CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Menu Buka Manis Yang Menyehatkan Bagi Tubuh
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb8ead9c342bb2c44422fb3/menu-buka-manis-yang-menyehatkan-bagi-tubuh

Menu Buka Manis Yang Menyehatkan Bagi Tubuh

Menu Buka Manis Yang Menyehatkan Bagi TubuhWaktu berbuka puasa mungkin jadi waktu yang paling ditunggu – tunggu kebanyakan orang Ketika menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Setelah seharian menahan lapar dan dahaga, tentu kalian ingin segera berbuka puasa dengan menu yang lezat bukan. Makanan manis kerap jadi hidangan wajib di meja. Namun, apakah sebenarnya menu buka puasa harus yang manis – manis ?

Gula bisa cepat menigkatkan kadar gula darah yang turun setelah puasa. Namun, kebanyakan makanan manis, misalnya the manis, pisang goreng, sebenarnya tidak memiliki gizi yang cukup untuk menggantikan nutrisi dan vitamin lainnya yang juga ikut hilang selama seharian dipakai untuk beraktivitas. Makanan manis justru menurunkan gula darah secara drastis setelah kita makan. Akibatnya kamu akan mengalami lemas dan ngantuk setelah berbuka. Lalu apakah kita tidak boleh makan makanan manis yang mengandung gula ? Idealnya, menu buka puasa memang yang manis untuk mengembalikan energi. Namun sebaiknya jangan berlebihan mengonsumsi makanan atau minuman manis dengan gula tambahan. Selain bisa membuat gula darah turun drastis, asupan kalori dan gula terlalu banyak bisa membuat badan kamu bisa naik selama bulan puasa. Untuk itu artikel ini akan membahas sedikit referensi makanan dan minuman yang manis tapi sehat. Simak baik – baik yaa, bisa jadi referensi buat kamu lo teman – teman.

1.      Kurma
 Kurma adalah makanan pembuka puasa yang wajib ada di meja makan kalian kawan. Saat hendak membatalkan puasa, sebaiknya kamu tidak mengonsumsi makanan berat terlebih dahulu. Konsumsilah makanan ringan dan manis terlebih dahulu, seperti kurma. Kurma sangat baik jika di konsumsi selama bulan Ramadhan karena kurma menyimpan banyak manfaat untuk Kesehatan tubuh seperti anemia.  Kurma juga memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi, maka secara tidak langsung akan memberikan suplemen alami kepada penderita anemia. Selain itu juga mengandung zat gula alami jadi bisa langsung mengembalikan energi mu yang hilang selama berpuasa seharian.

2. Takjil
 Sama seperti kurma, takjil adalah menu yang di konsumsi untuk membatalkan puasa. Namun, untuk membuat takjil buka puasa yang sehat lebih baik memasaknya sendiri. Karena jika memasak sendiri akan terjamin kehigenisannya serta bebas pewarna dan perasa makanan buatan yang berbahaya untuk Kesehatan tubuh. Beberapa takjil yang sehat yaitu diantaranya sop buah dengan madu, salad buah segar dan agar – agar.

3. Jus Buah
Minuman buka puasa yang menyegarkan salah satunya adalah jus buah. Berbagai kandungan vitamin dan mineral dalam buah juga bisa kita dapatkan dari buah – buahan favoritmu lo. Pisang, semangka, melon, bisa menjadi pilihanmu jika sudah bosan minuman yang itu itu saja saat berbuka puasa. Namun, ingatlah jangan tambahkan gula terlalu banyak dalam jus buah supaya gula darah tidak melonjak tajam. Sebagai gantinya bisa menggunakan madu atau gula rendah kalori.

4. Infused Water
Infused water adalah minuman yang terbuat dari air putih yang ditambahkan potongan buah di dalamnya. Minuman ini bisa memberikan kita nutrisi lebih jika dibandingkan kita meminum air putih biasa. Kita bisa membuatnya saat sahur dan memasukkannya ke dalam kulkas terlebih dahulu hingga waktu berbuka puasa tiba.

5. Air Kelapa
Salah satu minuman yang harus  kamu pilih untuk di santap saat berbuka puasa karena kandungan yang terdapat pada air kelapa ini mampu mengisi Kembali elektrolit yang hilang selama puasa. Selain itu air kelapa juga kaya akan serat dan mengandung vitamin C.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zafinsyurga dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh andia25
kurma dan air putih is da bes


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di