CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Photography /
Jangan Asal Beli Kamera Mirrorless! Kamu Harus Ikuti Tips Ini!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb8aa5ef4d69572963916a8/jangan-asal-beli-kamera-mirrorless-kamu-harus-ikuti-tips-ini

Jangan Asal Beli Kamera Mirrorless! Kamu Harus Ikuti Tips Ini!


Jangan Asal Beli Kamera Mirrorless! Kamu Harus Ikuti Tips Ini!

Dunia fotografi semakin hari memang kian berkembang. Hal ini ditandainya dengan banyaknya perkembangan jenis kamera, seperti kamera mirrorless. Kamera ini bahkan kerap menciptakan tren bagi pecinta fotografi. Hal yang membuatnya jadi pilihan karena bentuknya yang lebih simpel dan punya bobot lebih ringan dari kamera DSLR rupanya menjadi daya tarik tersendiri.

Kamera mirrorless ini menjadi alternatif bagi para fotografer ataupun kamu yang gemar foto yang tidak ingin merasa repot saat dibawa terlebih kualitas fotonya juga sudah mampu menyaingin DSLR. Apabila kamu juga memiliki ketertarikan untuk memiliki kamera ini, berikut tips-tips yang harus kamu perhatikan sebelum membeli.

1. Sesuaikan dengan kebutuhan pribadi

Jangan Asal Beli Kamera Mirrorless! Kamu Harus Ikuti Tips Ini!

Kamera mirrorless. (Sumber: Sony)

Setiap ingin membeli suatu barang, ada baiknya bagimu untuk mempertinbangkannya terlebih dulu, apa barang tersebut untuk kebutuhanmu atau tidak. Hal ini juga diperlukan saat membeli kamera mirrorless. Ada baiknya untuk memikirkan atau mempertimbangkan lebih dulu tujuan memiliki kamera tersebut.

Jika kamu hanya ingin mengabadikan foto untuk koleksi pribadi, rasanya kamu tidak terlalu perlu untuk memiliki kamera mirrorless dengan spesifikasi yang terlalu tinggi. Namun, jika mungkin kamu akan menggunakannya untuk keperluan bisnis, dan membutuhkan kamera mirrorless agar hasil foto bagus dan menarik, kamu bisa mempertimbangkan untuk membelinya.

2. Sesuaikan harga kamera dengan budget

Jangan Asal Beli Kamera Mirrorless! Kamu Harus Ikuti Tips Ini!

Kamera mirrorless. (Sumber: shutterstock)

Setelah mempertimbangkan kepemilikan kamera mirrorless dengan kebutuhanmu, kamu juga tetap harus mempertimbangkan harga kamera dengan budget yang kamu miliki, usahakan jangan sampai melebihi budget yang sudah kamu rencanakan.

Kamera mirrorless memang menawarkan berbagai variasi mulai dari harga, fitur ataupun desain yang tentunya akan disesuaikan dengan keadaan keuangan dan kebutuhanmu. Perlu diingat, mirrorless bagus tidak melulu harus yang harga mahal. Senahal apa pun kamera mirrorless, akan terasa sia-sia kalau kamu sendiri belum mahir menggunakannya.

3. Pertimbangkan fitur kamera agar tak salah pilih
Jangan Asal Beli Kamera Mirrorless! Kamu Harus Ikuti Tips Ini!
Kamera mirrorless. (Sumber: i.ytimg.com)

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kamera tentu menawarkan berbagai fitur yang menarik yang juga memengaruhi harga kamera. Beberapa fitur yang wajib dimiliki kamera mirrorless di antaranya yaitu, sensor kamera minimal 4/3, kemampuan shutter speed 30 detik ke atas, autofokus yang cepat, ISO yang besar, serta fitur burst untuk objek yang bergerak sangat cepat.
Tak hanya itu, beberapa kamera mirrorless bahkan juga menghadirkan fitur tambahan lain  misalnya WiFi, Bluetooth, GPS, dan touch screen. Fitur-fitur tersebut menjadi perhatian dan menarik bagimu yang ingin memperkaya eksplorasi.
4. Perhatikan sensor pada kamera
Jangan Asal Beli Kamera Mirrorless! Kamu Harus Ikuti Tips Ini!
Kamera mirrorless. (Sumber: shutterstock)

Salah satu hal yang harus kamu perhatikan saat memiliki kamera adalah sensor yang ada dalam kamera. Kamu harus memastikan kamera mirrorless yang kamu pilih memiliki sensor yang baik, seperti APS-C. Tak hanya itu, ada jenis sensor lain yakni CMOS, Full-frame, serta Medium Format yang bisa kamu pilih.
APS-C dan CMOS umumnya merupakan sensor yang banyak digunakan oleh produsen kamera. Apabila kamu menginginkan untuk mengambil foto atau video hanya sebatas dokumentasi, maka sensor APS-C atau CMOS sudah sangat cukup. Kamu harus mempertimbangkan sensor kamera ini karena semakin canggih sensor yang dimiliki suatu kamera, maka semakin mahal pula harganya.
5. Ketersediaan lensa kamera yang sesuai

Jangan Asal Beli Kamera Mirrorless! Kamu Harus Ikuti Tips Ini!
Kamera mirrorless. (Sumber: ANTARA/Dhemas Reviyanto)

Hal lain yang harus kamu perhatikan sebelum membeli kamera mirrorless adalah ketersediaan lensanya. Biasanya saat ingin membeli, kamu akan dihadapkan dengan pilihan kamera yang body only atau yang sudah dilengkapi dengan lensa kit atau lensa bawaan.
Kamera mirrorless ini sama seperti kamera DSLR yang memungkinkan untukmu mengganti lensa yang sesuai dengan kebutuhanmu. Bagi kamu yang masih pemula, pilihan lensa kit atau lensa bawaan pun biasanya sudah cukup untuk memenuhi kebutuhanmu.

Baca Artikel Menarik Lainnya
4 Rekomendasi Action Cam Murah Terbaik yang Gak Bikin Kantong Jebol




GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di