CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Mas Nadiem Makarim Minta Dikirimin Surat, Apa Isinya?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb9e2a0af7e93604216a343/mas-nadiem-makarim-minta-dikirimin-surat-apa-isinya

Mas Nadiem Makarim Minta Dikirimin Surat, Apa Isinya?

Mas Nadiem Makarim Minta Dikirimin Surat, Apa Isinya?

Kabar gembira untuk bapak/ibu guru dan murid-murid sekolah dasar (SD). Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, minta dikirimi surat. Buruan bikin! Siapa tahu surat bapak/ibu guru atau anak-anak SD bisa memikat hati Mas Nadiem.
Kenapa sih Mas Nadiem ingin banget dikirimi surat? Nah, itu berkaitan dengan Lomba Menulis surat untuk Mendikbud Nadiem Makarim, yang diadakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).  

Menurut website Kemdikbud.go.id, lomba tersebut diadakan khusus untuk guru di semua jenjang pendidikan dan siswa SD. Catat juga nih jadwal lombanya, dari 11 Mei hingga 17 Mei 2020. Kira-kira isi suratnya apa ya? Yuk, kita lihat poin-poin penting ini!

1. Perhatikan temanya
Untuk dapat memenangi lomba ini, ketahui dulu ya temanya. Dikutip dari syarat lomba, temanya seputar pengalaman belajar siswa SD dan pengalaman mengajar untuk para guru selama Ramadan di masa-masa pandemi corona atau Covid-19.
Isi surat jangan lupa ya, harus menceritakan sisi-sisi kegotongroyongan dan toleransi, juga kesan bulan Ramadan dan harapan akan perayaan Lebaran nanti. Itu penting ya, jangan menuliskan di luar tema tersebut. Apalagi isi suratnya hanya rayuan-rayuan kepada Mas Nadiem atau keluh kesah yang nggak penting, janganlah. Surat cinta juga jangan ya. Fokus saja ke tema.

2. Perhatikan cara menyampaikan isi surat
Nah, ini juga penting. Tema yang menarik jika tidak disampaikan dengan cara yang pas tentu suratnya bisa berantakan. Selain menggunakan bahasa yang baik dan benar, isinya jangan mengandung unsur SARA, pornografi, dan politik. Ingat juga nih, surat harus asli, orisinal karya sendiri, bukan contekan dari sumber lain alias plagiat.

Meski menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, sebaiknya jangan terlalu formal seperti surat dinas. Buatlah isi surat terkesan santai, rileks, tapi bisa menyentuh hati Mas Menteri Nadiem. Bikinlah surat yang isinya seunik mungkin, atau pengalaman yang paling indah serta berkesan di masa Ramadan dan pandemi ini, agar Mas Nadiem tersentuh hatinya untuk memenangkanmu dalam lomba menulis ini.

3. Buatlah surat yang paling inspiratif
Surat yang isinya paling menginspirasi akan memenangi lomba ini. Untuk membuat tulisan yang menginspirasi, cara termudah adalah dari pengalaman pribadi. Tentu saja pengalaman yang unik, berkesan, dan orang lain tidak mengalami hal yang sama. Entah itu pengalaman mengajar untuk guru atau pengalaman belajar untuk siswa, hal yang unik, mampu mencuri perhatian Mas Menteri-lah yang menjadi juaranya. Gali lebih dalam lagi inspirasinya sebelum dituangkan ke dalam surat.

Pilihlah kalimat-kalimat yang singkat namun padat, sesekali penuh perenungan, agar isi surat inspiratif serta mudah menyentuh hati. Saat menuliskannya, lakukan dengan penuh penjiwaan, tidak terburu-buru dalam menuliskannya, dan bacalah terlebih dahulu beberapa kali, sebelum dikirimkan ke Mas Menteri.

4. Jangan ragu mengikuti lombanya
Untuk bisa memenangi lomba ini, rahasia pertamanya adalah percaya diri. Jangan ragu, abaikan perasaan akan mengalami kekalahan. Kalah menang itu adalah hasil. Nikmati saja proses menulisnya. Nikmati saja kesempatan untuk menulis surat kepada Mas Menteri, kapan lagi kan? Siapatahu bisa berkesempatan bertemu dengan Mas Nadiem, ngobrol secara live, meski hanya lewat internet alias online (daring).

Jika sudah berhasil memompa semangat untuk mengikuti lomba, segera tuliskan suratnya. Inspiratif, sebisa mungkin unik, mudah menyentuh hati, mengandung nilai-nilai kemanusiaan (human interest), yang dijabarkan dalam kalimat-kalimat sederhana, mudah dipahami. Semoga menang!


Sumber ide: Lomba Menulis Surat untuk Mendikbud Nadiem Makarim (kemdikbud.go.id)
Foto: JPNN.com 
profile-picture
profile-picture
profile-picture
999999999 dan 7 lainnya memberi reputasi
Pendidikan yang tidak lagi teacher centris.. emoticon-2 Jempol
profile-picture
herrypengarang memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Surat tagihan kartu kredit ane aja nih mas wkwk skalian lunasin dong 🤣
Lihat 1 balasan


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di