CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Kekoreaan /
Kata IU Tentang Kolaborasinya dengan Suga 'BTS' di Lagu 'eight'
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb7b9ed7414f548193219db/kata-iu-tentang-kolaborasinya-dengan-suga-bts-di-lagu-eight

Kata IU Tentang Kolaborasinya dengan Suga 'BTS' di Lagu 'eight'

Setelah pertama kali diumumkan bakal kolaborasi, duet IU dan Suga 'BTS' jadi salah satu yang dinantikan di bulan Mei ini. Saat lagunya rilis pada 6 Mei 2020 lalu, lagu berjudul 'eight' itu langsung nangkring di posisi pertama chart musik besar di Korea. Kayak, Melon, Bugs, Genie, Soribada, dan lain-lain.

Kata IU Tentang Kolaborasinya dengan Suga 'BTS' di Lagu 'eight'
foto: kolase Dispatch


Bahkan, lagu ini juga mencapai roof-hit alias paling banyak diputar dan didownload yang membuat grafiknya melampaui standar lagu di chart musik. Enggak heran sih, karena pencapaian besar lagu kolab mereka ini udah banyak diprediksi mengingat baik IU maupun Suga 'BTS' adalah musisi digital monsterdi Korea. Yaitu penyanyi yang selalu menguasai chart musik setiap merilis lagu.


Sampai saat ini, lagu 'eight' udah mendapatkan Certified All-Kill (CAK) atau lagu yang tetap ada di posisi pertama dalam chart harian, real-timedan iChart dari situs musik utama Korea. Kalau berhasil hingga menduduki chart mingguan, real-time, dan iChart lagu ini pastinya bakal mendapatkan Perfect All-Kill (PAK).


Saat proses pembuatannya, Suga bilang kalau ia nggak ada kesulitan apapun. Hal itu ia sampaikan di siarang V-Live bareng RM beberapa waktu lalu sebelum lagu 'eight' rilis. Suga mengatakan kalau ia bisa dengan cepat menulis beat dan melodi lagu. Ia menambahkan kalau nggak banyak bagian dari ragu yang harus direvisi dengan dibolak-balik pada bagian-bagiannya.


Pengakuan yang sama juga dikatakan oleh IU saat membicarakan proses produksi lagu ini. Ia mengatakan kalau semua proses berjalan dengan lancara dan cepat. Seperti lagu sebelumnya, IU bilang kalau ia pengin punya lagu yang menceritakan tentang cerita hidupnya saat itu. Jadi, 'eight' ini adalah lagu yang menggambarkan dirinya di usia ke-28 tahun. Sama kayak 'Palette' yang ia nyanyikan bareng G-Dragon 'BIGBANG' yang menceritakan tentang usia 25 tahun. Terakhir juga ada lagunya yang berjudul '23' yang sesuai dengan kondisinya saat itu.


"Sangat nyaman dan santai untuk kerja sama dengan Suga karena kami juga seumuran. Mungkin ini adalah proses produksi lagu paling santai yang pernah ku kerjakan. Ide melodinya datang tanpa harus bersusah payah. Aku menulis liriknya juga tanpa berpikir keras. Aku menulis lagu ini dengan cepat,"  ungkap IU.


IU memang dikenal sebagai salah satu penyanyi yang sering menulis lirik dan memproduseri lagu-lagunya sendiri. Jadi kebanyakan lagunya memang punya pesan pribadi yang pengin ia sampaikan kepada penggemar. Selamat buat kolab keren, IUxSUGA!





profile-picture
profile-picture
profile-picture
onik dan 3 lainnya memberi reputasi
Duet maut


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di