CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Diancam Denda Bila Tak Bayar THR, Pengusaha Buka Suara
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb959b3c820843f1f13335f/diancam-denda-bila-tak-bayar-thr-pengusaha-buka-suara

Diancam Denda Bila Tak Bayar THR, Pengusaha Buka Suara

Menjelang Lebaran, pembayaran tunjangan hari raya alias THR tahun ini jadi polemik. Pasalnya, pengusaha mengaku kesulitan membayar sedangkan pemerintah menegaskan THR mesti dibayar, kalau tidak bakal kena sanksi.

Ketua Umum DPD HIPPI (Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia) Provinsi DKI Jakarta Sarman Simanjorang mengatakan tidak bijak apabila pemerintah masih memberikan sanksi denda bagi pengusaha di tengah kesulitan saat pandemi.

"Ya saya rasa tidak bijak ya kalau masa sulit kayak gini, pengusaha nggak mampu malah didenda. Berbalik dengan stimulus pemerintah, kan stimulus untuk kurangi beban pengusaha agar bisa berjalan," kata Sarman kepada detikcom, Minggu (10/5/2020).

Sarman menilai kalau pemerintah memberikan sanksi maka akan berdampak pada pengusaha, apalagi yang terdampak Corona sejak Februari. Pengusaha-pengusaha itu disebut Sarman bagaikan jatuh tertimpa tangga kalau sampai kena denda.

"Kalau pemerintah kasih denda, coba lihat lah pengusaha yang sudah terdampak sejak Februari. Lihat pengusaha tempat hiburan, hotel, restoran, kafe nggak ada pemasukan sama sekali. Ini kalau mereka kena denda, ibarat jatuh tertimpa tangga pula," kata Sarman.


Di sisi lain, Sarman mengatakan bahwa Kementerian Ketenagakerjaan sudah tepat mengeluarkan (SE) M/6/HI.00.01/V/2020 tentang Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Hari Raya Keagamaan Tahun 2020 di Perusahaan Dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Membuat pengusaha bisa bernegosiasi soal THR dengan pekerja. "Nah biarlah dengan SE itu adalah dasar untuk negosiasi," tambahnya.

Lalu apakah pengusaha mau mengikuti pemerintah untuk tetap membayarkan THR?

Sarman menyatakan bahwa pengusaha tidak akan lari dari tanggung jawab. Dia menegaskan bahwa membayar THR adalah kewajiban yang dilandaskan oleh undang-undang.

"Ini kewajiban pengusaha yang diatur dalam undang-undang. Kita nggak akan lari dari tanggung jawab. Itu hak karyawan, tapi waktunya nggak saat ini karena cashflow kami nggak kuat," kata Sarman.

Dia menegaskan bahwa upaya mencicil maupun menunda pembayaran THR bukan dalam rangka menolak untuk membayar THR.

"Jadi sekali lagi saya tegaskan, bukan nggak dibayar ya, tapi nanti tunggu cashflow kita baik lagi," tegas Sarman.


Sarman mengatakan silakan pemerintah memberikan sanksi apabila ada pengusaha benar-benar tak peduli THR pekerjanya. Namun, menurutnya semua pengusaha sadar bahwa membayar THR adalah kewajibannya.

"Kecuali kalau ada pengusaha sama sekali nggak mau tanggung jawab silakan ditindak sanksi. Tapi sampai saat ini sih nggak ada, karena ini kan kewajiban tiap tahun, saya nggak mendengar bahwa ada pengusaha yang sama sekali nggak mau peduli," jelas Sarman

https://m.detik.com/finance/berita-e...a-buka-suara/2

saya setuju sama pak sarman ini..kalau bagi yg masih mampu ya silahkan keluarin THR nya..bagi yg benar2 sdh ga mampu lg cashflownya kan bisa ditunda THR nya sampai cashflow perusahaan membaik,kemampuan tipa perusahaan kan beda2.ada yg kebetulan uang kas perusahaannya lg berisi,ada yg benar2 lg kering uang kas nya krn dana nya dipake utk ekspansi entah itu baru nambah armada atau instal mesin,ada yg baru ambil kredit sebelum tiba2 wabah corona menghampiri

jgn pengusaha ni diperlakukan seperti penjahat aja ditodong diancam2 segala...emoticon-Nohope

kalau mau maksa thr ontime ya setidaknya dibantu lah pengusaha perihal relaksasi kredit utk semua sektor usaha dan tingkatan tanpa pengecualian..jgn pake embel2 khusus ini itu segala seolah olah ga niat kasih relaksasi kredit..pemerintah kebanyakan drama emoticon-Nohope
profile-picture
profile-picture
profile-picture
berdjayapku dan 180 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 10
Banyak cing cong... THR ditunda jg bisa kan, emang butuh banget buat apa? Buat mudik? Buat bagi2 angpao?
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tafakoer dan 40 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Setuju dengan TS, pengusaha dah banyak yang bangkrut, pemerintah boleh memberikan himbauan, tapi jangan ancaman, bencana ini bukan kemauan siapa2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tafakoer dan 32 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
sepertinya opini pak sarman ini fair juga, tapi balik lagi ke kebijakan pemerintah bagaimana ya...lhah ada aturan thr dibayarkan paling lambat 1 minggu sebelum hari H.

boro boro ngarep stimulus yg ternyata cuma pepesan kosong, ngga kena denda aja sudah bagus itu.

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tafakoer dan 26 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
begini cara pemerintah memberikan solusi atas kesulitan para pengusaha?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tafakoer dan 23 lainnya memberi reputasi
Gw rasa kalau usaha yang terdampak langsung bisa diberi kelonggaran untuk THR tapi bagi yang tidak terdampak langsung apa urusannya ga bayar THR. Kalau cashflow masih jalan bayar yang dah jadi hak karyawan. Boss mah udah kaya, dapet duit sedikit selama 3 bulan ga bikin mati kan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tafakoer dan 27 lainnya memberi reputasi
Lihat 20 balasan
Dari awal cuma himbauan terus tp stimulus buat dunia usaha ga ada kan kampret..

eh terakhir mlh diancam denda..

Rezim paling vangkeh emang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tafakoer dan 26 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh elanglangit25
saat kyk gini pengusaha harus bisa mikir keras, bagaimana untuk survive, bayar karyawan, belum bayar kredit usaha. sekarang malah dapat ancaman dari pemerintah emoticon-Sorry
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tafakoer dan 19 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
pemerintah tanggung dulu thr karyawan nanti pengusaha cicil ke jokowi
kan sama aja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tafakoer dan 20 lainnya memberi reputasi
Lihat 17 balasan


Pengusaha tetap harus bayar gaji & THR

Pengusaha tetap harus bayar pajak

Stimulus dari pemerintah buat pengusaha di tengah situasi sulit gini apa...???


Restaurant ga boleh ramai
Hotel sepi
EO / WO ga ada job
Pabrik harus membatasi produksi

Listrik ttp bayar penuh


profile-picture
profile-picture
profile-picture
LZS dan 31 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
kena deh prank-prank penuh stimulus dan rangsangan.emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tafakoer dan 19 lainnya memberi reputasi
tenang aja, semua udah ditanggung pemerintah emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tafakoer dan 16 lainnya memberi reputasi
Diancam Denda Bila Tak Bayar THR, Pengusaha Buka Suara

jangan lupa ada tambahan proposal THR..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tafakoer dan 57 lainnya memberi reputasi
Lihat 25 balasan
Pemerintah yg urus Lah Jgn mau lempar badan doang



emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tafakoer dan 10 lainnya memberi reputasi
klo sampe dapat sanksi , keterlaluan ni pemerintah . giliran nagih pajak kenceng banget , saatnya pengusaha ditolong lambat banget , apalagi sampe ngasi sanksi . semoga yg kasi sanksi suatu hati ngerasain apa yg dirasain pengusaha sekarang . Klo yg ngasi pertolongan semoga hidupnya diberikan kemudahan .
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tafakoer dan 14 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ART7
Lihat 1 balasan
kalaupun bayar THR, saya yakin itu merupakan THR sekaligus pesangon. Karena memang roda ekonomi macet, punya karyawan juga gak guna, bisnis gak jalan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tafakoer dan 12 lainnya memberi reputasi
Jumlah perusahaan yg kuat kasi THR msh lumayan bnyk. Tp masalah terbesarny muncul sesudahny. Tau2 nanti sehabis lebaran pd tutup mendadak, karyawanny disuruh liburan terus - jgn masuk kerja dulu.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tafakoer dan 11 lainnya memberi reputasi
Diancam Denda Bila Tak Bayar THR, Pengusaha Buka Suara
Diancam Denda Bila Tak Bayar THR, Pengusaha Buka Suara

Diancam Denda Bila Tak Bayar THR, Pengusaha Buka Suara
Diancam Denda Bila Tak Bayar THR, Pengusaha Buka Suara

Mampus lu......

JANGAN GANTUNG DIRI LU NTAR MENTAL LU KAN LEMAH....


@juraganind0
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tafakoer dan 9 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh .noiss.
Heheh, mabok mabok dah pengusaha. Udah omset jeblok, masih diancam denda.
Rasanya abis pandemi ini bakalan banyak yg pake karyawan kontrak dah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tafakoer dan 14 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Masih bisa bayar gaji saja sudah bagus, karena produksi menurun keuntungan anjlok.
Usul yang baik bila THR sebaiknya ditunda saja maksimal sampai akhir tahun.
Jangan disamakan dengàn THR ASN dan PNS, buat mereka dananya sudah ada tinggal comot, kalau dana habis tinggal bikin utang lagi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tafakoer dan 15 lainnya memberi reputasi
Udah diitung nyicil mobil motor baru cuma buat 2-3 bulan buat momen pamer d kampung....eehh ga bole mudik, udah kadung ambil cicilan. Ya kudu ngotot ginilah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tafakoer dan 16 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 10


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di