CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
PNS Bermobil di Klaten Dapat Bansos Orang Miskin Wabah Virus Corona
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb8ebd165b24d4f825968e3/pns-bermobil-di-klaten-dapat-bansos-orang-miskin-wabah-virus-corona

PNS Bermobil di Klaten Dapat Bansos Orang Miskin Wabah Virus Corona

SuaraJawaTengah.id - Pegawai Negeri Sipil atau PNS yang mempunyai mobil mendapat bantuan sosial atau bansos pandemi virus corona di Klaten, Jawa Tengah. Hal ini membuat sejumlah kepala desa (Kades) di Klaten pusing tujuh keliling.

Data penerima bansos itu didapatkan dari pemerintah pusat yang sudah cair pekan lalu. Kepala Desa Burikan, Kecamatan Cawas, Klaten, Surata, mengatakan di wilayahnya ada 22 keluarga yang menerima BST melalui transfer bank. Sementara itu, 45 keluarga menerima BST via Kantor Pos.

Para penerima bansos corona dari transfer bank mulai mendapatkan gelontoran dana senilai Rp 600.000 per keluarga ke rekening masing-masing. Sementara, penerima BST via kantor Pos belum memasuki proses pencairan.

Surata mengakui data penerima BST sebagian tidak sesuai dengan usulan dari desa.

"Sebelumnya kami dimohon membuat ajuan. Kami membuat ajuan 250 keluarga. Namun, tak berapa lama usulan kami sampaikan ternyata sudah ada yang menerima transfer," kata Surata, Minggu (10/5/2020).

Dari 22 keluarga penerima bansos corona di Klaten melalui transfer rekening bank, ada yang masuk kategori mampu serta berstatus ASN.

"Ada yang punya dua mobil yakni Toyota Innova dan Grandmax dapat [BST]. Ada yang ASN sekitar tiga sampai empat orang juga dapat," tutur dia.


Selain itu, ada dobel penerima bansos corona yakni dalam satu keluarga mendapatkan bansos corona via transfer bank dan pencairan melalui kantor Pos.

Dia mencontohkan dalam satu KK ada bapak dan anak yang masing-masing mendapatkan bansos corona.

"Memang kami dibuat budrek terkait ini," ungkapnya.


Terkait warga mampu, PNS, serta dobel data penerima dalam satu keluarga yang mendapatkan bansos corona, Surata mengatakan pemerintah desa tidak bisa berbuat banyak. Hal itu menyusul dana langsung dicairkan melalui transfer ke rekening masing-masing penerima.

Namun, pemerintah desa bersama tokoh masyarakat Burikan sudah menggelar pramusdes menyikapi kondisi tersebut. Dari hasil musyawarah, warga terdampak pandemi Covid-19 namun belum mendapatkan bansos corona bisa menerima bantuan serupa melalui bantuan langsung tunai (BLT) dari dana desa.

Surata menjelaskan dana desa yang diterima Burikan tahun ini sekitar Rp 900,73 juta. Dari nominal itu, sekitar 30 persen atau Rp 291 juta digunakan untuk BLT kepada masyarakat.

Soal data penerima bansos corona yang dinilai belum tempat sasaran, Pemerintah Desa Burikan, Klaten menunggu pengubahan data penerima disesuaikan dengan data yang sudah masuk dalam aplikasi sistem informasi kesejahteraan sosial next generation (SIKS-NG).

"Kami menunggu apa yang sudah kami lakukan dan dianggarkan pemerintah pusat melalui pemutakhiran data yang menggunakan SIKS-NG. Itu sudah dilakukan sejak Desember, sehingga April sudah ada titik terang atau data yang masuk ke pemerintah desa terkait perubahan data miskin," jelas dia.

Kepala Desa Kemudo, Kecamatan Prambanan, Hermawan Kristanto, mengatakan di wilayahnya juga ada dobel data penerima bansos corona.

"Informasinya ada yang double data. bahkan ada satu keluarga tiga orang dapat semuanya," kata Hermawan.

Penerima BST bakal mendapatkan transfer dana senilai Rp 600.0000. Transfer dana itu diberikan sebanyak tiga kali selama tiga bulan.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (Dissos P3AKB) Klaten, M. Nasir, mengatakan jika terjadi perbedaan kondisi penerima bansos corona terutama akibat pandemi Covid-19, data bisa dievaluasi dan diusulkan penggantian.

"Agar tidak memunculkan kegaduhan di masyarakat, yang tidak masuk penerima BST diakomodir melalui program BLT dana desa. Bahkan jika terbukti penerima BST itu dipandang mampu atau sudah sejahtera, maka dana sudah masuk rekening penerima dan sasaran tidak pas atau tidak layak mendapatkan. Data tersebut diinventarisasi dan dilaporkan ke Kemensos untuk tidak direalisasikan pada pencairan bulan berikutnya," tegas Nasir berdasarkan rilis yang diterima Solopos.com.

Jumlah penerima bansos corona di Klaten tercatat 51.929 keluarga. Sebanyak 11.894 keluarga menerima dana melalui transfer rekening bank yang ditunjuk dan 40.035 lainnya disalurkan melalui PT Pos Indonesia.

https://jateng.suara.com/read/2020/0...h-virus-corona



guoobbbblokkkk ini si Anies kesalahan data koq bisa sampe ke jateng wilayahnya si Ganjar emoticon-Mad



Bunyi njar ojo meneng bae.....emoticon-Malu



hellooo....bapak Menko PMK msh hibernasi kah? emoticon-Embarrassment

























PNS Bermobil di Klaten Dapat Bansos Orang Miskin Wabah Virus Corona

emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
antonishop dan 12 lainnya memberi reputasi
kalo benar ntar dana nya d balikan gak ama oknum penerima
makanya gw perlu dikelompokan siapa miskin siapa kaya
bagi aja semua
1 rt ada berapa kk kasih semua
gini aja gak bisa ngatur siapa sih gubernur nya?
anis ya ?
salah aparatur desa ini sih. Kalau gak ya dinas terkait yg kurang gercep ubah data mana yg udh mampu mana, belum
Kepala Desa yang langsung ngasih data,tapi data yang dikasih ternyata salah, terus yang salah jokowi?
Ketawa aja emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak


Bat@!
profile-picture
yeytothesouz memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Salah Anies Basweda lagi ini.. emoticon-Ngakak (S)

Ayo zer, buruan dilambungkan beritanya.. emoticon-Ngakak (S)
PNS Bermobil di Klaten Dapat Bansos Orang Miskin Wabah Virus Corona

kinerja jeblok, gaji dan THR selangit
resep sukses menghancurkan NKRI
good job ibu menkeu
Lihat 1 balasan
buset kok bisa gitu sih? datanya salah kali
profile-picture
mirfanrais memberi reputasi
Saking benci dengan pak dhe sampai bawa-bawa foto pak dhe saat masih kerja jadi tukang becak. Laknat kamu drun emoticon-Mad
profile-picture
sniper2777 memberi reputasi
Kabupaten kesayangan jkw, ganjar & elit pdip lainnya, laknat

Woy nastaik jangan mingkem lu jancok emoticon-babi emoticon-DP
wah gaberner nih anies
hahaha yg pns yg nerima mentalnya mental miskin tuh..kasih yg membutuhkan napa bro..apa aja kau makan
Itu yg ngedata siapa sih?
Pns nya minta dimasukin kali ya
Lihat 1 balasan
Sebaiknya sebelum bantuan sampai ke masyarakat alangkah baiknya di kroscek kembali agar kejadian seperti ini tidak terjadi lagi 🙏
mungkin asn yg dapat pas pilkada namanya kedata jd tim sukses calon kepala daerah yg lolos 🤪


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di