CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Soal Isu Asteroid Hantam Bumi 8 Mei 2020
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb9904265b24d69e05c1808/soal-isu-asteroid-hantam-bumi-8-mei-2020

Soal Isu Asteroid Hantam Bumi 8 Mei 2020

L telah disalin
 Soal Isu Asteroid Hantam Bumi 8 Mei 2020Salah Pengertian Soal Isu Asteroid Hantam Bumi 8 Mei 2020 (Foto: Getty Images/Dan Kitwood)
 
Masyarakat dihebohkan isu asteroid yang akan menghantam Bumi pada 8 Mei 2020 malam, bertepatan dengan fenomena supermoon. Padahal, ada salah pengertian.

Lembaga Penerbangan Antariksa Nasional (LAPAN) juga menyatakan tidak benar ada asteroid berukuran raksasa yang akan menabrak Bumi pada pertengahan bulan Ramadhan. Asteroid itu mendekat, tapi jaraknya masih sangat jauh.

Dalam Website Pusat Sains Lapan disebutkan pada pertengahan Ramadhan ada asteroid yang mendekati bumi yaitu Asteroid 2016 HP6 dan Asteroid 2009 XO. LAPAN dan Observatorium Bosscha mengatakan asteroid akan berada dekat dengan Bumi pada 8 Mei 2020 pukul 04.49 WIB. Artinya tanggal tersebut bertepatan pada pada 15 Ramadhan 1441 H. Dekat, bukan artinya mau menabrak.

Peneliti Astronomi Imah Noong, Hendro Setyanto meluruskan bahwa asteroid yang diisukan jatuh ke Bumi pada 15 Ramadhan, jaraknya masih sangat jauh dengan Bumi sehingga tidak akan membahayakan manusia.


"Kita tahu ada isu asteroid berada pada jarak terdekat dan akan menghantam Bumi. Tapi itu bukan berarti membahayakan Bumi kita, lintasannya masih cukup jauh dan para ilmuwan mengatakan tidak mungkin itu jadi bencana di Bumi," kata Hendro saat dihubungi, Jumat (8/5/2020).

Namun begitu, potensi Bumi kejatuhan benda angkasa masih mungkin terjadi. Sebab, Bumi tercatat pernah dihantam benda langit puluhan tahun silam.

Menurut Hendro, asteroid sebetulnya adalah sebuah benda luar angkasa seperti halnya komet, Bulan, dan Bumi yang mengorbit pada Matahari. Dengan ilmu pengetahuan dan teknologi memungkinkan segalanya bisa diprediksi manusia.

"Secara ilmu pengetahuan, dalam hal ini astronomi, mampu memprediksi dengan baik apakah benda luar angkasa itu akan menjadi bencana atau tidak di bumi," ucapnya.

Dengan banyaknya benda di luar angkasa, salah satunya satelit buatan manusia benda-benda tersebut sangat berpotensi membahayakan kehidupan di bumi karena tertarik oleh gaya gravitasi.

"Karena bisa jadi, satelit-satelit yang tidak dipakai itu kemudian jatuh ke Bumi karena tertarik daya magnet Bumi," ujar Hendro.

Oleh sebab itu sangat penting sekali bagi Indonesia yang berada di khatulistiwa memiliki fasilitas yang bisa mengantisipasi ancaman jatuhnya benda-benda langit tersebut.

"Jangan sampai kalau misalnya ada suatu benda jatuh, tidak diantisipasi karena dampaknya akan luar biasa. Apalagi kalau itu benda seperti meteor, asteroid yang ukurannya tidak kecil, dan kalau itu jatuh ke Bumi, dampaknya bisa membahayakan," tutur Hendro.


Apa benar ada Meteor jatuh???

emoticon-Hansipemoticon-Hansip


profile-picture
profile-picture
profile-picture
onik dan 8 lainnya memberi reputasi
untung tdk terjadi gan
Lihat 2 balasan
Liat aja film armageddon atau deep impact. Kira2 kyk gitu kalo ada benda langit besar yg mau nabrak bumi.
Lihat 1 balasan
akibat isu hoax yg ditiupkan kaum kadrun
bahwa jika ada bulan ramadhan,
yg tgl 15 ramadhannya jatuh pd hari jumat,
maka akan terjadi bencana alam yg luar biasa...

emoticon-Cape d...

hadits palsu bikinan kaum kadrun.

btw skr udah tgl 12 mei gan...20 ramadhan.
lebaran sebentar lagi
emoticon-Ultah


Lihat 1 balasan
Sempet kepikiran ini berhari2. Untung gak ada apa2. Semoga Indonesia aman terus deh dari ancaman asteroid emoticon-Matabelo
suara dentuman nyaring kmaren bkn asteroid meteor bre? emoticon-EEK!
Lihat 4 balasan
asteroidnya belom diupate.. klo udah paling jg jadi nabrak dimari.. emoticon-Big Grin
Ngomong soal beginian, gimana itu klaim si somad bahlul? Udah kiamat blom?
meteornya gak boleh masuk, dipaksa puter balik krn ada psbb jadi jadwalnya diundur bulan agustus gan
emoticon-Hansip
tiap hari meteor menghantam bumi....99.9 persen terbakar habis di atmosfer..menciptakan efek bintang jatuh...hanya sebagian kecil sampai ke bumi dan meledak..itu pun kecil...kecuali kl asteroid nya segede pulau madura baru khawatir...
 Soal Isu Asteroid Hantam Bumi 8 Mei 2020

Kalau kata kalender ini, meteornya bulan Desember.
Bulan Mei ini kita diserang aliens dari outer space.

Setelah itu banjir bah, serangan godzilla, perang dunia, perang nuklir, drought, dan apocalypse ; baru meteor.


#amitamit #joke

emoticon-norose
Diubah oleh elvisharcher


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di