CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Dewan: THR untuk Pekerja Harus Dibayarkan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb8efdce83c7257f512d02a/dewan-thr-untuk-pekerja-harus-dibayarkan

Dewan: THR untuk Pekerja Harus Dibayarkan

Dewan: THR untuk Pekerja Harus Dibayarkan

Anggota Komisi IX DPR RI Saleh Partaonan Daulay menegaskan bahwa Tunjangan Hari Raya (THR) pekerja harus tetap dibayarkan dan tidak ada pengecualian.

Hal itu diungkapkan Saleh setelah adanya penjelasan Kementerian Ketenagakerjaan dalam Rapat Kerja (Raker) dengan Komisi IX DPR RI pada Kamis (7/5) lalu.

"Kalau menurut semua penjelasan itu, tidak ada yang bisa menghindar dari pembayaran THR. Mungkin yang dipersoalkan adalah soal dialog bersama pekerja terkait THR. Menurut saya itu boleh saja, tetapi harus dipastikan bahwa hak-hak pekerja tidak ada yang dikurangi," kata Saleh di Jakarta, Minggu (10/5).

Wakil Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPR RI itu menambahkan, pada masa sulit seperti sekarang ini, sudah sepatutnya hak-hak para pekerja ditunaikan.

"Perusahaan tidak boleh ada yang lari dari tanggung jawab," kata dia, seperti dilansir Antara.

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menyebutkan bahwa pemberian THR adalah wajib dan tidak ada pengecualian. Persoalan pandemi COVID-19 tidak bisa dijadikan alasan untuk tidak membayar THR, meskipun keuangan perusahaan terganggu.

Oleh karena itu, Kemnaker telah melakukan dialog dengan Apindo dan para pengusaha, serta melakukan pertemuan tripartit tingkat nasional guna mencapai solusi terbaik bagi penyelesaian masalah pembayaran THR, termasuk potensi pembayaran THR dengan cara dicicil.

Sebagai pemegang mandat pengawasan dari rakyat, kata Saleh, melalui Komisi IX DPR RI dirinya akan memastikan upaya pembayaran THR paling lambat 7 hari sebelum lebaran tetap dilakukan, termasuk mengawasi penerapan konsekuensi dari pemerintah kepada perusahaan yang tidak membayarkan THR.



profile-picture
profile-picture
profile-picture
zafinsyurga dan 9 lainnya memberi reputasi
Disesuaikan sama kondisinya aja, jangan mengharuskan
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
Yup, karena UUnya menyebut begitu.
mau dirubah ya rubah UUnya.
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
makanya tiadakan THR yang merupakan gaji ke 13 swasta, leburkan saja THR ini menjadi komponen gaji pokok
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
dpr bubarin aja lahemoticon-Stick Out Tongue
ga guna, gih jalan2 ke paris aja sekarang biar mampusemoticon-Leh Uga
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
Diubah oleh ushirota
dari sisi pekerja : Sangat setuju sekali pak..

dari sisi pengusaha : Duit dari mana pak, lha wong 3 bulan ini pengeluaran semua, pemasukan tifiss

coba lihat dari 2 sisi ini, ambil tengah2 nya aja emoticon-Shakehand2
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
harusnya bisa donk THR karyawan/pekerja dibayarkan bukan kurangi/ dihilangkan. Ini merupakan kejadian yg sering terulang dinegara indoceria tiap2 mau lebaran pasti ada ada yg namanya PHK pekerja dgn berbagai macam alasan yg klise, buat apa dan kenapa harus ada kemenaker jika tidak ada aksi nyatanya mendingan ditiadakan itu kemenaker jika tidak dapat bekerja sesuai jobdesnya emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Lempar Bataemoticon-Lempar Bata
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
ya kalo thr wajib lah gan wkwk ya ga
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
gw pekerja yg ngarepin thr, tapi jg maklum kalo lebaran kali ini bos ga isa kasi thr situasi pandemi begini, klien2 juga pada cancel proyek gimana perusahaan dapet pemasukan.
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
Iya tetep dibayar setuju. Tapi kasih keringananlah buat pengusaha, mungkin dengan mencicil atau diundur akhir tahun
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
Quote:


Pakai dana darurat pelit amat emoticon-babi
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
apa yang menjadi kewajiban pekerja kepada perusahaan harus dikerjakan dengan baik, soal hak pekerja ya...suka² si perusahaan nya aja
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
THR gw emang di bayar, tp Gapoknya kaga..

Sama aja boong...

Tai Ledik..
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
lu aje yg bayar
digaji jg dr pajek2
kudu dibayarin tp ga boleh di berentiin
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
Ga produksi namun bayar thr... ?
mikir ga klo para pengusaha hengkang ke pilipin n vietnam yg non thr n pekerjanya lbh berkwalitas ... yg ada phk lg dlm jumlah gede n yg rugi buruh juga.... dpr ngancurin negara kok tanggung amat
emoticon-Cool
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
ambil bagusnya aja dah pak
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
Iya, tapi Pemerintah ngasih suntikan dana ke Pengusaha.

Sekarang kalo Pengusaha ditagih THR, duit dari mana? Usaha-usaha saja pada lesu kok.
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
masalah ribut ribut pekerja dll ini terutama ribut buruh ya , saran saya mulai mawas diri. kebetulan saya kerja dibidang industrial dan sering kepabrik dan bertemu atasan atasan ataupun ownernya yg punya ataupun orang asing. Sebelumnya dengan kondisi yang upah buruh makin tinggi mereka sudah mulai mengeluh , ada wacana mau dipindahkan pabriknya ke wilayah jawa yang yg umr lebih murah. atau sekarang mencuat kembali , banyak yang obrol2 , rencana mau investasi robot industrial dan sistem automation. mungkin investasi besar diawal tapi nantinya bisa tetap produksi terlebih apabila ada mslh seperti corona ini kembali. mereka masih bisa produksi tanpa perlu banyak operator.
Jadi lebih banyak mawas diri lah untuk para buruh.jangan memaksakan menuntut apa apa menuntut dalam situasi ini. pengusaha udah mulai gerah. bahkan beberapa mulai jabarkan hitung hitungannya , semisal butuh 5 orang operator dalam 1 line produksi , maka dengan robot effort kerja sama , cukup butuh 1 robot industrial dan 1 operator pengawas. jadi bisa hemat 4 orang.
itu sedikit banyak info situasi di bawah .
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di