CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Hewan Peliharaan /
5 Cara Antisipasi Penyakit Rabies Pada Kucing Dan Anjing
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb8f5d4337f9348903b54ba/5-cara-antisipasi-penyakit-rabies-pada-kucing-dan-anjing

5 Cara Antisipasi Penyakit Rabies Pada Kucing Dan Anjing

Mengungkap bahwa penyakit rabies masih menjadi masalah di Indonesia. Itu terlihat dari data bahwa Binatang yang terdeteksi sering menyebarkan rabies adalah anjing, kucing, musang, dan monyet. Tak hanya melalui gigitan, virus rabies bisa berpindah ke manusia melalui jilatan pada kulit manusia yang terluka, cakaran, serta cairan dari selaput lendir seperti mulut, hidung, mata, anus, dan kemaluan hewan yang terinfeksi.

Gejala hewan peliharaan terjangkit rabies
Hewan yang berpeluang menularkan penyakit rabies tentu perlu mendapat perhatian khusus. Akan tetapi sebelum cara mengantisipasinya, Anda harus tahu dulu tanda-tanda hewan yang sakit rabies.
Hewan yang terinfeksi penyakit rabies dapat menunjukkan perubahan perilaku yang ekstrem, seperti gelisah atau ketakutan, dan keduanya dapat diperparah dengan menyerang objek bergerak. Hewan yang biasanya ramah menjadi mudah tersinggung, sementara hewan yang biasanya bersemangat dapat menjadi lebih jinak.
Contohnya, seekor anjing dapat menggigit atau menyerang binatang lain, manusia, dan bahkan benda mati. Hewan-hewan ini bisa juga terus-menerus menjilat, menggigit, dan mengunyah apapun yang ada di hadapan mereka.



Bagaimana pencegahan agar hewan tidak tertular virus rabies
1. Berikan vaksin kepada hewan peliharaan
2. Jangan sampai hewan peliharaan "bergaul" dengan hewan liar
3. Jaga kebersihan kandang
4. Memandikan hewan setiap hari
5. Jangan biarkan peliharaan memakan bangkau hewan lain.

Indonesia memang belum bersih dari virus rabies, Untuk itu, proteksi hewan peliharaan Anda dengan melakukan vaksinasi serta menjaga kebersihan hewan dan kandangnya. Hewan peliharaan yang sehat tentu akan memberikan dampak baik pada kualitas hidup Anda dan keluarga.


profile-picture
darmawati040 memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di