CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
WhatsApp Bisnis, Aplikasinya Para Pebisnis: Bagaimana Cara Mengoptimalkannya?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb8dc9597751361b065e46d/whatsapp-bisnis-aplikasinya-para-pebisnis-bagaimana-cara-mengoptimalkannya

WhatsApp Bisnis, Aplikasinya Para Pebisnis: Bagaimana Cara Mengoptimalkannya?

Aplikasi WhatsApp for Business hadir bersamaan dengan perkembangan bisnis yang semakin meningkat. WhatApp Business diperlukan oleh banyak pelaku bisnis sebagai cara mengoptimalkan bisnis. Ada banyak manfaat yang didapatkan dengan menggunakan aplikasi ini. Bagaimana cara optimalkan aplikasi whatsapp business dan fitur apa saja yang ada didalamnya? Simak ulasannya berikut ini.
 
Saat ini WhatsApp menjadi aplikasi yang paling Populer di Indonesia hal ini dikarenakan WhatsApp merupakan aplikasi pesan instan tanpa ada batasan pesan dan bisa melakukan panggilan cepat ke sesama pengguna.
 
WhatsApp berpedoman bahwa tidak hanya menjadikan aplikasi tersebut untuk mengirim pesan pribadi, tetapi juga untuk menyalurkan pengalaman berbisnis kepada seluruh pengguna. Aplikasi WhatsApp Business ini sangat berguna bagi Anda yang memiliki usaha yang bergerak di bidang UMKM (Usaha Kecil dan Menengah) maupun perusahaan yang sudah besar.
 
Namun tidak semua negara memiliki akses untuk aplikasi WhatsApp Business. Indonesia patut berbangga karena termasuk kedalam enam negara pada tahap pertama yang dapat memperoleh Whatsapp Business, lima negara lainnya yaitu Italia, Meksiko, Inggris, Irlandia Utara dan Amerika Serikat. Kabarnya di negara lain sedang diproses, karena aplikasi ini akan tersebar di seluruh dunia.
 
WhatsApp Messenger dengan WhatsApp Business jelas berbeda, Namun menggunakan WhatsApp Business pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan menggunakan WhatsApp sebelumnya, hanya saja akun WhatsApp Business memiliki fitur-fitur yang lebih mendukung usaha bisnis.
 
Berikut alasan mengapa Anda harus menggunakan Aplikasi WhatsApp Business:
 
1.      Menjalin Komunikasi Lebih Baik
 
Jika menggunakan WhatsApp biasa saja sudah bisa berkomunikasi dengan baik maka jika anda adalah pelaku usaha menggunakan Aplikasi WhatsApp Business akan menjadikan komunikasi Anda lebih baik khususnya dengan para pelanggan. Karena WhatsApp Business memiliki fitur perpesanan, contohnya pesan otomatis, pengelompokan pesan dan statistik. Hal ini membuat pelaku usaha akan lebih mudah mengontrol bisnisnya.
 
2.      Dapat Dipercaya
 
Menggunakan WhatsApp Business sebagai tempat penyalur bisnis Anda akan dipermudah untuk mendapatkan kepercayaan dari pelanggan karena WhatsApp Business melakukan verifikasi pada akun bisnis melalui nomor telepon jika nomor yang didaftarkan benar milik perusahaan bisnis Anda. 
 
3.      Lebih Mudah Mempromosikan Produk
 
WhatsApp business dilengkapi beberapa fitur yang dapat Anda manfaatkan untuk mempermudah melakukan penawaran produk secara menyeluruh dan lengkap kepada pelanggan.
 
Lalu bagaimana cara mengoptimalkan whatsApp business? 
 
Cara optimalkan WhatsApp Business adalah dengan memanfaatkannya sebagai peluang usaha baru. Dengan fitur-fitur yang dimiliki aplikasi tersebut maka pelaku usaha dapat dengan mudah mengontrol bisnisnya. 
 
Apa saja fitur yang terdapat dalam whatsapp business?
 
1. Away Message, Greeting Message, Quick Replies
 
Fitur away message merupakan pesan pembalas otomatis. Jadi fitur ini memungkinkan pelanggan menjangkau Anda dimanapun dan kapanpun. Cara menggunakannya adalah dengan membuka menu “Business Settings”, pilih opsi “Away Message”. Kemudian aktifkan fitur Away Message dengan edit pesan default dan memberi centang biru. Anda juga bebas mengatur kalimat sesuai kebutuhan. Jika sudah, klik Save untuk menyimpan. Selain away message, ada pula fitur lain seperti greeting message dan quick replies. Cara penggunaannya pun sama seperti away message. 
 
2. Kategori Pesan dengan Label
 
Dengan fitur pesan berlabel, Anda bisa memisahkan pesan yang masuk menjadi beberapa kategori. Misalkan Pelanggan baru, calon pelanggan, pesanan selesai dan lain-lain sesuai kebutuhan.
 
3. Menampilkan Alamat Email dan Website
 
Alamat email sangat bermanfaat jika pelanggan menghubungi diluar jam operasional. Sedangkan website akan memudahkan pelanggan mendapatkan informasi mengenai produk yang Anda jual. 
 
4. Menampilkan Profil Bisnis
 
Anda dapat menampilkan profil akun bisnis mulai dari deskripsi jenis bisnis yang Anda jalankan hingga membagi informasi peta lokasi bisnis Anda. Hal tersebut akan menjadi poin lebih dalam meyakinkan pelanggan karena membuat akun Anda tampak lebih profesional.
 
Itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan, dalam berbisnis khususnya saat terjun ke dunia online ada banyak strategi yang harus Anda jalankan. Selain beberapa poin diatas, Anda juga wajib mendalami strategi digital marketing yang tepat untuk platform jualan online Anda. 
 
Semoga artikel ini bermanfaat


profile-picture
profile-picture
infinitesoul dan darmawati040 memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di