CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kementerian Luar Negeri Diserang Tentara Hackers China
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb873644601cf161107a301/kementerian-luar-negeri-diserang-tentara-hackers-china

Kementerian Luar Negeri Diserang Tentara Hackers China

Kementerian Luar Negeri Diserang Tentara Hackers China

Kementerian urusan Luar Negeri serta Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, menjadi salah satu target peretasan sebuah kelompok hackers. Sejumlah negara lain di wilayah Asia Pasifik, juga jadi korban.

Dikutip dari laman Bleeping Computer, Sabtu, 9 Mei 2020, ancaman itu datang dari kelompok hacker yang sudah menjalankan kampanye spionase sejak 2010, dan telah beroperasi secara diam-diam selama lima tahun terakhir.

Aktor di belakangnya adalah grup bernama Naikon APT, yang dokumentasinya sudah keluar pertama kali pada tahun 2015, dan beberapa alatnya seperti Rarstone telah terdeteksi serta dianalisa sebelumnya.

Mereka mengirimkan backdoor baru yang disebut Aria-body, dan menggunakan infrastruktur korban untuk melakukan serangan terhadap target lainnya. Beberapa varian malware telah ditemukan, salah satunya dikirim ke pemerintah Australia melalui email berbahaya.

Dalam sebuah laporan pada September 2015, asosiasi Threat Connect and Defense Group menemukan jejak kelompok itu mengarah ke Unit Angkatan Darat 78020, yakni kelompok tentara rahasia asal China, dan mengekspos salah satunya anggotanya.

Naikon lalu menghilang setelah itu, namun kembali ditemukan oleh peneliti keamanan Check Point. Perusahaan tersebut menjelaskan, bahwa Naikon terus beroperasi menggunakan taktik, teknik dan prosedur yang membuat tetap tidak terlihat.
Selain Indonesia, pemerintah lain yang jadi target adalah Australia, Fillipina, Vietnam, Thailand, Myanmar, dan Brunei. Selain itu, perusahaan milik pemerintah juga masuk dalam calon korban.

Peneliti Check Point mengatakan, jika Aria-body telah dikirim ke pemerintah Australia lewat email dari kedutaan besar di wilayah Asia Pasifik. Pengirim kemungkinan telah diretas, untuk mengeksploitasi hubungan dengan target.

sumur

sasarannya ASEAN dan Australia, terkait LCS? korona?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zafinsyurga dan 21 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh KS06
Halaman 1 dari 2
karena selain Kemlu, LIPI juga jadi sasaran jadi kemungkinannya 3.

1. menlen mengincar informasi terkait pengembangan obat korona oleh LIPI dan diplomasi kemlu terkait korona, apakah ngikut us yg blaming menlen atau masih netral

2. terkait LCS, menlen ingin tahu sejauh mana pemerintah indonesia mengamatinya karena LIPI juga punya satelit, mungkin menlen curiga satelit LIPI difungsikan juga oleh TNI. dan sejauh mana upaya diplomasi kemlu untuk melawan menlen di LCS

3. terkait satelit LIPI yg meledak karena dilincurkan oleh menlen. mereka ingin tahu langkah yang akan kita ambil untuk terkati hal itu

tapi yg jelas ini negara cupu, ngehack aja sampe ketahuan sama organisasi swasta emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
betadine dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kudo212


di sini tentara cyber pkc berwujud nastaik, kerjaan banyakin postingan sampah di kakus

gak punya skill cuma butuh banyak waktu luang (nganggur)


emoticon-Leh Uga
emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Proloque dan 9 lainnya memberi reputasi
data dicuri ,kerjaan dicuri,ikan dicuri,tapo masih banyak pemujanya di indonesia
jadi penasaran jangan2 yang muja wna asal cina
profile-picture
profile-picture
profile-picture
checkedusername dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Naikon fokusnya ke ASEAN gan..

Kaspersky sudah jabarin kok sejak 2015
Kementerian Luar Negeri Diserang Tentara Hackers China

Trojannya yang terkenal "Aria-body RAT"

https://securelist.com/the-naikon-apt/69953/
https://research.checkpoint.com/2020...nage-reloaded/

Pertahanan terbaik selain menyerang adalah intelijen (garda pertama pertahanan ya intelijen)
Salah satu fungsi intelijen adalah mata dan telinga (ada 6 kalau ga salah).
tugas intelijen meniadakan ancaman
tugas polisi mempidanakan ancaman

bentuk intelijen ya itu retas(hacking) dan mata-mata(spying).

emoticon-Nyepi

Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indra.69 dan 10 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh mows
disini kan ada mca
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
Malah bikin jelek nama cinak ni hacker satu emoticon-Big Grin
profile-picture
mows memberi reputasi
Lihat 2 balasan
masih mantau gan, yang jelas negara cupu indon gak akan berani perang terbuka satu lawan satu dengan rrc, paling banter ya ikut aliansinya US atau netral, tapi dari pemerintahnya pro rrc gak mungkin teman makan teman
Diubah oleh jeffm12
Udah gak heran emoticon-Traveller
Kalo pada main Game Aja, Rata2 pake Cheat emoticon-Traveller
profile-picture
kudo212 memberi reputasi
Lagi lagi ulah Pemakan emoticon-babi
Aria body, rarstone... Video game apa ini?
profile-picture
mows memberi reputasi
kalo udah gini masih pro sama kungfu panda
Yaelah tinggal panggil programer,
dua minggu selesai.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
altara96 dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kampung.kampung
Lihat 1 balasan
Maling, nipu dan nyampah keseluruhan Dunia kerjaannya mengleng
dari tahun 2015

sudah pasti terkait LCS
profile-picture
kudo212 memberi reputasi
Diubah oleh neptunium
Reformasi militer yang terjadi di China memang luar biasa, banyak perubahan, wajar demi melindungi kepentingan nasional juga mengingat negara besar, ekonomi terkuat. Jaman semakin maju, ancaman pertahanan sebuah negara ada banyak, bisa militer, hibrida dan cyber. Dan negara² besar punya komcad, sementara di Indonesia ngak punya, nah prabowo sedang mengusulkan adanya komcad.
profile-picture
sehau76 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Quote:


tanah leluhur mereka adalah cina.. misi mereka selama puluhan taon disini adalah menunggu saat yg tepat buat menyebarkan corona..
profile-picture
kudo212 memberi reputasi
CHINA DI SINI PUN YG KATANYA NKRI, PANCASILAIS, TELORASIN PUN KALO DARI KOMANDO MENGLENNYA NYURUH INI ITU PASTI DIBELA LAHH
LIAT AJA GIMANA SELAMA INI
CHINA AMPE DIRUBAH JADI TIONGKOK SEGALA
DIBILANG RASIS LAHH APALAH KAYA DIISTIMEWAIN BGT GA KAYA JAWA, MINANG, PAPUA YG GA BAKAL DIANGGAP RASIS
PEMAKAN BABI INI EMANG SESUATU LAHHH emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
kudo212 dan altara96 memberi reputasi
kampret,licik bener ganemoticon-Marah
profile-picture
profile-picture
alifiabm dan isallcoholics memberi reputasi
Diubah oleh bagascaktirp
instal ulang ajah emoticon-Hammer2
Babi biadab.
Nyebarin virus di dunia nyata
Sekarang nyebarin virus di dunia maya.

Harus segera di genosida emoticon-Smilie
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di