CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Lifestyle /
17 Salat Tarawih Unik di Dunia, Ada yang Sampai 8 Jam
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb8dd5cc8208470a856953b/17-salat-tarawih-unik-di-dunia-ada-yang-sampai-8-jam

17 Salat Tarawih Unik di Dunia, Ada yang Sampai 8 Jam

Pada saat ada Virus Corona seperti ini, masyarakat dihimbau untuk melaksanakan tarawih #dirumahaja. Ini dilakukan supaya virus yang juga disebut dengan Covid-19 tersebut tidak semakin menyebar luas. Oleh karenanya, pada malam hari kondisi masjid lebih sepi dari bulan ramadan di tahun-tahun sebelumnya. 

Nah, untuk menghibur para pembaca semua yang sedih karena tak bisa salat di masjid, USSFeed akan membahas hal unik tentang salat tarawih. Yaitu berupa tradisi unik salat tarawih yang dilakukan di Indonesia dan juga dunia  sebelum wabah Covid-19 menyerang. Yuk kita simak bersama-sama ulasannya di bawah ini.

Salat Tarawih Dini Hari 
Pertama, ada salat tarawih yang digelar pada saat dini hari. Ini terjadi di Masjid Kauman, Yogyakarta yang diadakan pada pukul 02.00 pagi. Salat sunah satu ini dilakukan pada jam tersebut bukan tanpa alasan, lho. Itu supaya masyarakat bisa melaksanakan ibadah yang hanya ada pada bulan puasa ini menjadi lebih khusyuk. Lalu, alasan lainnya adalah karena salat satu ini dianggap sebagai penutup ibadah sunah dalam satu hari sepanjang bulan ramadan. 

Ibadah Hanya Dilakukan dalam Waktu 10 Menit 
Keunikan lain bisa ditemukan di wilayah Blitar, Jawa Timur. Tepatnya di Masjid Pondok Pesantren Mambaul Hikmah yang mengadakan salat tarawih hanya dalam kurun waktu 10 menit. Padahal, ibadah yang dilaksanakan adalah 20 rakaat dan ditambah dengan salat witir 3 rakaat. 

Imam masjid yang berada di kawasan Desa Mantenan, Kecamatan Udanawu ini melafalkan Surat Al-Fatihah dengan cepat. Kemudian, dilanjutkan dengan membaca surat-surat pendek. Sehingga, dalam satu rakaat saja, hanya membutuhkan beberapa detik. Meskipun begitu, setiap tahunnya, ada sekitar 1000 jamaah yang mengikuti salat sunah tersebut di masjid ini.

Salat Tarawih Delapan Jam
Selain tercepat, ada juga salat tarawih terlama, yakni sekitar 8 jam. Salat ini digelar di Desa Temboro, Karas, Magetan, Jawa Timur. Ibadah tersebut bisa menghabiskan waktu yang lama, karena bacaannya dalam satu salat bisa sampai 30 juz. Dan uniknya, ini dilakukan di beberapa masjid di Desa Temboro. Biasanya, salat ini di mulai pada pukul 19.00 sampai 03.00 keesokan harinya. 


Mengkhatamkan Al Quran di Salat Tarawih 
Beralih ke luar negeri, tepatnya di Pakistan, juga ada keunikan di salat tarawihnya. Menjelang akhir bulan ramadan, seluruh masjid yang ada di sana melakukan yang namanya Sabina. Itu adalah tradisi mengkhatamkan Al Quran yang dibaca dalam salat sunah tersebut. Ini biasanya dilakukan selama tiga hari terakhir di bulan suci ini 


sumber: salat tarawih unik 
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di