CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Soal 3.000 Pekerja Lokal Terancam Dipecat Jika 500 TKA China Batal Datang
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb91f22a2d195451e3a4f83/soal-3000-pekerja-lokal-terancam-dipecat-jika-500-tka-china-batal-datang

Soal 3.000 Pekerja Lokal Terancam Dipecat Jika 500 TKA China Batal Datang

Soal 3.000 Pekerja Lokal Terancam Dipecat Jika 500 TKA China Batal Datang
KOMPAS.com - Soal 3000 tenaga kerja Indonesia yang terancam pemutusan hubungan kerja (PHK) jika 500 tenaga kerja asing (TKA) asal China batal datang di Kawasan Industri Morosi, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara ( Sultra), menjadi sorotan.

External Affairs Manager PT VDNI Indrayanto mengatakan, kedatangan 500 TKA China ke Sulawesi Tenggara (Sultra) adalah untuk mengerjakan 33 tungku smelter milik PT OSS.

Pengerjaan tungku smelter tersebut, menurut Indrayanto, diklaim bakal menyerap lebih dari 3.000 pekerja lokal.

Di sisi lain, menurut Indrayanto, ribuan calon pekerja lokal telah dinyatakan lulus dalam seleksi penerimaan karyawan di perusahaan pemurnian nikel tersebut.

Mereka akan bisa bekerja jika para TKA tersebut sudah datang dan mengerjakan 33 tungku smelter tersebut.

"Jika 500 TKA China sampai tidak jadi didatangkan, maka sebanyak 3.000 lebih tenaga kerja lokal terancam kehilangan pekerjaannya," kata Indrayanto.

Indrayanto juga menjelaskan, setelah seluruh tungku smelter dikerjakan, para TKA asal China itu akan kembali ke negaranya.

"Setelah mereka melakukan pemasangan, mereka akan kembali lagi ke Tiongkok. Paling lama itu tiga bulan, maksimal enam bulan, tenaga ahli itu paling lama bekerja 6 bulan, jika bisa lebih cepat lagi misal 3 bulan selesai, mereka langsung pulang," kata Indrayanto keterangan tertulisnya kepada Kompas.com, Senin (11/5/2020).

External Affairs Manager PT VDNI Indrayanto
KOMPAS.COM/KIKI ANDI PATI
External Affairs Manager PT VDNI Indrayanto
"Bisa ada kemungkinan mereka dirumahkan dahulu tanpa mendapat gaji, atau bahkan bisa PHK. Tentunya hal ini tidak kami harapkan, perusahaan juga berusaha agar hal ini tidak terjadi," sambung Indrayanto.

Sementara itu, Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi yang sebelumnya menolak kedatangan TKA China, meminta agar dilakukan penundaan hingga wabah virus corona berakhir.

"Regulasinya sudah ada, tapi belum bisa. Suasana kebatinan kita sekarang belum menerima hal itu. Ya kita tundalah," ungkap Ali Mazi pekan lalu.

Seperti diketahui, di tengah pandemi corona, PT VDNI dan PT OSS menyatakan telah melakukan berbagai tahapan mulai dari pemeriksaan kesehatan dengan standar Covid-19 hingga kelengkapan dokumen.

Indrayanto menyebut, saat ini ada 11.000 karyawan lokal yang bekerja di PT VDNI dan PT OSS. Jumlah itu belum termasuk 20.000 pekerja lokal yang terkait dengan aktivitas perusahaan tersebut seperti kontraktor hingga pekerja pelabuhan.

PT VDNI dan PT OSS juga juga berkomitmen pada peningkatan hasil pengolahan bahan baku yang diklaim akan meningkatkan devisa Indonesia

https://regional.kompas.com/read/202...page=all#page3

Kasi masuk dah..... 6:1 masih bagus tuh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
saeful07 dan 42 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
kenapa sinophobia paok suka ribut masalah TKA china
jangan lupa TKI yg di china i itu juga dianggap TKA oleh warga negara lain


TKA china datang ke indonesia kerja pada perusahaan milik china sendiri
siap selesai kerja ,langsung balik lagi ke china
[bicara mengenai tenaga kerja
kenyataannya
ternyata TKI di China Lebih Besar Dibandingkan Jumlah Pekerja China di RIl
[B]https://economy.okezone.com/read/201...ja-china-di-ri
Menaker: TKI Lebih Banyak yang Bekerja di China[
https://www.liputan6.com/bisnis/read...kerja-di-china
[Menaker: TKI yang Serbu China, Bukan TKA China yang Serbu Indonesia
https://www.kaskus.co.id/thread/5adf...erbu-indonesia


bicara mengenai corona
corona di china itu sudah berkurang
sekarang corona yg terparah di dunia itu adalah negara2 bule barat amerika diikuti eropa
[]https://www.worldometers.info/coronavirus/



profile-picture
profile-picture
profile-picture
sarjojo dan 18 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Kadang2 aneh ya...
Mestinya yg takut tuh mereka, kan udah beres disana
Sememtara kitabaru mulai coronanya...

Kebalik2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 7 lainnya memberi reputasi
Yg 500 itu skill semua? Jangan pula ada helper emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 45 balasan
kalo mereka batal datang, ribuan pekerja lokal dipecat?

berarti bukan buruh melainkan yg pangkatnya tinggi, mungkin strategis utk menjadi bagian vital perusahaan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Gak apa-apa, karena dunia tidak penting. Jika kelaparan salahkan pemerintah. Take beer 🍺🍺🍺
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sunyimembara dan 7 lainnya memberi reputasi
Harusnya dimengerti kl perusahaan itu ingin untung sebanyak banyak nya
Kl memang bisa dipakai tenaga lokal kenapa harus impor?

Hanya pemikiran goblog yg beranggapan untuk membantu tenaga kerja China..

Mending keuntungan nya aja diambil dari selisih tenaga lokal ( bila bisa selesai) yg lebih murah ongkos nya dan dikirim ke China daripada mendatangkan orang dari China disuruh kerja disini yg pasti lebih mahal
profile-picture
profile-picture
profile-picture
reita96 dan 4 lainnya memberi reputasi
gpp tar suruh buzzer2 kadrun di sini yg maki2 cina yg ngasih kerjaan aj, secara mereka yg ilangin kerjaan lu

sama seperti mahasiswa ama buruh ama sjw protes omnibus law
tar investor ga mau datang, lapangan kerja ga ada, pengangguran minta kerja aj tu ama SJW dan mahasiswa tukang demo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 5 lainnya memberi reputasi
tetap tolak, Indonesia gak butuh kerja, kita di sini tanam tongkat aja bisa jadi ubi katanyaemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan venomkatsu memberi reputasi
lah itu udah dijelasin kan kenapa harus datengin mereka? emoticon-Bingung

kalo setting lokasinya ga kelar sisanya 3000 yang lokal mau kerjain apa?

dungu kok serakah emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

noh kadrun gimana yang kemaren rajin goreng isu ini, lo pade mau pekerjain 3000 karyawan? emoticon-Traveller

asli tol0l amat sih sumpah

takut amat saingan sama TKA
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan venomkatsu memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Soal 3.000 Pekerja Lokal Terancam Dipecat Jika 500 TKA China Batal Datang




msh anget! emoticon-Malu

















ternyata baru segitu aja gak berdaya emoticon-Frown
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan venomkatsu memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Gak pa2 3000 balik jd pengangguran, yg penting anti asing emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 3 lainnya memberi reputasi
Yg mewek2 gak ngebolehin TKA datang itu emangnya punya keahlian apa?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 2 lainnya memberi reputasi
Klo lokal bisa nge handle kerjaan itu, ngapain pulak perusahaan mainland impor tenaga kerja negeri sendiri yg cost nya lebih mahal ...

Klo bodoh, gak apa - apa asal mao belajar ... Ini uda bodoh, gak mao belajar ... Dengki melulu ...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 4 lainnya memberi reputasi
500 orang masang doang. Dah dipasang pada pulang. Diterusin sama org sini.
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan venomkatsu memberi reputasi
Lihat 1 balasan
3000 orang dikasih makan sholat 5 waktu juga dah kenyang sendiri dan rekening tabungan bertambah emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ronny398 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Nasbungtod pengangguran tolol mana paham masalah kaya gini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 2 lainnya memberi reputasi
ga bakal dipecat, invest nya dah besar di sini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
reita96 dan 2 lainnya memberi reputasi
Smoga kedepannya makin banyak orang indonesia yg punya kemampuan buat ngebangun proyek2 kek gini biar gk usah impor TKA
profile-picture
profile-picture
profile-picture
alifiabm dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh bagascaktirp
Tka dr China murah etos kerja ok lah.... otomatis naikin laba perusahaan berkali lipat,pekerja lokal demo mlulu minta naek haji🤔
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ronny398 dan 2 lainnya memberi reputasi
Aduh berita ini lagi...
Logikanya klo TKA berkualitas dan mampu meningkatkan kinerja perusahaan itu bagus, drpd tenaga lokal tp gk berkualitas,
Ingat kedepannya kita pasti akan melakukan MEA, ... Jd mulai sekarang jgn malas2an, hanya org yg takut bersaing yg protes,
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di