CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Tips agar tidak lemas meskipun sudah sahur
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb97217a7276840d50f523f/tips-agar-tidak-lemas-meskipun-sudah-sahur

Tips agar tidak lemas meskipun sudah sahur

Bulan suci Ramadhan saat ini sudah memasuki minggu kedua. Tentu, banyak perubahan yang terjadi pada tubuh kita karena pola hidup kita yang agak berubah selama bulan Ramadhan. Salah satu cobaannya adalah tetap lemas meskipun sudah sahur. Kok bisa? Coba cari tahu tips agar tidak lemas meskipun sudah sahur yuk!

Pertama, kita kulik dulu nih penyebab kita lemas terutama ditengah hari . Ternyata, kadar gula darah di dalam tubuh mulai menurun setelah beraktvitias. Dimana, ini menjadi salah satu alasan kamu lemas padahal udah sahur. Oleh karena itu yuk simak tips dari ayoksehat.com agar gak lemas meskipun sudah sahur
Tips agar tidak lemas meskipun sudah sahurvia pexels.com
1. Anti Sahur Sebelum Tidur Malam Hari
Salah satu trik yang dilakukan kebanyakan orang adalah sahur sebelum tidur pada malam hari agar jam tidur lebih panjang. Eits, itu tidak sehat lho! Karena, menurut tim peneliti dari University of loanninna Medical School di Yunani memaparkan bahwa ketika waktu makan terlalu mepet dengan waktu tidur, dapat menyebabkan peningkatkan asam lambung ke tenggorokan yang berdampak pada risiko sleep apnea hingga menyebabkan stroke.

Lebih baik, memulai sahur dari jam tiga keatas dan menguatkan niat agar tidak makan sebelum tidur. Selain agar tubuh kamu dapat beristirahat penuh juga tidak kenyang ketika sahur. Ini dapat membantu kamu sahur dengan tenang tanpa perlu ada gangguan di perut

2. Siapkan Sahur Sebelum Tidur
Daripada makan malam sebelum tidur, mending kamu siapkan menu sahur di malam hari, agar tidak terlalu terburu-buru ketika sahur. Usahakan menu yang mudah dimasak seperti omellete, nasi goreng, Sarden, dan tumis-tumis sayuran yang simple. Jangan terlalu memaksakan menu sahur yang terlalu banyak, lebih baik perut mencerna menu yang tidak banyak tapi bermanfaat bagi tubuh

Manfaat mempersiapkan sahur di malam hari, selain kamu tidak terburu-buru sahur nya kamu juga bisa lebih mempersiapkan menu apa saja yang akan di konsumsi untuk sahur. Nah, setelah memasak menu sahur di malam hari pastikan ketika kamu bangun sahur menu sahur yang sudah kamu masak di malam hari di hangatkan terlebih dahulu di rice cooker atau microwave

Tips agar tidak lemas meskipun sudah sahurvia pexels.com
3. Konsumsi Makanan Kaya Karbohidrat dan Protein
Manfaat mempersiapkan sahur sebelum tidur malam hari, agar kamu juga bisa menentukan karbohidrat dan protein apa yang kamu perlukan di tubuh. Sebab, menu sahur haruslah sehat dengan tujuan agar gula darah tetap stabil selama berpuasa.

Menu seimbang ini maksudnya mengandung karbohidrat kompleks, protein, lemak , sayur dan buah. Pentingnya karbohidrat kompleks ini mengandung serat tinggi agar gula darah, penyerapannya dapat dilakukan secara pelan-pelan sehingga masuk ke sel oleh insulin secara perlahan juga

Contoh karbohidrat kompleks adalah nasi merah dan kentang rebus. Bisa juga makan ikan, daging ayam, dan putih telur yang mengandung protein.


4. Tetap Konsumsi Buah saat Sahur
Selain konsumsi makanan penuh karbohidrat , protein, dan lemak jika kamu masih memiliki waktu sebelum imsak. Cobalah untuk konsumsi buah-buahan juga. Karena, buah-buahan ini bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi Diabetes Melitus

Namun, tidak sembarang buah-buahan yang dapat dikonsumsi . Kamu butuh buah-buahan yang lambat untuk dicerna. Pentingnya buah-buahan yang lambat dicerna agar ketika siang hari kamu masih mendapat cadangan energi dari buah-buahan tersebut sehingga di siang hari kamu tidak lemas karena beraktifitas.

Buah-buahan yang direkomendasikan adalah apel, pisang,pir,dan kurma. Oleh karena itu, yuk! mulai konsumsi buah-buahan saat sahur agar tetap fokus dalam beraktifitas


Nah berikut tips supaya tidak lemas saat puasa. Sahur adalah kunci nya. Maka dari itu, agar kita semangat berpuasa pastikan menu sahur yang akan kamu konsumsi kaya akan karbohidrat kompleks, protein, dan lemak. Selain itu, atur jam tidur kamu sehingga ketika sahur tubuh kamu sudah siap menerima asupan untuk puasa kedepannya. Semangat puasa nya!


profile-picture
profile-picture
profile-picture
fatqurr dan 10 lainnya memberi reputasi
Ane malah kadang senengnya makan sebelum tidur terus sahur makan kurma doang, ternyata gak boleh ya. Thanks infonya!
Lihat 2 balasan
Perbanyak minum air putih gan emoticon-Jempol
Lihat 1 balasan
biar ga lemes setelah sahur solusinya ya tiduremoticon-Angkat Beer
Lihat 1 balasan


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di