CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
KAI Akan Kembali Mengoperasikan Layanan Perjalanan Kereta Api Jarak Jauh
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb8a6e6a727680fc71e03af/kai-akan-kembali-mengoperasikan-layanan-perjalanan-kereta-api-jarak-jauh

KAI Akan Kembali Mengoperasikan Layanan Perjalanan Kereta Api Jarak Jauh

KAI Akan Kembali Mengoperasikan Layanan Perjalanan Kereta Api Jarak Jauh

Mulai 12 Mei besok, KAI Akan Kembali Mengoperasikan Layanan Perjalanan Kereta Api Jarak Jauh

JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan mengoperasikan layanan perjalanan Kereta Api Luar Biasa (KLB) pada 12 Mei hingga 31 Mei 2020.

VP Public Relations KAI, Joni Martinus, mengatakan bahwa terdapat enam layanan KLB dalam pengoperasiannya, dan kereta ini hanya untuk masyarakat yang dikecualikan sesuai aturan dan kebijakan dari pemerintah.

"Dalam pengoperasian kereta ini tentunya, akan menerapkan protokol kesehatan pencegahan virus corona atau Covid-19 yang ketat," ucap Joni dalam keterangannya, Senin (11/4/2020).

Ia juga menambahkan, pengoperasian KLB ini menyesuaikan dengan terbitnya Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nomor 4 Tahun 2020 tanggal 6 Mei 2020, tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19.

"Sesuai Surat Edaran Gugus Tugas Covid-19 masyarakat yang diperbolehkan menggunakan KLB merupakan pekerja di pelayanan penanganan Covid-19, pertahanan dan keamanan, kesehatan, kebutuhan dasar, fungsi ekonomi penting," ujar Joni.

"Selain itu diperbolehkan juga untuk perjalanan darurat pasien, atau orang yang memiliki keluarga inti mengalami sakit keras atau meninggal serta repatriasi," lanjutnya.

Adapun 3 rute yang dilayani adalah:

1. Gambir - Surabaya Pasarturi (Lintas Utara)

• Dengan rangkaian 4 Kereta Eksekutif dan 4 Kereta Ekonomi.
• Kapasitas yang dijual yaitu 264 tempat duduk, yang merupakan 50 persen dari total tempat duduk yang tersedia.
• Stasiun naik atau turun penumpang yaitu di Gambir, Cirebon, Semarang Tawang, Surabaya Pasarturi.
• Tarif jarak terjauh: eksekutif Rp750.000 dan ekonomi Rp400.000

2. Gambir - Surabaya Pasarturi (Lintas Selatan)

• Dengan angkaian 4 Kereta Eksekutif dan 4 Kereta Ekonomi.
• Kapasitas yang dijual yaitu 264 tempat duduk, yang merupakan 50 persen dari total tempat duduk yang tersedia.
• Stasiun naik dan turun penumpang di stasiun Gambir, Yogyakarta, Solo Balapan, Surabaya Pasarturi.
• Tarif jarak terjauh untuk eksekutif Rp 750.000 dan ekonomi Rp 450.000

3. Bandung - Surabaya Pasarturi

• Dengan angkaian 4 Kereta Eksekutif dan 4 Kereta Ekonomi.
• Kapasitas yang dijual yaitu 198 tempat duduk, yang merupakan 50 persen dari total tempat duduk yang tersedia.
• Stasiun naik dan turun penumpang di stasiun Bandung, Yogyakarta, Madiun, Surabaya Pasarturi.
• Tarif jarak terjauh untuk eksekutif Rp 630.000 dan ekonomi Rp 440.000

"Tiket akan mulai dijual mulai Senin 11 Mei 2020 di loket stasiun keberangkatan penumpang, dan dan dapat dilakukan mulai H-7 keberangkatan," ucap Joni.

Joni menjelaskan, untuk dapat membeli tiket tersebut, calon penumpang diharuskan melengkapi persyaratan sesuai Surat Edaran Gugus Tugas Covid-19.

"Persyaratan tersebut di antaranya menunjukkan surat hasil tes negatif Covid-19, surat tugas dari perusahaan, kartu identitas atau tanda pengenal lainnya yang sah, serta dokumen pendukung lainnya sesuai peraturan," kata Joni.

Selain itu Joni menyebutkan, setelah melengkapi syarat yang harus dipenuhi calon penumpang diharuskan melapor ke posko Gugus Tugas Covid-19, yang ada di stasiun untuk menyerahkan berkas persyaratan.

Setelah berkas yang diserahkan terverifikasi, lanjut Joni, calon penumpang akan mendapatkan surat izin dari Satgas Covid-19 dua rangkap.

"Lembar pertama diberikan ke petugas loket saat akan membeli tiket, dan lembar kedua ditunjukkan kepada petugas pada saat boarding. Surat Izin tersebut berlaku hanya untuk satu kali perjalanan," ujar Joni.

Selain itu Joni juga mengungkapkan, bahwa setiap penumpang yang akan menggunakan KLB tersebut diharuskan untuk menggunakan masker, bersuhu tubuh di bawah 38 derajat Celsius, membawa tiket, identitas asli, serta Surat Izin dari Satgas Covid-19.

Penumpang yang akan berangkat namun tidak memenuhi persyaratan tersebut, dilarang naik kereta api dan tiket akan dikembalikan 100 persern,” kata Joni.

Joni juga menambahkan, jadwal perjalanan KLB juga sudah disesuaikan dengan jadwal pembatasan transportasi umum pada setiap daerah yang menerapkan Pembatasan Sosial berskala Besar (PSBB).

Sumber: Tribunnews
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zafinsyurga dan 10 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
jadi PSBB ini masih ada apa ngga sih ? kok malah nyediain lagi seat kereta jarak jauh

yg ga kuat PSBB itu masyarakat apa pemerintah jadinya? emoticon-Ngakak
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
Psbb aja gagal gaya bil dgn protokol2 segala ,ngomong doank gampang protokol2 kesehatan di lapangan jalan ga ,ada 1 lolos bs infeksi semua org dlm gerbong kereta
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
KAI Akan Kembali Mengoperasikan Layanan Perjalanan Kereta Api Jarak Jauh
KAI Akan Kembali Mengoperasikan Layanan Perjalanan Kereta Api Jarak Jauh
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
mencla mencle copras capres
govlok ini, orang bisa diem2 mudik. disini ketat, disini longgar
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
odob,

kereta terbatas, tempat duduk 50% tapi pasang harga normal emoticon-Cape d... (S)

harusnya pake tarif maksimal lebaran terbaru, atau lebih mahal lagi, secara yang pergi makhluk2 khusus selain orang2 medis emoticon-Nohope
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kingoftki dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh galuhsuda
Katanya ga boleh mudik ??
Harga segitu mah ludeslah
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
Pulang ke daerah asal masing2.
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
gimana si? katanya ga boleh mudik tapi malah KAI beroperasiemoticon-Cape deeehh
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
Layanan Kereta Api jarah jauh dibuka kembali itu masuk kategori "Perang Melawan Virus" atau "Hidup Berdamai dengan Virus" .. emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin

Kok lucu sekali ini srii.. emoticon-Ngakak (S)

Jadi sebenarnya kita harus perang melawan virus atau berdamai dengan virus.. emoticon-Ngakak (S)

Bukankah KA dibuka kembali, maka masyarakat pasti langsung mudik/ pulang kampung ya pakai Kereta.. emoticon-Big Grin

PSBB, social distancing & physical distancing jd tidak berlaku lagi kalau begitu.. emoticon-Ngakak (S)

Gimana sih ini.. emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
Kalo gak punya syarat-syarat itu tetep gabisa beli tiket kan?

Gimana kalo ada calo super di orang dalem? emoticon-Hammer2
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
Plongo mencla planga mencle emoticon-Leh Uga
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
Bagusnya mah ditutup aja kereta api, ga repot pake surat tugas segala. Buat apa ngerepotin lagi dgn pemeriksaan hal macam ini?
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
kemaren bilang begini
sekarang bilang begitu
besok bilang begita
lusa bilang beginu

emoticon-Entahlah
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan galuhsuda memberi reputasi
jadi relaksasi PSBB ? surabaya masih akan PSBB sampai akhir mei lho..
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
dilarang mudik, tetapi transport antar kota dibuka. mantap lanjutkan. bilang aja ga boleh mudik pakai motor. karena negara lagi butuh uang.
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
Baguslah
Biar cepat tercapai herd immunitynya
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
Protokol kesehatannya gimana? Satu kursi buat satu orang?
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
mending jgn dulu deh ..
buat apa coba
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
klo gitu gw besok bikin surat suratnya skalian buat anak bini sma bokap nyokap..syaratnya itu kan?
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di