CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Cara Menjadi Front End Developer Expert dengan Gaji Tinggi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb8ed6288b3cb65f91acc1e/cara-menjadi-front-end-developer-expert-dengan-gaji-tinggi

Cara Menjadi Front End Developer Expert dengan Gaji Tinggi

Bagi Anda yang berprofesi sebagai Front End Developer tentu pasti berkeinginan ingin menjadi yang ahli. Baik atas niat membidik gaji tinggi semata atau mengerek keahlian, menjadi Front End Developer Expert atau ahli sudah pasti memberikan tantangan yang akan berujung pada keuntungan jangka panjang Anda.

Tanpa membuat banyak pengantar, berikut kami sajikan cara menjadi Front End Developer Expert sebagaimana kami sarikan dari ekrut.com. Perlu kami tulis di bagian awal ini bahwa menjadi Front End Developer Expert akan membutuhkan waktu yang berbeda-beda bagi setiap pelakonnya.

Inilah Cra Menjadi Front End Developer Expert dengan Gaji Tinggi

Cara Menjadi Front End Developer Expert dengan Gaji Tinggi


Mendalami Keahlian Teknis

Sudah barang tentu pada level apa pun penguasaan keahlian teknis mutlak dibutuhkan. Dalam upaya menjadi Front End Developer Expert, sebaiknya Anda terus mendalami berbagai keahlian teknis seperti di bawah ini:

1. JavaScript/jQuery

Menguasai HTML dan CSS sudah cukup jika Anda ingin membuat website sederhana. Akan tetapi jika Anda ingin memasukkan fitur interaktif, seperti audio, video, game atau animasi, Anda perlu mempelajari JavaScript untuk membuatnya menjadi nyata.

Hal ini dikarenakan JavaScript mengandung library yang terdiri dari beragam plug-in dan extension bernama jQuery. Dengan adanya jQuery, Anda bisa lebih mudah dan gampang dalam memanfaatkan JavaScript. Pasalnya, jQuery dapat membuat Anda menulis cukup dalam satu baris kode dari berbaris-baris kode yang biasanya Anda lakukan via JavaScript untuk tugas umum.

2. Framework CSS dan JavaScript

Keahlian teknis kedua untuk menjadi Front End Developer Expert adalah dengan menguasai framework CSS dan JavaScript yang pada umumnya mengandung berbagai file CSS atau JavaScript. File tersebut memungkinkan Anda mengerjakan tugas khusus melalui pembagian fungsi umum.

Pilihlah framework yang tepat menurut tipe website yang akan Anda kerjakan. Terdapat sejumlah framework JavaScript yang sangat baik untuk membuat interface yang rumit. Ada pula framework JavaScript yang sangat mendukung terciptanya website yang minimalis.

3. HTML/CSS

HyperText Markup Language (HTML) merujuk pada bahasa markup standar untuk membuat halaman website. HTML berfungsi membuat pondasi bangunan website.  Bahasa markup sendiri berarti sebuah cara membuat catatan dalam dokumen digital.

Di lain pihak, Cascading Style Sheets (CSS) adalah bahasa pemrograman untuk menghadirkan file HTML yang telah dibuat. CSS berguna untuk mengatur tata letak website, warna dan ukuran huruf. HTML dan CSS wajib dikuasi oleh setiap Front End Developer.

4. Preprocessor CSS

Preprocessor CSS berfungsi tak jauh beda dengan framework CSS dan JavaScript. Pekerjaan Anda akan lebih mudah dijalani dengan menguasai Preprocessor CSS. Contoh preprocessor CSS yang bisa dipilih adalah Sass, LESS atau Stylus.

5. Membuat Desain yang Responsif

Pahamilah prinsip membuat desain yang responsif kemudian gabungkan dengan coding coding yang tepat. Dengan demikian, Anda bisa menghasilkan desain yang dapat menyesuaikan sendiri tanpa perlu diatur ulang.

Desain responsif merupakan salah satu dari framework CSS yang berarti mempelajari CSS dan desain responsif dapat dilakukan beriringan.

6. Version Control/Git

Untuk menjadi Front End Developer Expert, Anda perlu menguasai version control yang berarti proses melacak dan mengendalikan perubahan kode sehingga Anda tidak perlu mengulang dari awal. Git adalah salah satu perangkat lunak untuk melakukan ini. Mengerti betul Git dapat membantu kembali ke tahap pekerjaan awal, memperbaiki yang salah tanpa merusaknya.

7. Testing/Debugging

Sudah pasti Anda harus bisa menghilangkan bug yang ada di website agar situs berjalan lancar.

Mampu Menganalisa Secara Obyektif

Seiring dengan bertambahnya pengalaman, menjadi Front End Developer Expert semakin membutuhkan Anda dapat menganalisa secara obyektif jenis website atau aplikasi apa yang akan Anda buat. Anda harus bisa menentukan teknologi yang pas demi proses pengerjaan yang lebih mudah dan cepat.

Fokus Tepat pada Struktur Tata Letak

Untuk menjadi Front End Developer Expert, Anda perlu terlebih dahulu membuat struktur tata letak HTML dan CSS yang baik sebelum beralih ke animasi CSS atau JavaScript.

Kemampuan Pengelolaan Tugas

Terdengar sepele tetapi elemen ini cukup penting untuk menjadi Front End Developer Expert. Anda harus bisa mencatat hal tertunda dari fitur yang telah dibuat tetapi belum diimplementasikan saat pengembangan website itu sendiri. Anda dapat memanfaatkan alat, seperti Workflowy, Evernote atau alat sejenis guna mencatat tugas tertunda dari feature dan page. Tinggal nanti melihat ke catatan ini saat proses optimalisasi.

Mahir Melakukan Optimalisasi

Yakni proses dimana Anda memasukkan animasi atau hal lain untuk memperindah tampilan website dan aplikasi. Perlu diperhatikan bahwa user harus bisa menggunakannya sebelum memulai proses optimalisasi.

Handal dalam Pengujian

Yang terakhir dalam tips menjadi Front End Developer Expert adalah handal dalam menguji feature atau page. Lakukan pengujian sesering mungkin, termasuk saat hendak menambahkan fitur. Anda bisa memakai Browser Stack untuk menguji di segala jenis browser dan X-Code untuk simulator iPhone atau iPad.

Apakah anda tertarik dan mencari lowongan Front End Developer? Anda bisa mencoba untuk mengirim cv anda dan bergabung dengan TOG Indonesia. Dengan begini, anda akan membuka lebar peluangmu untuk bekerja diperusahaan besar dan membantumu untuk terus mengembangkan karier. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya : Front End Back End Developer Mana yang Paling Banyak Dicari Perusahaan?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
infinitesoul dan 4 lainnya memberi reputasi
Wih mantap gan. Thanks tips2nya buat jadi front end dev
profile-picture
jakartacomunity memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di