CARI
KATEGORI
KATEGORI
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb9846aa7276848971da57d/pengertian-mulut

Pengertian Mulut

Pengertian Mulut – Pada kesempatan kali ini sosiologi.co.id akan membahas materi mengenai Mulut yang akan di jelaskan mulai dari pengertian, ciri, jenis, contoh, konsep, makalah fungsi, struktur dan makalah. Yuk simak pembahasan di bawah ini:

Pengertian Mulut
Pengertian MulutPengertian Mulut
Mulut ini adalah tempat pertama makanan itu masuk ke dalam tubuh dan juga merupakan awal dari pencernaan tersebut dimulai . Selain itu, mulut ini juga merupakan awal mula dari proses pencernaan makanan, didalam mulut tersebut juga terdapat proses kimiawi oleh air ludah yang setelah itu menuju lambung dengan melalui kerongkongan.
Mulut ini adalah organ paling pertama yang terlibat di dalam proses pencernaan dan juga berhubungan langsung dengan lingkungan luar tubuh.
Mulut berfungsi ialah sebagai tempat masuknya makanan serta udara. Makanan yang masuk ke dalam mulut tersebut akan melewati saluran pencernaan lain, dicerna dan juga diserap di usus, serta kemudian sisa makanan tersebut akan dikeluarkan itu dengan melalui anus.
Didalam mulut tersebut terdapat beberapa komponen yang begitu penting, diantaranya ialah gigi, lidah serta juga kelenjar liur.
Strukur dan Bagian Mulut
Berikut ini ini merupakan strukur dan bagian-bagian mulut diantaranya sebagai berikut :
Bibir
Dua struktur seluler & otot yang membentuk pintu masuk ke mulut. Bibir tersebut menandai transisi dari kulit membran mukosa lembab.
Di bagian luar mulut itu terdaoat dua bibir, bagian atas serta bawah.
Permukaan luar bibir tersebut ditutupi oleh folikel rambut serta beberapa kelenjar.
Permukaan tengah (wilayah transisi) bibir ini ialah lapisan epidermis yang transparan.
Permukaan bagian di dalam bibir ialah selaput lendir.
Lalu terdapat tempat pertemuan antara bibir atas dan juga bibir bawah di sebelah mulut, Komisura-Lippe.
Bibir tersebut menahan makanan serta meneruskannya ke rongga mulut untuk pencernaan dengan melalui gigi, lidah serta kelenjar ludah.


Gigi
Gigi ini memiliki fungsi untuk menghaluskan makanan pada tiap-tiap makanan itu masuk. apabila menurut teori Penghalusan tersebut 21 kali pengunyahan. Namun apabila makanan yang berada dimulut itu sedikit lembek maka jgua akan cepat halus.
Gigi ini tersusun atas 3 bagian utama, diantaranya :
Mahkota Gigi (Puncak) ini merupakan bagian yang tampak dari luar.
Leher Gigi (Colum) : Leher atau colum gigi ini merupakan bagian yang sudah tertanam didalam gusi. Bagian ini adalah pembatas antara mahkota gigi dengan akar gigi.
Akar Gigi : Akar gigi ini merupakan bagian yang tertanam di dalam rahang sehingga tidak akan terlihat dari luar.





GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di