CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Sari Kelapa Ada Plastiknya [Hmmm?]
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb79ad95cf6c472ce129313/sari-kelapa-ada-plastiknya-hmmm

Sari Kelapa Ada Plastiknya [Hmmm?]

Quote:


Quote:


SELAMAT DATANG GANZ & GANZWATI
DI TRIT ANE


LANGSUNG AJA YAK GAK USAH BASA BASI


emoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toast


______________________________


Quote:


Jakarta (ANTARA/JACX) - Narasi tentang makanan nata de coco terbuat dari plastik ramai beredar melalui pesan berantai aplikasi Whatsapp selain dibagikan lewat media jejaring sosial seperti Facebook.

Bukan hanya berisi narasi yang menyatakan produk nata de coco mengandung plastik dan berbahaya jika dikonsumsi anak-anak, pesan itu juga menyematkan video pernyataan seseorang untuk membuktikan nata de coco mengandung plastik.

Dalam video, orang itu menekan nata de coco dengan tisu untuk menguras airnya sehingga tinggallah lembaran tipis nata de coco.

Nata de coco yang sudah tidak berbentuk kotak itu lantas disobek. Tapi, lembaran itu tidak dapat disobek. Orang di dalam video tersebut lantas menyimpulkan bahwa nata de coco mengandung plastik.

ANTARA kemudian melakukan pencarian video serupa di kanal Youtube. Ditemukan beberapa video lain yang juga mencoba membuktikan nata de coco terbuat dari plastik.

Mereka melakukan pembuktian dengan cara yang sama yaitu menekan nata de coco hingga tipis dan kemudian mencoba menyobeknya. 

Ada pula video yang berusaha membuktikan nata de coco mengandung plastik dengan cara menggigitnya. Ketika digigit, lembaran nata de coco itu tidak putus.

Lalu apakah nata de coco yang tidak tersobek itu dapat disimpulkan mengandung plastik?


Tangkapan layar dari video yang mengatakan nata de coco terbuat dari plastik, diunggah oleh salah satu akun di Facebook


Quote:


Penjelasan:

Untuk mengklarifikasi hal tersebut, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), pada 9 Desember 2019, telah membuat pernyataan bahwa nata de coco merupakan panganan yang terbuat dari bahan baku air kelapa.

Kepala BPOM Penny K. Lukito menjelaskan nata de coco yang sudah menjadi lembaran itu sulit disobek karena nata de coco terbentuk dari jutaan benang selulosa yang belapis-lapis. Benang serat tipis atau selulosa itu merupakan serat pangan yang diperlukan untuk pencernaan. Lapisan itu juga menjadi alasan kenapa nata de coco mampu menahan cairan air kelapa.

Itu sebabnya jika ditekan, cairan di dalam nata de coco akan keluar dan yang tertinggal hanya benang serat yang menyerupai lembaran tipis. Ketika tinggal benang serat saja dan digigit, nata de coco akan terasa liat dan sulit untuk digigit.

BPOM pun menjelaskan masyarakat dapat melihat warna nata de coco yang putih bersih, transparan, struktur kuat, tidak mudah hancur, tidak lengket, tidak berbau asam, serta tidak mengandung kotoran guna melihat mutu nata de coco yang baik.

Tanggapan atas video hoaks mengenai video nata de coco juga datang dari produsen nata de coco "Kara". Produk Kara sempat dijadikan contoh dalam video-video itu untuk membuktikan bahwa nata de coco mengandung plastik.

Corporate Communication Manager Sambu Group Dwianto Arif Wibowo selaku produsen "Kara" telah mengeluarkan siaran pers yang mengonfirmasi narasi nata de coco terbuat dari plastik pada 6 Desember 2019.

Arif mengatakan bahan yang menyerupai plastik tersebut adalah selulosa yang sama persis dengan selulosa dalam sayur-sayuran atau buah-buahan. Alih-alih berbahaya, konsumsi nata de coco secara rutin justru baik, terutama bagi mereka yang jarang mengonsumsi sayuran.

Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia (GAPMMI) juga membantah informasi melalui video yang menggambarkan produk sari kelapa nata de coco mengandung plastik.

Ketua Komite Regulasi Teknis Pangan GAPMMI Susana sangat menyayangkan video itu dibuat maupun diunggah oleh berbagai kalangan masyarakat melalui media sosial.

GAPPMI menilai kemunculan video-video yang menyangsikan bahan baku nata de coco menjadi indikasi kebutuhan edukasi terkait produk itu kepada masyarakat.

______________________________


jadi gitu ya ganz & ganzwati, kalo terima video dari whatsapp grup yang cuma seupil durasinya, jangan langsung percaya dulu, ditelusuri dulu sampe bener-bener jelas.


Quote:


jangan lupa makan buah-buahan buat nambah imun tubuh.


JANGKIE LUPA


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan


emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star


Quote:


Quote:


______________________________


 
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fatqurr dan 26 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Dasar goblok lu kadrun @buron.warteg , makan nata de coco hanya dalam mimpik emoticon-Busa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adeutut dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
memang ada plastiknya, tuh bungkusnya kan dari plastik...goblok koq turunanemoticon-Mad
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adeutut dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
adeutut dan nunui memberi reputasi
Kalo masyarakat percaya trus penjualan anjlok trus karyawan pada dipecat?

Gak punya pengetahuan tp merasa pinter... Ya susah....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adeutut dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
bs tumpeh2 dong kalo gak pake plastik.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adeutut dan 3 lainnya memberi reputasi
Enak kenyal diminum dingin emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adeutut dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Dulu heboh beras plastik, sekarang sari kelapa plastik..... besok2 daging plastik emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adeutut dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
ah elah jangan mudah kemakan isu receh begitu...
tapi karena ini lagi bahasnya nata de coco. ane mau berbagi resep.

Kalau beli nata de coco cari yang merk sup*rind* gan. ane udah bandingin rasanya dengan merk lain. karena itu masih yang paling pas manisnya. Dan ane tidak merekomendasikan beli nata de coco yg warna airnya berwarna merah kecuali terpaksa.

Jangan lupa di campur sirup marjan warna merah coco pandan atau hijau melon. Di tambahkan susu kental manis putih juga. tambahkan toping jelly dari nutrijel serta potongan buah segar dari blewah, melon atau timun suri sebagai pelengkap. aduk semua jadi satu setelah di tambahkan air mineral dingin. kalau kurang dingin boleh tambahkan es batu atau taru di kulkas sebelum di konsumsi.

emoticon-Malu (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adeutut dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Nata de coco kalo dibungkus daun susah bawanya gan...emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adeutut dan 3 lainnya memberi reputasi
gk mampu beli, terus di kasih coba tetangga ekhh langsung coment kyk ada plastik nya 🤣🤣🤣 fix kadrun sableng 212 emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
adeutut dan nunui memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Nata de Coco kalau dibikin tipis panjaaaang gitu sampe bisa dijadikan seprei kayaknya asik ya
Bikin tidur serasa di atas ubur ubur
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adeutut dan 3 lainnya memberi reputasi
buka puasa kurang lengkap tanpa nata de coco gan
emoticon-thumbsup2
profile-picture
profile-picture
adeutut dan nunui memberi reputasi
Itu otak yg buat videonya juga dari plastik
Gak ada ilmu tp sotoy buat kesimpulan sendiri
profile-picture
profile-picture
adeutut dan nunui memberi reputasi
kalo goblok tuh cari tau, bukan bikin heboh, mentang2 goblok gratis diborong semua emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
edhot212 dan 2 lainnya memberi reputasi
ketika orang yg ga tau apa2 belagak pinter.
Sari Kelapa Ada Plastiknya [Hmmm?]
profile-picture
profile-picture
adeutut dan nunui memberi reputasi
sama kerupuk kalo bisa dibakar berarti ada plastiknya,kerupuk dari kanji dan terigu di goreng minyak kalo dibakar yang kebakarlahemoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adeutut dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Gay shemale menggelikan ditertawakan wanita 24/7 nonstop emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
adeutut memberi reputasi
Waktu SMA biologi di buku materi ada cara membuat nata de coco.
Intinya air kelapa difermentasi, cuman emang ada SMA punya fasilitas kultur bakteri...
profile-picture
adeutut memberi reputasi
Seringnya gak merhatiin kualitas produk sih
profile-picture
adeutut memberi reputasi
sebuah konspirasi untuk menjatuhkan merk dagang
profile-picture
adeutut memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di