CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Citizen Journalism /
DAMPAK SOSIAL INFORMATIKA TERHADAP WABAH PANDEMI COVID-19 DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb8d636b8408806666eabcc/dampak-sosial-informatika-terhadap-wabah-pandemi-covid-19-dalam-kehidupan-sehari-hari

DAMPAK SOSIAL INFORMATIKA TERHADAP WABAH PANDEMI COVID-19 DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Wabah pandemi COVID-19 atau yang sering disebut virus corona terjadi diseluruh dunia termasuk negara kita Indonesia. Banyak korban yang merugi, baik secara kesehatan dan ekonomi. Sesuai topik, sebelumnya saya akan memberitahu buat kalian yang gak tau apa itu informatika. Jadi menurut Wikipedia, informatika merupakan disiplin ilmu komputer yaitu data maupun informasi pada mesin berbasis komputasi. Disiplin ilmu ini mencakup beberapa macam bidang, termasuk di dalamnya: sistem informasiilmu komputerilmu informasiteknik komputer dan aplikasi informasi dalam sistem informasi manajemen. Secara umum informatika mempelajari struktur, sifat, dan interaksi dari beberapa sistem yang dipakai untuk mengumpulkan data, memproses dan menyimpan hasil pemrosesan data, serta menampilkannya dalam bentuk informasi. Aspek dari informatika lebih luas dari sekadar sistem informasi berbasis komputer saja, tetapi masih banyak informasi yang tidak dan belum diproses dengan komputer.

            Ok. Sekarang masuk ke penjelasan Dampak Sosial Informatika Terhadap Wabah Pandemi COVID-19 Dalam Kehidupan Sehari. Dampak-dampak terbagi menjadi 2 yaitu dampak positif dan dampak negatif.



Dampak Positif


1.    Kemudahan dalam Menyebarkan Informasi


Dengan adanya media informasi yang tersebar dimana-dimana, memudahkan kita untuk memberikan atau menerima informasi mengenai COVID-19. Kita bias menemui di televisi, media sosial, media cetak, dll. Tapi itu semua perlu kita saring informasi, dan memastikan informasi tersebut benar atau tidak, jangan asal kirim-kirim saja.


 


2.    Mengusir Kebosanan


#Dirumahaja membuat semua orang bosan, tidak bertemu dengan teman-teman, kerabat, keluarga, dll. Tetapi dengan adanya teknologi informatika kita bias mengusir rasa bosan itu dengan gadget itu. Seperti mendengar musik, membaca komik, streaming film, main game dll.


3.     Membantu Aktivitas Sehari-hari
Akibat dari pandemi ini, kita diusahakan untuk tetap #dirumahaja. Bagi orang-orang yang setiap hari makan diluar ini pasti susah dilalukakan. Tetapi dengan adanya layanan pesan antar via aplikasi seperti gojek dan grab semua menjadi mudah, hanya cukup order dengan ponsel. Selain itu untuk layanan rumah sakit seperti konsultansi bias dilakukan dengan gadget dari rumah. Ini untuk menghindari kita ke rumah sakit. Bisa saja jika kita ke rumah sakit malah tertular/menularkan virus ini kepada orang lain.


 

4.    Mengetahui Update Informasi Mengenai COVID-19


Pemerintah melalui Kementrian Kominfo merilis aplikasi bernama PeduliLindungi. Aplikasi PeduliLindungi yang dikembangkan untuk menghentikan penularan COVID-19. PeduliLindugi menggunakan Bluetooth anda untuk merekam informai yang dibutuhkan. Anda juga akan dihubungi oleh petugas kesehatan jika pernah berada dalam jarak tertentu dengan penderita COVID-19 positif, PDP, dan ODP.


LIHAT SELENGKAPNYA
profile-picture
pinguinfo memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di