CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Education /
7 Alasan Kenapa Banyak Sarjana Masih Menganggur
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb80c3de83c72222c6f93b1/7-alasan-kenapa-banyak-sarjana-masih-menganggur

7 Alasan Kenapa Banyak Sarjana Masih Menganggur

7 Alasan Kenapa Banyak Sarjana Masih Menganggur
Ilustrasi Gambar

Hallo AganSista, kembali lagi bersama ane Ramonesh.
Thread ane kali ini mau mambahas soal makin besar nya angka penganguran di Negeri tercinta ini.


Quote:



Wow, Angka yang fantastis gan dari potongan berita di Atas. bahwa ada sekitar 8,8 % dari 7 juta penganguran di Indonesia adalah Sarjana berarti angkanya kurang lebih 630.000 Orang Sarjana masih menganggur.

Lantas apakah ini semua salah Pemerintah ?

Atau memang sebenarnya ada di diri kita sendiri kenapa sampai saat ini kita masih sulit mendapatkan Pekerjaan ?

Nah ini ane mau membahas perihal persoalan yang klasik ini gan menurut pandangan ane sendiri yang ane dapatkan dari cerita teman-teman ane yang bekerja sebagai HR dan juga dari beberapa teman ane yang memang masih menganggur saat ini.

Ok. gan

Tentunya Ekspetasi Orang Tua kita adalah jika anaknya lulus Kuliah otomatis pasti dapat pekerjaan dan apalagi kalo anaknya Pintar dan mendapatkan nilai yang memuaskan, pasti yang namanya orang tua sudah gembar-gembor kesana-kemari ke tetangga, saudara dan semua nya kalo anaknya lulus kuliah dan mendapatkan nilai terbaik. namun alangkah runtuh nya hati orang tua melihat setelah prosesi lulus selesai bulan demi bulan anaknya masih saja di rumah alias masih belum mendapatkan pekerjaan. yah tentunya suara bising Saudara, Tetangga sudah mulai berada di telinga orang tua dan kita menjadi tertekan oleh nya. yah ane pun merasakan hal yang sama.

Mungkin jika tau setelah lulus kuliah lebih menyeramkan di bandingkan membuat Skripsi ane lebih memilih untuk tetap dalam fase menulis skripsi / tugas akhir ketimbang fase dalam pencarian kerja.

Singkat cerita Alhamdulillah Ane cuman nganggur 2 bulan dari ane Wisuda gan, dari 20 lamaran yang ane kirim hanya 4 yang memanggil ane. bersyukur ane lulus dengan nilai yang tidak terlalu bagus dan tidak terlalu jelek juga, jadi ane dulu pas ngelamar kerja punya prinsip yang penting ane di terima kerja dan ane tidak pernah mempersoalkan gaji ane. tujuan ane hanya satu, dapat status Kerja bukan Gaji, karena Gaji saat itu belum menjadi tujuan pertama ane.

Singkat cerita ane diterima kerja, dan teman-teman ane saat itu hanya tertawa karena melihat gaji ane yang hanya 1.5 juta saat itu. saat itu ane di terima sebagai Staff IT. waktu terus berjalan dan tidak terasa sudah 1 tahun ane bekerja dan ane diangkat menjadi pegawai tetap. ini adalah momen terbaik dalam hidup ane dimana saat itu sulitnya mencari pekerjaan. yang unik lagi banyak teman ane yang justru masih belum bekerja.

Padahal secara keilmuan teman ane lebih baik dari ane. namun ternyata teman ane punya prinsip.  "Ane Lulus terbaik, jadi ane harus dapat kantor terbaik minimal BUMN, atau dengan Gaji 5 juta"  (thn 2011)   ane pun terdiam.  padahal saat itu ane mau memberikan informasi lowongan kepadanya. jadi minder duluan ane denger kata-kata itu.

Ane pun berfikir, lowongan kerja itu ada banyak setiap hari nya tapi kenapa juga masih banyak penganguran, lantas apa yang salah ?  okelah untuk jadi pengusaha masih sangat Tabu di Negeri tercinta ini karena ane yakin orang tua kita masih lebih suka anaknya jadi PNS atau bekerja di perusahaan / Bank ketimbang menjadi seorang pengusaha.

Ane pun menyimpulkan ada 7 Alasan kenapa Sarjana yang baru lulus sulit mendapatkan pekerjaan.


Quote:



Jadi bagi ane Stop menyalahkan Pemerintah, karena kerja itu bukan butuh Ijazah saja tapi Skill, gimana punya Skill dan pengalaman kalo belum kerja ? nah Hak kita memang untuk memilih sebuah pekerjaan, tapi bagaikan jodoh kalo milih-milih terus terlalu lama kapan nikahnya ?  begitupun pekerjaan, kalo milih-milih terus kapan kerjanya, dan umur kita kan terus bertambah yang ada makin umur saingan makin banyak. 

Jadi  untuk para agansista yang baru lulus kuliah, jangan berharap mendapatkan gaji besar tapi cari lah ilmu dahulu, ane yakin gaji akan menyesuaikan pengalaman agan sista bukan dari nilai IPK.

Mungkin itu 7 Alasan mengapa banyak Sarjana yang sulit mencari pekerjaan, jika agan merasa Thread ane bermanfaat ane hanya minta agan sista lemparin Cendol ke Thread ane ini emoticon-Cendol Gan sebagai bentuk kebaikan agan sista pada ane, namun jika agansista punya pendapat lain dari 7 poin diatas bisa di sampaikan di kolom komentas yang sudah di sediakan oleh kaskus emoticon-Coolemoticon-Peace

Terima Kasih
--Ramonesh--
profile-picture
profile-picture
profile-picture
imogenist dan 184 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 10
fresh graduate skill kerja nol minta gaji gede ??? emoticon-Bingung (S)
kelamaan nganggur ujungnya jadi ojol
emoticon-Shutup
profile-picture
profile-picture
profile-picture
britcheese dan 27 lainnya memberi reputasi
Lihat 12 balasan
Yang dibutuhkan perusahaan bukan pendidikan tinggi, tapi yang nurut dan tidak susah diatur. Nah, yang begitu biasanya belum sarjana. emoticon-Malu (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
britcheese dan 20 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
yang loss sih di ane poin yg terakhir gan..
tapi begimanapun.. any case's ane pelajarin gimana solve nya
yg penting 1. mau belajar dan mengembangkan diri lebih baik lagi.. dan jangan lupa cari keberuntungan..

insya alloh.. gaji bakal ngikutin kite.. aminn...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
britcheese dan 14 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh akhromv3
Lihat 1 balasan
yg penting siapa orang dalemnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ari.elsa20 dan 19 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
karena rata2 sarjana di didik untuk menjadi karyawan, bukan untuk membuat lapangan perkerjaan atau usaha mandiri
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aveflavigne dan 18 lainnya memberi reputasi
Lihat 10 balasan
hmm kalo menurut ane sih pada kebanyakan masih idealis, kerja harus di perusahaan apa, gaji minimal berapa, ada fasilitas apa di kantornya, ada tunjangan apa aja, dll lah.. yah begini yg bikin lama dapet kerjaan.. masih fresh graduate tapi pengennya udh kyk manager, kelamaan nyari yg sesuai kemauan dah.. ane soalnya begitu jg, 6 bulan nganggur karena masih idealis, akhirnya berdamai dgn diri sendiri dan ikutan outsourcing.. ya syukur2 sih setelah 2 tahun kurang skrg udh jd kartep dgn gaji yg ane pengen pas awal lulus.
terus jadi kepikiran jg nih, pas awal lulus emang ane bisa apaan minta gaji segitu yak emoticon-Hammer (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aellous dan 21 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Sarjananya juga terlalu banyak sedangkan lapangan kerja yang diinginkan itu terlalu sempit, ga kebayang abis pandemi ini bakalan gimana pengangguran
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aveflavigne dan 13 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Jangankan sarjana yang lulusan sma smk pun banyak yang nganggur trus kerjanya milih milih gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aveflavigne dan 11 lainnya memberi reputasi
Attitude yang paling gawat dari observasi ane selama ini.
Dikasih santai sedikit malah hilang blas tata kramanya. emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aveflavigne dan 15 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
supply and demand sih gan, sekarang tamatan s1 bejibun, udah gak kehitung, kalo ane istilahin S1 itu dah masuk ke fase "inflasi pendidikan" emoticon-Ngakak dlu taun 2000an, mau dapet gaji yahud tamatan SMA udah bisa dapet, apalagi S1, Tapi sekarang?? S1 Mau dapet umr aja dah ngos2an, apalagi SMA lebih babak belur, intinya ente harus bisa mempertanggungjawabkan apa yg ente lakuin di kampus dihadapan HRD, kalo ente dapet ipk 3.999 ya ente harus bisa ngebuktiin kalo ente emang pinter, jangan sampek ipk 3.9999 sumakumlaut tapi ditanya bedanya profit ama omzet kagak ngarti sama kayak temen aneemoticon-Ngakak mungkin ada yg ngebaca komeng ane masih kuliah, ane saranin perbanyak pengalaman kerja itu lebih penting, biasakan sopan santun, dan yg utama ilmu yg ente dapetin diperkuliahan itu cmn 30% yg bisa diapply di dunia kerja sisanya lu cari sendiri. Oke brayemoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aveflavigne dan 18 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Kebanyakan univ abal2 juga
Gatau gimana dasarnya kementrian pendidikan ngasih ijin menyelanggarakan pendidikan formal, tp gampang bgt nemuin kampus yg walau mahasiswanya gak masuk setaun, asal sidang skripsi dateng aja bisa lulus
Mau ketauan itu skripsi kagak bikin sendiri jg masih dilulusin malah bisa dapet A

Yg kayak gini bikin datanya gak akurat jg sebenernya, mahasiswa begitu masa mau dibilang 'sarjana' sih?

Gampangnya lagi liat aja di job fair, itu formulir aplikasi kalo lampiran ijazahnya bkn ptn/kampus top uda auto kena sortir
Ya gara2 banyak kampus abal2 itu tadi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aveflavigne dan 15 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
lapangan kerja juga belum sebanyak jumlah lulusan sarjana
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ramonesh dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
masalah utamanya di gengsi sarjananya sih gan kalo menurut ane. Terlalu milih" pekerjaan. Kalau ga dapat perusahaan yg ga populer biasanya pada nolak. Padahal banyak lho perusahaan yg ga populer nawarin gaji gedhe. emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ramonesh dan 17 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Terlalu milih-milih kerja juga termasuk gan emoticon-cystg
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aveflavigne dan 8 lainnya memberi reputasi
Lu harus tau macam macam krisis, krisis global, krisis lokal, sektoral, krisis keluarga, sama krisis diri sendiri.

Kalo udah yakin paham bisa sukses, soalnya waktu enggak bakal bisa dibeli.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dr.devils dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
bener sih, dan gak imbang juga sebenernya antara sarjana dan lowongan kerja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aveflavigne dan 9 lainnya memberi reputasi
semoga semua pengangguran yg udah berusaha segera mendapat hasilnya yaa, dont give up guys
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aveflavigne dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
kadang idealisme juga jadi penghambat hehe intinya si kalau udah kepentok butuh apa aja bakal dilakuin si
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aveflavigne dan 12 lainnya memberi reputasi
kalah saingan ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 7 lainnya memberi reputasi
sebagus apapun kamu dalam bekerja kamu selalu bisa dapat digantikan orang lain, pepatah barat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ramonesh dan 12 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Halaman 1 dari 10


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di