CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Ini Batas Waktu Perusahaan Beri THR ke Karyawan, Molor ada Sanksi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb8c20482d4952e180119ca/ini-batas-waktu-perusahaan-beri-thr-ke-karyawan-molor-ada-sanksi

Ini Batas Waktu Perusahaan Beri THR ke Karyawan, Molor ada Sanksi


Surabaya -
Pemprov Jatim mewajibkan perusahaan memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) kepada karyawan/buruh di tengah pandemi COVID-19. Kapan batas perusahaan memberi THR?
"Dalam rangka ini, disampaikan dengan hormat untuk semua perusahaan dan pengusaha, berdasarkan surat edaran yang telah berlaku. Diharapkan untuk membayarkan THR sekurang-kurangnya H-7 Hari Raya," ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigasi (Disnakertrans) Jatim Himawan Estu di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Minggu (10/5/2020).
Himawan mengimbau semua perusahaan memiliki prinsip untuk membayar THR bagi karyawannya. Menurut Himawan, jika perusahaan memang kesulitan membayarkan THR kepada karyawan, maka perlu adanya pembicaraan lebih lanjut dengan karyawan untuk menemukan solusi terbaik.


[table][tr][td]Baca juga: Khofifah Sebut Perusahaan Wajib Keluarkan THR Idul Fitri[/td]
[/tr]
[/table]
"Itu dikarenakan supaya pola pembayaran THR dapat disepakati bersama," ujarnya.
Terkait sanksi bagi perusahaan yang terlambat membayar THR kepada pekerja/buruh akan dikenai denda sebesar 5 persen dari total THR yang harus dibayar sejak berakhirnya batas waktu kewajiban
pengusaha untuk membayar.

"Walau ada denda tersebut tidak menghilangkan kewajiban pengusaha untuk tetap membayar THR kepada pekerja/buruh. Nantinya denda dikelola dan dipergunakan untuk kesejahteraan pekerja/buruh, hal itu sudah diatur dalam peraturan," tegasnya.
[table][tr][td]Baca juga: Perajin Tahu Kediri Terdampak Wabah Corona, Ini Upaya Pemkot[/td]
[/tr]
[/table]
Untuk perusahaan/pengusaha yang tidak membayar THR kepada pekerja/buruh, lanjut Himawan, akan dikenai sanksi administratif yang diatur di dalam Pasal 8 Permenaker RI Nomer 20 Tahun 2016 tentang Tata Cara Pemberian Sanksi Administratif PP No. 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan.
"Jadi sanksi administratif untuk pengusaha yang tidak membayar THR berupa teguran tertulis, pembatasan kegiatan usaha. Sanksi administratif diberikan berdasarkan hasil pemeriksaan pengawas ketenagakerjaan yang berasal dari pengaduan atau tindak lanjut hasil pengawasan ketenagakerjaan," pungkas Himawan. 




https://news.detik.com/berita-jawa-t...m=news_mostpop

lanjutkan, perjuangan. negara sudah tidak ada uang, mulai mengungruk uang pengusahan. lebih baik PHK adalah solusi. 
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zafinsyurga dan 10 lainnya memberi reputasi
Perusahaan gak operasi gara2 psbb gimana mau bayar thr? emoticon-Traveller
profile-picture
sam86 memberi reputasi
mbuh lah
Diubah oleh leonard21
pemaksaan thr, abis itu d pecat semua,
negara lepas tangan. baca aja SE menaker soal THR semasa wabah COVID-19

emoticon-Traveller
profile-picture
sam86 memberi reputasi
omongan dr waktu k waktu berubah terus
nanti boleh nanti enggak
Yang penting kesan nya pro buruh.

PHK?
Tinggal nyalahin pengusaha nya.
emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
chisaa dan kaiserwalzer memberi reputasi
mungkin solusi terbaik phk
ini bukan rezim auto pilot lagi namanya,,,siap siap nabrak gunung
profile-picture
kaiserwalzer memberi reputasi
kalau PHK gak usah takut sanksi
profile-picture
sam86 memberi reputasi
gpp phk....yg penting thr cair
Gak semua bisa loh.
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan sam86 memberi reputasi
namanya politik, buruh minta thr tetap wajib ya dikasih...

tapi kalo ada phk dengan alasan perusahaan nggak mampu ya itu hak perusahaan juga, emang negara bisa maksa perusahaan nggak phk?

Emang bisa sita harta pemilik buat bayar pesangon? tinggal daftarin pt nya bangkrut kan beres, harta pemilik aman.

yang udah terima/atau bakal terima thr dijaga gan, mending disimpen buat dana darurat. Badai belum berlalu...
profile-picture
sam86 memberi reputasi
yang penting bisa cicil
sukur2 50% sekarang 50% desember pas cuti bersama
profile-picture
kingoftki memberi reputasi
Yg kasian usaha2 menengah
Kalo pabrik atau usaha yg omset ratusan milyar masih enak2 aja milih mau pecat atau nyicil, mereka cari karyawan baru gak susah, abis pandemi jg ngebalikin ke kondisi normal mrk lebih dr mampu

Kalo yg omset cuma ratusan juta, abis pandemi aja blm tentu bisa bounceback ke kondisi normal
Mau bertahan aja susah skg, malah dipaksa bayar thr
Mau pecat jg yg ada malah usahanya bisa tutup gak operasi sm sekali
Kok maksa.....Bagusan gua lakuin PHK.. ntar kalau Corona reda kan gua bisa rekrut karywan baru.
Lihat 1 balasan
apa yang menjadi hak pekerka sebaiknya diberikan
Lihat 4 balasan
gajian.. gajian..
di tempat ane udah fix gak turun thr, tapi di usahakan thr nya di desember nanti. gpp lah gan, walau menyedihkankan. yg penting kerjaan masih ada, gaji masih masuk tiap bulan. fasilitas dan tunjangan di kantor pada di potong semua.
Kayak berani aja ngasih Sanksi

Nutupin sementara perusahaan saja pada ngga berani
Lebih terbuka kepada karyawan kalo menurut ane, apapun masalahnya sebaiknya di bicarakan dulu dengan karyawan perusahaan 🙏


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di