CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Wapres Maruf Amin Usul Kebijakan Corona RI Berdasarkan Fiqih Islam
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb8d44ff4d695091414d8d3/wapres-maruf-amin-usul-kebijakan-corona-ri-berdasarkan-fiqih-islam

Wapres Maruf Amin Usul Kebijakan Corona RI Berdasarkan Fiqih Islam

Wapres Maruf Amin Usul Kebijakan Corona RI Berdasarkan Fiqih Islam

Wakil Presiden Maruf Amin mengusulkan kebijakan pandemi virus corona yang disusun pemerintah berdasarkan fiqih Islam. Sebab pandemi Covid-19 yang menyerang hampir semua negara di dunia berdampak sangat luas dan multidimensi.
Ini memaksa semua negara menetapkan kebijakan khusus untuk menanggulanginya, terutama di sektor ekonomi dan kehidupan keagamaan. Maruf Amin menilai fiqih Islam dapat memberikan pencerahan dan petunjuk dalam penetapan kebijakan tersebut.

“Masa pandemi Covid-19 saat ini, hampir semua negara mengalami perlambatan pertumbuhan ekonomi yang sangat signifikan. Bahkan ada beberapa negara yang ekonominya terdampak sangat serius sehingga membutuhkan bantuan dari negara lain. Salah satu cara yang dapat menjadi acuan dalam menghadapi Covid-19 ini adalah peran fiqih Islam yang diharapkan dapat memberikan pencerahan dan petunjuk agar kebijakan terbaik dapat diambil,” kata Wakil Presiden Maruf Amin dalam keterangan tertulis yang diunggah di laman resmi kominfo.go.id, Senin (11/5/2020).

Wapres menilai fiqih Islam dapat memberikan solusi dan sumbangan pemikiran untuk mengatasi pandemi Covid-19 beserta seluruh dampaknya. Yaitu, fiqih Islam yang ditujukan untuk memberikan kemaslahatan bagi umat seluruh dunia, bukan untuk menyulitkan kehidupan.
“Pada dasarnya ajaran Islam diturunkan oleh Allah SWT tidak untuk menyulitkan pemeluknya, apabila dalam kondisi tidak normal pelaksanaan ibadah bisa dilakukan dengan menyesuaikan kondisi yang ada. Kondisi tidak normal tersebut bisa berupa masyaqqah atau dharurah syar’iyyah,” terang Wapres.

Wapres menjelaskan bahwa dalam kehidupan keagamaan terutama di negara yang berpenduduk Islam, para ulama bersepakat melakukan telaah ulang (I’adatu an-nadhar) terhadap pandangan keagamaannya, mereka melakukan ijtihad untuk menetapkan fatwa baru yang lebih relevan dengan kondisi pandemi. Fatwa tersebut menjadi panduan umat Islam di negara masing-masing.
“Bagaimana melaksanakan ibadah di tengah pendemi Covid-19, baik untuk tenaga medis, para penderita, ataupun umat Islam pada umumnya, tentang tata cara pemulasaraan jenazah (tajhiz al-janaiz) pasien positif Covid-19 yang sesuai protokol kesehatan, dan fatwa terkait instrumen ekonomi yang dapat digunakan sebagai mitigasi dampak pandemi Covid-19,” jelasnya.

Kondisi saat ini, lanjutnya, hifdzu an-nafsi (menjaga keselamatan jiwa) menjadi pertimbangan paling utama dalam menetapkan fatwa, karena tidak ada alternatif penggantinya. Hal inilah yang pertimbangan utama dalam upaya-upaya yang dilakukan, seperti kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), penerapan social distancing, bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah serta melaksanakan test Covid-19 secara massal, serta peningkatan kapasitas layanan kesehatan secara baik.
Wapres mengatakan bahwa fiqih Islam juga dapat diterapkan dalam membantu pelaksanaan penanggulangan dampak ekonomi yang terjadi. Karena fiqih mempunyai karakter solutif terhadap permasalahan yang muncul (makharij fiqhiyah) dan meringankan (at-taysir) dalam penetapan kebijakan aplikatifnya, seperti pemberlakuan relaksasi bagi kelompok terdampak dalam menjalankan kewajiban finansialnya.

“Di Indonesia fokus dalam menjaga tingkat kesejahteraan masyarakat terutama bagi mereka yang miskin dan rentan, beragam upaya dilakukan seperti memberikan bantuan langsung kepada masyarakat miskin dan rentan, baik itu bantuan sosial berupa uang tunai maupun bantuan dalam bentuk kebutuhan bahan pokok, pemberian keringanan pembayaran listrik, bagi masyarakat paling bawah dengan pembebasan pembayaran tagihan selama 3 bulan, serta terjaminnya kebutuhan bahan pokok,” katanya mencontohkan.

Wapres menilai Pemerintah telah berupaya untuk menjaga kegiatan usaha agar tidak mengalami pemburukan yang lebih dalam melalui kebijakan pemberian stimulus fiskal, kebijakan moneter, serta membantu sektor keuangan. Upaya tersebut, menurutnya, dapat dilakukan juga oleh para pemimpin negara-negara muslim yang terdampak Covid-19.
“Kebijakan Pemerintah tersebut merupakan manifestasi dari tanggung jawabnya menjaga kemaslahatan masyarakat, karena Pemerintah harus bersikap seperti disebut dalam kaidah (tashoruful imaam ‘ala ro’iyah manuutun bil mashlahah),” tuturnya.
Pada kesempatan tersebut, Wapres menyampaikan terima kasih dan apresiasinya atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk dapat memberikan pengantar pada Simposium Tahunan Ekonomi Islam Al Baraka yang ke-40.

“Merupakan kehormatan bagi Saya untuk dapat berbicara pada forum Ekonomi Islam tertua yang diikuti oleh pemerhati ekonomi Islam, para ahli fiqih syariah, serta para ahli hukum Islam dari seluruh dunia,” ucapnya.

Menutup sambutannya, Wapres mengajak semua peserta dan pengambil kebijakan dari negara-negara muslim untuk bersatu, saling membantu, saling bahu membahu membangun kerjasama, dan saling tolong menolong (at-ta’awun wat-tanashur).
“Sehingga kita dapat menangani pandemi ini dengan baik dan kita juga dapat membantu negara-negara yang membutuhkan untuk segera pulih,” kata Wapres.


https://www.suara.com/news/2020/05/1...n-fiqih-islam

WAPRES APA ULAMA SIH DIA?

RAKYAT BUTUH BANTUAN UANG TUNAI DAN SEMBAKO

BUKAN UJARAN2 AGAMA emoticon-Leh Uga

MANA BISA KENYANG

Wapres Maruf Amin Usul Kebijakan Corona RI Berdasarkan Fiqih Islam
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jojodogluncat dan 25 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh nevertalk
Halaman 1 dari 3
Quote:


Iyain aja bre, bisa nya cuman itu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
BeeGaskinz dan 4 lainnya memberi reputasi
kalau itu efektif ya laksanakan saja,

kalau itu yang terbaik kerjakan saja, segera. emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)

jangan ditunda2,

jangan cuma wacana. emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 2 lainnya memberi reputasi
REZIM SUKA2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 2 lainnya memberi reputasi
Ada yang perhatiin ga kalo si aki2 ini cuma dijadiin bahan becandaan aja
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ladies.hunter01 dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
si aki-aki ini udah mulai pikun, posisi wapres di pk nyambi jd sales kecap, cuih kii
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 4 lainnya memberi reputasi
Inilah org yg menduduki jabatan tdk sesuai kapabilitasnya,kualitasnya. Jadi nya kayak gini, gak tau mau ngomong apa karena gak punya basis, jdnya make ilmu yg dia tau. Jadi hancur negara ini klo dia jd presiden.

Wapres itu jabatan negara, bukan jabatan agama.

Kedua, bedakan pemimpin dan jabatan agama. Ulama, pendeta, itu bukan pemimpin. Jd, jelas sj dia ngak punya kemampuan memimpin. Dia hanya punya kemampuan ceramah. Ceramah dengan pidato.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 6 lainnya memberi reputasi
kalo ane sih mending bebasin aja lah, daripada ribut melulu, yang urusan ekonomi biar jalan, yang mau ibadah biar bisa ibadah, yang mau demo biar demo...

pemerintah cukup kasih petunjuk pengamanan diri aja. yaaah, resiko BUAT NEGARA DAN PEMERINTAH kan cuma pengurangan penduduk. toh bukan resiko juga, keuntungan malah.

nanti juga penyakit nya ilang sendiri, daripada pada ribut melulu gini... diatur pada gak mau, ngasih kebutuhan hidup dasar juga gak mampu....
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
Contohny gimana?
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan aloha.duarr memberi reputasi
ya beginilah pemimpin yg dihasilkan dr konsultan politik dan buzzerp
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan aloha.duarr memberi reputasi
Kesalahan wiwi milih dia buat narik suara kadrun2 emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan aloha.duarr memberi reputasi
apa lagi ini ?
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan pertotperbaik memberi reputasi
mau ngemeng apapun si engkong ini ampe berbusa, tetap aja yg kerja cuma si sri mulyani emoticon-Ngakak
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
Salam kangen dari suami nya puput
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan pertotperbaik memberi reputasi
parah juga nih wapres... kebijakan pandemi aja masih mau dibungkus agama.
yang doi lupa, bahkan di arab sono aja, rajanya sampe ngungsi gitu.

emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan greedaon memberi reputasi
Gak usah bawa2 nama Islam lah apalagi pakai faqahfiqih2 segala yang penting cari obat tersebut sampai ke negeri kafir sekalipun
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
Diubah oleh ulladott
Ni aki-aki emang gak nyadar ya jadi bahan olokan?
Statement nya gak ada yang mutu, cenderung ngawur, dan ngasal.

Mending diem, ngumpet aja di pojokan kalo gak bisa bantu ngatasin kirona.
emoticon-Cape deeehh
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan pertotperbaik memberi reputasi
Kalau bicara mengenai negara, jangan bicara mengenai agama (tertentu). Negara ini penduduknya tidak cuma terdiri dari satu agama saja.
...
Bicara saja mengenai kelogisan, ilmu pengetahuan. Orang yang tak beragama pun akan memahaminya. Tapi lucu juga kalau sampai ada orang yang mengaku beragama malah tidak memahaminya. emoticon-Big Grin
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
mending bapak jgn ngomong deh
blunder mulu yg ada
emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ladies.hunter01 dan 2 lainnya memberi reputasi
Gimana sih maksutnya ane bingung. Usulannya pak wapres gimana biar sesuai fiqh islam?
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan darmawati040 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Udah iya in aja biar cepet...


emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 3 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di