CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / Wedding & Family /
Pusing Mengatur Keuangan Keluarga Saat Pandemi? Solusinya Bisa di Simak di Sini
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb951139775132d57603f40/pusing-mengatur-keuangan-keluarga-saat-pandemi-solusinya-bisa-di-simak-di-sini

Pusing Mengatur Keuangan Keluarga Saat Pandemi? Solusinya Bisa di Simak di Sini

Bisakah mengatur keuangan dengan baik di bulan Ramadhan, saat pandemi seperti ini?

Pusing Mengatur Keuangan Keluarga Saat Pandemi? Solusinya Bisa di Simak di Sini

Ini dia jawabannya gansist. Bulan Ramadhan tahun ini memang tidak sama dengan tahun kemarin Suasananya jauh berbeda dengan suasana di tahun-tahun sebelumnya.

Kondisi pandemi yang melanda dunia dan Indonesia saat ini membuat perekonomian ikut menjadi imbasnya.

Bagaimana tidak, pendapatan bagi pekerja di sektor informal menjadi tidak menentu. Apalagi dengan ditetapkannya berbagai peraturan untuk memutus penyebaran mata rantai virus ini.

Dengan demikian, kita semua harus benar-benar mampu memperhitungkan dengan detail semua rencana keuangan, agar, nantinya pengeluaran yang tidak semestinya dapat ditekan.

Untuk itu, gansist bisa menyimak beberapa tips untuk mengatur keuangan di tengah pandemi ini.

Pusing Mengatur Keuangan Keluarga Saat Pandemi? Solusinya Bisa di Simak di Sini

Assalammualaikum

Selamat datang di threat terbaru

Doa dan salamku buat gansist semua

Kita langsung saja menuju beberapa tips yang bisa kita lakukan :

1. Mengatur pengeluaran hanya untuk membeli bahan makanan yang benar-benar dibutuhkan.

Pada saat berpuasa seperti ini, biasanya kita sering lapar mata, jadi acap kali kalap membeli bahan makanan. Mengakibatkan makanan menjadi mubazir.

2. Membuat dan memasak takjil sendiri.

Pusing Mengatur Keuangan Keluarga Saat Pandemi? Solusinya Bisa di Simak di Sini

Pusing Mengatur Keuangan Keluarga Saat Pandemi? Solusinya Bisa di Simak di Sini

Gambar : pinterest

Pada saat bulan ramadhan, penjual takjil, tetap ada yang berjualan. Ketika kondisi keuangan masih baik atau stabil, tidak mengapa membeli takjil sesekali. Namun, jika kondisi keuangan tidak memungkinkan, sebaiknya kita membuat takjil sendiri. Ini lebih menghemat, karena biayanya pasti lebih murah dibanding membeli takjil yang sudah jadi.

3. Memasak sendiri makanan untuk sahur dan berbuka.

Ini tentunya bisa lebih hemat. Jika, alasan harus bekerja, tidak sempat mempersiapkan makanan untuk berbuka, maka, cukup memasak pada sahur saja atau sebaliknya. Bisa juga, mengaturnya bergantian, sehari bisa memasak sendiri, hari lainnya membeli.

4. Batasi pembelian secara online.

Pada saat pandemi seperti ini, pembelian secara online dapat dilakukan untuk barang kebutuhan pokok saja atau barang-barang penunjang yang memang diperlukan. Dengan mengurangi pembelian barang yang belum dibutuhkan secara online, bisa menghemat rupiah kita dan bisa dialokasikan ke pengeluaran lainnya.

5. Jangan menambah jumlah hutang, jika kondisi keuangan masih memungkinkan.

Jika terpaksa harus berhutang, jumlahnya harus disesuaikan saja dengan kebutuhan, sehingga pengembaliannya nanti tidak memberatkan. Meminjamnya juga bisa pada saudara atau seseorang, sehingga bisa meminjam tanpa bunga.

6. Mengubah gaya hidup menjadi lebih fkeksibel.

Maksudnya, ketika saatnya harus membeli sesuatu bisa dengan harga yang lebih murah, tidak merasa gengsi untuk membelinya. Jadi tidak meletakkan gengsi di atas segalanya.

7. Pilah-pilah uang menurut posnya masing-masing. Bisa dimasukkan ke dalam amplop.

Ini bisa dilakukan pekerja yang mendapat gaji bulanan. Sehingga menyisihkan sebagian untuk ditabung.Namun, bagi pekerja informal, bisa dilakukan tiap hari, dengan menyisihkan sedikit penerimaan, usai digunakan untuk membeli keperluan hidup sehari-hari. Sehingga tetap memiliki uang jika ada keperluan mendadak.

Pusing Mengatur Keuangan Keluarga Saat Pandemi? Solusinya Bisa di Simak di Sini

8. Menambah penghasilan melalui media sosial atau dunia internet

Pusing Mengatur Keuangan Keluarga Saat Pandemi? Solusinya Bisa di Simak di Sini

Gambar : pinterest

Buat gansist yang punya kemampuan memasak, bisa menambah penghasilan dengan menjual berbagai jenis masakan melalui media sosial. Bisa juga menjual barang yang lain seperti perlengkapan rumah tangga dan pernak-pernik fashion.

Jika tidak punya ketrampilan di bidang jual beli, gansist bisa memanfaatkan dunia internet dengan mengembangkan ketrampilan gansist dalam menulis atau membuat kontent atau artikel.

Memang semua butuh proses, ya gansist. Kita berharap saja semoga pandemi ini segera berakhir. Tetap jaga kesehatan dan patuhi anjuran untuk memutus mata rantai penyebarannya.

Demikianlah threat kali ini

Terima kasih sudah mampir dan semoga bermanfaat

Jangan lupa tinggalkan jejak indah berupa cendol, rating dan koment yang baik ya ...


Sumber foto dan referensi

di sini
di sini

Pusing Mengatur Keuangan Keluarga Saat Pandemi? Solusinya Bisa di Simak di Sini
Pusing Mengatur Keuangan Keluarga Saat Pandemi? Solusinya Bisa di Simak di Sini
Pusing Mengatur Keuangan Keluarga Saat Pandemi? Solusinya Bisa di Simak di Sini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
husnamutia dan 37 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh uliyatis
Halaman 1 dari 2
Pejwan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
husnamutia dan 7 lainnya memberi reputasi
Kira-kira tips mana yang bisa dilakukan gansist?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
husnamutia dan 8 lainnya memberi reputasi
Urusan kantong dan dapur emang bikin pusying ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
husnamutia dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Yang nomor 8 perlu diusahakan agar bisa menopang ekonomi keluarga......biar tetap lancar usrusan dapur.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
husnamutia dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
apa yang di inginkan.. dan yang mana yang di butuhkan.. kembali lagi keputusan dari masing2 orang..emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
husnamutia dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
untuk tritnya thanks gan pencerahannyaemoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
profile-picture
husnamutia dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
tapi emang sih kita kan gatau kapan pandemi ini akan berakhir, cari kerjaan jg susah, banyak yg di phk pula. keknya perlu deh mulai dr diri sendiri dg bener2 menekan pengeluaran kecuali utk kebutuhan yg emg penting dan keperluan sehari2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
husnamutia dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Semua bisa. Nice trit dan tips
profile-picture
profile-picture
profile-picture
husnamutia dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
mantab infonya sis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
husnamutia dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
yuup bener masak sendiri
dan sebisa mungkin jangan berhutang
bisa cari uang lewat michat juga kaaaan emoticon-flower



klo kata aku ya SKILL seorang istri dites pas bulan puasa ditambah corona gini

gila dong selektif banget sama uang tapi gak sepelit itu juga masih ada jajan jajan beli buat buka. huhu.

makanya klo cowok cari istri jgn yg boros asal ngabisin duit
banyak ce yg banyak pengeluaran selain dari perawatan emoticon-heart jgn cari yg foya foya gak penting.

emoticon-Om Telolet Om!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
husnamutia dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
smua bisa dilakukan gan itu. ya bolehlah sekali kali utk takjil bli biar ada variasi. tp lbih efisien dan higienis klu masak sndri krna bhan dan proses kta yg melakukan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
husnamutia dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
hampir semua lagi aku lakukan sekarang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
belanja onlen sih yg kudu ditahan haha apalagi lg pandemi gini promo banyak betuuul
profile-picture
profile-picture
profile-picture
husnamutia dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
jujyurrr pas pandemi kaya gini emg sulit bgt nahan beli2 onlen emoticon-Frown
profile-picture
profile-picture
profile-picture
husnamutia dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
memang harus dilihat ya pengeluaran2 yg kiranya tersier atau sekunder bisa dihilangkan lebih dulu, mumpung ga keluar rumah jg
profile-picture
profile-picture
profile-picture
husnamutia dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
hebatnya kalau pas puasa kantong dapur mumbul

saya like nomor 8
profile-picture
profile-picture
profile-picture
husnamutia dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Lebih berusaha untuk menghemat serta memanfaatkan yang ada untuk meminimalisir pengeluaran uang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
husnamutia dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Semakin hari banyak peningkatan menulisnya, keren.

Management financial saat Pandemik memang penting, nice thread
profile-picture
profile-picture
profile-picture
husnamutia dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
wajib dicoba
profile-picture
profile-picture
husnamutia dan miniadila memberi reputasi
semoga sesudah pandemi, kebiasaan menabung juga bisa tetap dilanjutkan . 👍👍👍
profile-picture
profile-picture
husnamutia dan miniadila memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di