CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Suka Berbagi Kebaikan Tapi Pamrih? Jangan Lihat Video Viral Ini Nanti Tersindir!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb903c5a2d195696d6ac743/suka-berbagi-kebaikan-tapi-pamrih-jangan-lihat-video-viral-ini-nanti-tersindir

Suka Berbagi Kebaikan Tapi Pamrih? Jangan Lihat Video Viral Ini Nanti Tersindir!

Suka Berbagi Kebaikan Tapi Pamrih? Jangan Lihat Video Viral Ini Nanti Tersindir!

Sindiran halus atau sindiran keras nih?
Membantulah dengan iklhlas tanpa berharap pujian!


Manusia adalah makhluk sosial, yaitu makhluk yang tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain.
Meskipun orang kaya raya dan hartanya tidak ternilai, mereka tetap membutuhkan orang lain untuk mencukupi kebutuhannya.

Tentu Agan dan Sista disini pernah mengalami sendiri apa yang ane sampaikan, tidak mungkin kita semua dapat hidup sampai saat ini jika tidak ada orang lain disekitar kita.

Rasa simpati dan empati itu adalah kunci utama dalam kehidupan sosial, bagi mereka yang mau simpati terhadap sesama dan mau berbuat sesuatu untuk mereka yang membutuhkan tentu mereka akan mendapatkan imbal balik atas apa yang telah dilakukannya, entah dengan kebaikan serupa atau dengan bayaran atas jasa yang telah dikeluarkan.
Seperti itulah kehidupan, selalu ada timbal balik dalam perjalanannya.

Membahas mengenai timbal balik kebaikan tentu tidak selamanya kebaikan itu dibalas langsung oleh mereka yang dibantu, bisa saja Tuhan mengutus tangan lain untuk membantu atau Tuhan sendiri yang memberikan balasannya.

Maksutnya disini yaitu agar kita selalu berusaha ikhlas dalam membantu tanpa mengharapkan pujian atau balasan dari orang lain.


Suka Berbagi Kebaikan Tapi Pamrih? Jangan Lihat Video Viral Ini Nanti Tersindir!


Agan dan Sista pasti sering sekali melihat di era modern seperti saat ini banyak sekali orang yang memberikan bantuan kepada orang lain kemudian mendokumentasikan dan mempublikasikan ke media sosial untuk memberitahukan bahwa mereka baik dan telah membantu orang lain.

Mungkin beberapa orang memang mempunyai niat baik yaitu untuk mengajak orang lain berbuat baik, namun untuk melakukan hal itu kita harus memperhatikan perasaan orang yang kita bantu.
Apakah mereka nyaman saat dipublikasikan ataukah tidak, karena jika mereka tidak nyaman itu tandanya mereka merasa direndahkan harga dirinya.

Seperti video gimik yang satu ini!
Diketahui video yang menyita banyak perhatian warganet instagram ini berasal dari Negara India, mengisahkan tentang dua pemuda yang sedang memberikan bantuan kepada orang lain.
Namun berdalih memberikan bantuan, salah satu pemuda nampak mendokumentasikan saat-saat temannya memberikan sembako kepada yang dibantu.

Uniknya disini orang yang diberikan bantuan ini nampak menyuruh dua pemuda dermawan tersebut untuk menunggu di depan rumah setelah melihat dia sedang didokumentasikan. Kemudian dia masuk ke dalam rumah berganti baju dan berpenampilan sangat rapih, setelah itu dia keluar dari rumah dan meminta seorang pemuda yang tadi memberikan bantuan untuk bertukar posisi menjadi orang yang dibantu.

Tidak habis disitu, orang paduh baya ini meminta salah satu pemuda yang lain untuk mendokumentasikan apa yang dia lakukan, kemudian berpesan untuk mengirimkan fotonya ke wa untuk dishare di fb dan instagram.

Seperti apa videonya?
Lihat di bawah ini!


Spoiler for Sindiran Halus:


Benar-benar sindiran yang sangat halus.
Meskipun bahasa dialog yang diucapkan tiga orang ini tidak dipahami oleh warganet Indonesia namun dari adegan peradegan yang dilakukan bisa diambil pesan yang ingin disampaikan.

Dari video di atas kita semua bisa mengambil pelajaran, bahwa saat kita berbuat kebaikan kepada orang lain usahakanlah untuk melakukannya secara ikhlas.
Meskipun niat dan keihlasan itu letaknya di dalam hati dan tidak dapat dilihat oleh orang lain menggunakan mata, tentu mereka mempunyai perasaab untuk menilai keikhlasan kita.

Bagaimana, apakah Agan dan Sista setuju dengan tindakan mendokumentasikan kedermawanan lalu mempostingnya ke media sosial?
Coba jelaskan apa alasan GanSis yang melatar belakangi pendapat setuju dan tidak setujunya hal itu dilakukan.

Oke, semoga kita semua bisa mengambil pelajaran dari video pendek di atas agar kita menjadi manusia yang lebih baik lagi. Aamiin

Terima kasih buat yang sudah singgah, dan sampai jumpa lagi di thread-thread ane yang lain!


Suka Berbagi Kebaikan Tapi Pamrih? Jangan Lihat Video Viral Ini Nanti Tersindir!


Penulis: @masnukho
Referensi dan gambar
di sini


emoticon-Cendol Ganemoticon-Rate 5 Staremoticon-Keep Posting Gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
999999999 dan 21 lainnya memberi reputasi
emoticon-Matabelo hayoh lo siapa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adeutut dan 2 lainnya memberi reputasi
emoticon-Cape d... ane pernah juga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adeutut dan 2 lainnya memberi reputasi
gue termasuk yang pernah terjebak diperasaan takut pamri.
akhirnya gue gak post apa2 yg berkenaan dengan kebaikan.

Alhasil, isi feed IG gue cuma status galau, foto ngadep belakang puisi2 misterius gitu wkwkwk. beda bgt ama isi feed gue tahun 2012-2016.. aktif dan seru bgt.

Kesimpulan, gue prefer feed gue kayak 2012-2016 skrg, nanti gue bakal mulai share lagi aksi2 kebaikan gue. Masalah pamrih apa nggak, biar allah dan malaikat pencatat amal baik aja yg menentukan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adeutut dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Jingan emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adeutut dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Waduh.. bisa aja ini ts nya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jakartacomunity dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Kita bikin rekayasa :

> Siapin duit seratus rebu sampe 500 rebu emoticon-Busa
> datang ke orang kismin
> buka HP
> video
> posting di medsos ( Ya tuhan, aku telah sedekah. Dan aku dermawan)



Yang kyk gini termasuk pamrih gak?emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
adeutut dan masnukho memberi reputasi
Awal mula riya tu di sosmed
profile-picture
profile-picture
adeutut dan masnukho memberi reputasi
Politis gak suka dengan ini emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
adeutut dan masnukho memberi reputasi
Quote:

emoticon-Ngakak itu termasuk riya dan butuh pujian

Quote:

emoticon-Matabelo iya gan, tapi kita gak bisa lihat dari satu sudut pandang sih

Quote:


emoticon-Ngakak iya mereka gunakan ini sebagai pencitraan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adeutut dan 2 lainnya memberi reputasi
Riya bgt sih
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Hahaha jaman sekarang makin canggih teknologi makin gampang buat melakukan pemcitraan
profile-picture
masnukho memberi reputasi
keren, threadnya rapi banget

angkat aku jadi muridmu suhu
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Semoga ini bisa menjadi contoh bagi warga kita 🙏, bahwa setiap makhluk hidup pasti tetap membutuhkan bantuan mahluk hidup lain 🙏
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Quote:

Nah makanya jangan ditiru ya gan

Quote:

emoticon-Matabelo iya fakta gan

Quote:

emoticon-Ngakak alamak, ane baru belajar gan

Quote:


emoticon-Shakehand2 sepakat banget ane gan
profile-picture
adeutut memberi reputasi
Lihat 1 balasan


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di