya akibat covid, dgn tingkat kematian 8%, maka yg positif jumlahnya 1590/8%=19875 orang atau sekitar 4x positif covid hasil test, angka yg lebih masuk akal
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tafakoer dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Ya harus diakui emang jumlahnya lebih banyak dari yg disampain pemerintah lewat yuri, cuman gak tahu berapa pastinya....
Masalahnya wan abud berani sebut exact berapa ini dasarnya apa...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tafakoer dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
masih banyak masyarakat jakarta yang meremehkan, terbukti dari beberapa hari yang lalu masih rame-rame berkumpul mengenang mcd sarinah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tafakoer dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kampret.strez
Lihat 1 balasan
Quote:


tidak punya bukti tapi pernyataannya seolah-olah itu pasti penderita??....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tafakoer dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
masih sambil bergetar kah membaca data nya?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tafakoer dan 5 lainnya memberi reputasi
bukannya skrg kalo meninggal emang pasti protap covid? ya wajar kalo jumlahnya nambah terus

yg lucunya wan badut tau itu cuman protap dan ga semuanya covid, trus masih bikin itungan andai2 pake patokan yg andai2 juga, dirilis ke pers lagi

gpp terserah lu lah nies, toh memang ngawur itu jalan ninja lu emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tafakoer dan 4 lainnya memberi reputasi
Salah bud, yg bener 400-500 rb
Malah kata sumber deket elu ada 7 jt an tuh
Wkwkwkkkk
Pada demen amat nyari angka2 sialan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tafakoer dan 4 lainnya memberi reputasi

Tahun 2020 puncak dari berbagai penyakit dibanding tahun2 sebelumnya..

Anies Perkirakan Kasus Corona di DKI Sebenarnya Capai 40 Ribu-80 Ribu

Anies Perkirakan Kasus Corona di DKI Sebenarnya Capai 40 Ribu-80 Ribu

Indonesia DBD tertinggi di 2020 dibanding 2019
Anies Perkirakan Kasus Corona di DKI Sebenarnya Capai 40 Ribu-80 Ribu

Anies Perkirakan Kasus Corona di DKI Sebenarnya Capai 40 Ribu-80 Ribu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tafakoer dan 4 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 10


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di