CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / ... / Oriental Exotic (Asian food) /
4 Makanan Khas Turki yang Cocok untuk Berbuk Puasa
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb8acd4a7276827c600d99c/4-makanan-khas-turki-yang-cocok-untuk-berbuk-puasa

4 Makanan Khas Turki yang Cocok untuk Berbuk Puasa


4 Makanan Khas Turki yang Cocok untuk Berbuk Puasa

Setelah menahan lapar dan haus seharian saat berpuasa, waktunya untuk mengisi perut dengan sajian bernutrisi untuk mengembalikan tenaga yang hilang. Kamu bisa menemukan berbagai macam pilihan makanan khas Ramadan nan lezat untuk berbuka puasa yang sesuai dengan seleramu. Eits, tapi kali ini kami punya rekomendasi makanan khas Turki super enak yang layak banget untuk disajikan ke meja makan saat berbuka puasa nanti. Yuk disimak!

1. Baklava

4 Makanan Khas Turki yang Cocok untuk Berbuk Puasa

Sumber: cookpad.com

Salah satu penganan manis khas Turki yang wajib dicicipi adalah baklava. Bagian luar yang renyah karena lapisan adonan tipis yang bertumpuk-tumpuk. Di bagian dalamnya temukan gurihnya potongan kacang pistachio atau almond. Wangi butter biasanya tercium dan rasa manis dari madu membuat lidah orang langsung berdecak nikmat. Kue ini telah ratusan tahun menjadi bagian dari camilan Turki. Dengan mudah juga bisa ditemukan di berbagai pelosok Turki. Namun, menurut theinsideristanbul.com, yang menjadi asal dari kue ini adalah dapur suku-suku Turki bagian tengah.

Saking digandrungi, baklava pun disajikan oleh koki di Topkafi Palace dan tentunya disuguhkan meja-meja Kekaisaran Ottoman. Hingga pada akhir abad 19, baklava pun yang disukai semua orang di negeri ini pun ditawarkan di berbagai gerai di Istanbul dan kota-kota lain. Uniknya, baklava populer di meja-meja para keluarga kaya di Turki, termasuk juga kalangan kesultanan karena dinilai merupakan aphrodisiac atau sajian pendongkrak libido. Karena kue ini menggunakan bahan madu dengan kacang pistachio. 

2. Borek 

4 Makanan Khas Turki yang Cocok untuk Berbuk Puasa

Sumber: cookpad.com

Berikutnya ada makanan khas Turki yang cukup populer dan terkenal karena kelezatannya baik oleh masyarakat lokal maupun para wisatawan yang datang berkunjung. Sekilas tampilan borek tampak sangat mirip dengan baklava. Hanya saja bila baklava berisi kacang serta mempunyai rasa yang manis, borek ini berisi keju, daging cincang, serta sayuran berupa bayam atau kentang.

Beragam bahan itu membuat borek mempunyai rasa yang gurih. Meskipun penampilannya hampir sama, cara membuat borek berbeda dari baklava. Borek umumnya dipanggang langsung atau direbus terlebih dulu sebelum dipanggang. Selain itu, kamu dapat juga memilih borek kering gurih atau borek basah yang empuk serta lumer di dalam mulut. Sebelum dihidangkan, bagian atas borek juga ditaburi dengan wijen hitam.



3. Dolma

4 Makanan Khas Turki yang Cocok untuk Berbuk Puasa

Sumber: cookpad.com

Kamu suka memanjakan lidah dengan berbagai makanan unik dan lezat dari berbagai negara? Kalau begitu makanan khas Turki yang berikut ini gak boleh sampai terlewat untuk masuk ke piring makan kamu nih. Penampilannya sedikit menyerupai lemper khas Indonesia. Akan tetapi, bila lemper dibungkus dengan daun pisang, maka daun sebagai pembungkus makanan ini dapat dimakan. Nama kuliner khas Turki ini yaitu dolma. Sayuran yang umum dipakai untuk membuat dolma ini yaitu terong, paprika, tomat, kol serta daun anggur. Isi dari dolma ini yaitu nasi serta daging yang dicincang. Lalu, dolma akan di kukus sampai matang sebelum dihidangkan. Dolma bakal jadi menu yang cocok untuk mengisi perutmu setelah berpuasa seharian nih. 

4. Kofte

4 Makanan Khas Turki yang Cocok untuk Berbuk Puasa

Sumber: cookpad.com

Kofte merupakan makanan khas Turki yang berbahan dasar daging sapi atau bisa juga menggunakan kambing dan ayam ini sekilas terlihat seperti daging steak namun dipotong atau dicincang dengan ukuran yang lebih kecil lalu dibentuk seperti sate buntel khas Jogjakarta, burger atau bola. Penyajian kofte biasa dilakukan bersama saus dip yang juga berasal dari Turki. Diolah dengan cara digiling bersama ragam bumbu khas membuat Kofte memiliki rasa gurih yang lezat. Umumnya, kuliner khas Turki ini disajikan bersama salad segar, sepiring nasi hangat, dan juga siraman saus yang menambah kelezatan sajian unik ini. 





GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di