CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Apa Itu Herd Immunity
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb8b3c928c99119d41f3731/apa-itu-herd-immunity

Apa Itu Herd Immunity

Apa Itu Herd Immunity

Virus corona COVID-19 setidaknya sudah menginfeksi lebih dari 300 ribu orang di dunia. Statusnya pun sudah ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai pandemi.
Meski begitu, baru-baru ini ramai soal anggapan 'Herd Immunity' bisa memperlambat pandemi corona. Apa itu herd immunity, dan benarkah bisa perlambat pandemi virus corona?

Dikutip dari Al-Jazeera pada Senin (23/3/2020) berikut penjelasannya:

Apa itu Herd Immunity?

Herd Immunity didefinisikan sebagai situasi di mana banyak orang dalam suatu populasi memiliki kekebalan terhadap penyakit. Hal ini dapat secara efektif menghentikan penyebaran penyakit tersebut.

Kekebalan orang tersebut bisa berasal dari vaksinasi, atau dari orang yang menderita penyakitnya terlebih dahulu. Mengutip Al Jazeera, dalam kasus corona bisa diartikan semakin banyak orang terinfeksi virus corona COVID-19, akan ada lebih banyak orang yang sembuh dan kemudian kebal terhadap penyakit tersebut.

"Ketika sekitar 70 persen populasi telah terinfeksi dan pulih, kemungkinan wabah penyakit menjadi jauh lebih sedikit karena kebanyakan orang resisten terhadap infeksi," kata Martin Hibberd, seorang profesor penyakit menular yang baru muncul di London School of Hygiene & Pengobatan Tropis.

"Ini disebut Herd Immunity," tambahnya.

Apakah ini akan memperlambat pandemi virus corona COVID-19?

Bukti dari wabah virus corona baru saat ini menunjukkan satu orang yang terinfeksi rata-rata menginfeksi antara dua dan tiga orang. Artinya, jika tidak ada tindakan lain yang diambil, herd immunity akan meningkat antara 50 hingga 70 persen populasi kebal.

"Tapi itu tidak harus, dan tidak akan dengan cara ini, (herd immunity)," kata Matthew Baylis, seorang profesor di Institute of Infection, Veterinary and Ecological Sciences di Liverpool University.

"Dari sudut pandang epidemiologi, triknya adalah mengurangi jumlah orang yang kontak dengan kita, sehingga kita dapat menurunkan jumlah orang yang terinfeksi, dan herd immunity dimulai lebih awal," kata Baylis.


profile-picture
profile-picture
profile-picture
999999999 dan 3 lainnya memberi reputasi
Syarat herd immunity:
60% infected (3,9 billion)

Death rate covid-19: 3% (117 million)
emoticon-Takut
profile-picture
kalkuser memberi reputasi
Ane klo jd pemerintah bakal ambil opsi ini

Pusing urusin rakyat ngeyel krn minim terpapar pendidikan, yg salah pemerintah juga sih krn sampai bisa rakyatnya lbh milih kerja di jalanan ketimbang sekola
profile-picture
kalkuser memberi reputasi
Apapun yang terjadi nantinya, semoga aja segera berlalu lah pandemi ini
profile-picture
kalkuser memberi reputasi
gak usah lah bikin2 herd immunity, pada mati yg ada
profile-picture
dewimetal memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di