CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
DPR: Covid-19 Tak Bisa Jadi Alasan Tidak Bayar THR
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb8ced965b24d552e25cc85/dpr-covid-19-tak-bisa-jadi-alasan-tidak-bayar-thr

DPR: Covid-19 Tak Bisa Jadi Alasan Tidak Bayar THR

DPR: Covid-19 Tak Bisa Jadi Alasan Tidak Bayar THRJAKARTA, PikiranSehat.com – Anggota Komisi IX DPR, Saleh Partaonan Daulay menegaskan bahwa perusahaan wajib memberikan tunjangan hari raya (THR) kepada karyawan. Menurutnya, pandemi Covid-19 bukan menjadi alasan untuk tidak memberikan THR.

Dia menuturkan, persoalan pembayaran THR juga menjadi salah satu tema rapat komisi IX dengan Kementerian Tenaga Kerja beberapa hari lalu.

Quote:


“Di dalam rapat Menaker menyebutkan bahwa pemberian THR adalah wajib. Tidak ada pengecualian. Persoalan pandemi covid-19 tidak bisa dijadikan alasan untuk tidak membayar THR,” kata Saleh, Minggu (10/5).

Saleh menyadari bahwa tidak semua perusahaan stabil. Ada juga perusahaan yang keuangannya terganggu. Untuk kasus seperti itu, Kemenaker akan melakukan pembicaraan dan dialog. Namun, dialog tersebut bukan untuk menghindari membayar THR, tetapi mencari jalan terbaik bagi semua.

“Dalam mengantisipasi pembayaran THR, kemenaker mengakui telah melakukan dialog dengan Apindo dan para pengusaha. Juga telah melakukan pertemuan tripartit tingkat nasional. Tujuannya untuk mencari solusi terbaik bagi penyelesaian masalah pembayaran THR,” ucapnya.

Saleh menambahkan, bila perusahaan tidak mampu membayar seluruh THR sesuai ketentuan, pemerintah mendorong adanya pembicaraan antara pengusaha dan pekerja. Dalam pembicaraan itu bisa ditentukan mekanisme pambayaran THR secara cicilan. Jika langkah menyicil yang akan diambil, maka Kemenaker meminta agar keuangan tersebut diaudit untuk mengetahui kondisi keuangannya secara baik.

Saleh menuturkan, THR harus dibayar paling lambat 7 hari sebelum lebaran sesuai dengan ketentuan. Jika tidak dibayar, maka akan dikenakan denda 5 persen dari total THR yang akan dibayarkan. Di samping itu, pemerintah juga akan mengenakan sanksi administratif kepada perusahaan yang lalai membayar THR.

“Di luar masa pandemi ini, perusahaan kan banyak juga yang untung. Nah, di masa sulit seperti sekarang ini sudah sepatutnya hak-hak para pekerja ditunaikan. Tidak boleh ada yang lari dari tanggung jawab,” ucapnya.

“Kalau menurut semua penjelasan itu, tidak ada yang bisa menghindar dari pembayaran THR. Mungkin yang dipersoalkan adalah soal dialog bersama pekerja terkait THR. Menurut saya itu boleh saja. Tetapi harus dipastikan bahwa hak-hak pekerja tidak ada yang dikurangi,” tuturnya.


sourch:
https://www.pikiransehat.com/2020/05...an-tidak.html
profile-picture
profile-picture
mkho3000 dan nomorelies memberi reputasi
jangan heran kalo nanti banyak yang kabur ke LN dan ogah invest dimari emoticon-Smilie

birokrasi ribet
palakan banyak
kspi ama buruh banyak maunya
dan pemerintah yang masih menganggap perusahaan swasta ama inventor sebagai "ladang duit"


emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
junaedi1982new dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Abc..Z
thr lu enak dibayarin rakyat

rakyat yg kerja buat bayar thr lu malah ad yg ga dpt thr
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eFVZee dan 2 lainnya memberi reputasi
Usaha kagak jalan selama wabah covid.
Penjualan drop drastis bahkan banyak yang 0.

Pengusaha bayar THR pakai apaan maliih?
Pake daon?

Anggota Hewan mah enak tinggal cuap-cuap dibayarin rakyat.
emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
reid2 dan 4 lainnya memberi reputasi
yah bener sih, alasan nggak bisa bayar thr itu ya nggak ada duit. Kalaupun nanti, misalnya yaaa, ada yang bangkrut karena gak bisa bayar THR itu masalah yang berbeda.

thr buat karyawan ane rasa sebagian besar sudah ada di budget. Tinggal cash flow perusahaan memungkinkan atau tidak.

termasuk sebagian besar karyawan juga nggak mikir thr, masih gajian aja sudah bersyukur...
profile-picture
chisaa memberi reputasi
Usaha mandek emoticon-No Hope.




Mikir bayar thr lg emoticon-No Hope
Paling terdampak dan paling kasihan pengusaha sebenarnya

Terjepit dan ditekan dari mana2 dan tidak dapat bantuan apapun dari pemerintah, buruh dll (entah keringanan atau apa)

profile-picture
reid2 memberi reputasi
pernyataan tulul....khas wakil rakyat

ngomongnya asal njeplak, bergelar sarjana tapi social experience sangat kurang disertai nafsu cari muka.
ya begitulah jadinya.

emoticon-Ngakak
Baru kali ini gw sependapat ma DPR.. emoticon-Malu (S)

Emang bener kok.. covid-19 itu bukan alasan.. emoticon-Malu (S)

Alasan pengusaha ga bayar THR kan karena gada duitnya.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
junaedi1982new memberi reputasi
Sebagai pekerja di perusahaan kecil mah yang penting tetep digaji dah gak perlu THR walaupun saat ini dipotong dan hari kerja dikurangin. Tapi bersyukur dibanding tidak mempunyai pekerjaan di saat masa pandemi gini.
profile-picture
valkyr7 memberi reputasi
THR itu wajib, setiap perusahaan di awal tahun pasti udah menganggarkan budget buat THR ga ada alasan buat nunda/ga bayar/bayar setengah, ibaratkan gaji walaupun penjualan/omset jeblok tapi kewajiban perusahaan bayar gaji full tiap bulan
THR mo dibayar apa kaga itu gw ikhlasin. Yg gw gk ikhlas itu gw bayar pajak buat ngidupin parasit cem dpr & temen2nya yg gk guna kea tai kucing
profile-picture
reid2 memberi reputasi
Pengusaha juga bingung mau kasih THR dari mana? Ekonomi sedang lesu.

Pemerintah ngebantu nyuntik dana ke Pengusaha ngga?

Pemerintah nuntut-nuntut mulu
Mendingan gua PHK in aja dah


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di