CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
Bakwan Daun Singkong. Takjil Murah Meriah Disaat Pandemi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb79acbc820847b1a78d7d5/bakwan-daun-singkong-takjil-murah-meriah-disaat-pandemi

Bakwan Daun Singkong. Takjil Murah Meriah Disaat Pandemi

Assalamu'alaikum Gansis. Repot bener ya, kalo masa pandemi ini belum berakhir, maka para super emak harus masak yang hemat, tapi tetep enak.



Bakwan Daun Singkong. Takjil Murah Meriah Disaat Pandemi


Menghemat bukan berarti para emak ini pelit ya, Gan. Aku juga emak-emak. Apalagi banyak karyawan pabrik yang di PHK, dirumahkan sementara, ekonomi pun amburadul.

Saat Ramadhan tiba, biasanya banyak yang berburu takjil, beli menu masakan siap makan, macam-macam es. Entah itu es oyen, es campur, atau es kopyor. Namanya aja ada yang nyeleneh, tapi jangan salah dengan rasanya. Pastilah menyegarkan tenggorokan yang kering.

Sekarang keadaan pun sangat berbeda. Jalanan sangat sepi, hanya 1 atau 2 orang aja yang jualan gorengan. Minumannya hanya menyediakan es sachetan.

Mau nggak mau, aku harus menyiasati menu yang aku masak hari ini. Biar nggak bosen. Biasanya juga beli di luar. Sekarang, waktunya berinovasi.

Lauk yang biasa untuk camilan, bisa juga untuk takjil di rumah. Nggak usah repot untuk beli di luar. Kita buat ja yang sederhana dan tidak mengeluarkan uang terlalu banyak. Simple dan kreatif.

Bakwan, jadi primadona semua kalangan. Entah itu anak-anak sampe yang sudah tua. Makan bakwan dengan pelengkap saus sambal, sambal petis atau cabe rawit. Beuh ... enaknya. Sabar ... sabar, lagi puasa Gan. Tahan dulu, beberapa jam lagi waktunya berbuka. Masih lama ....

emoticon-Ngakak


Pada umumnya, bahan bakwan yang digunakan adalah wortel, kubis, taoge, daun bawang, dan daun seledri. Kadang, diatas bakwan diberi udang utuh untuk mempercantik tampilan, agar banyak pembeli yang menarik perhatian mereka.

Disaat Pandemi belum berakhir, banyak pasar yang ditutup karena PSBB selama 14 hari. Sayuran dan bumbu banyak yang naik harganya. Bahan bakwan kadang ada yang dikurangi, jadi rasanya ikut mempengaruhi.

Pasti kecewa 'kan, kalo kita beli takjil yang tidak kita harapkan. Gimana lagi, karena situasi seperti ini.

Aku sengaja buat bakwan yang kebanyakan orang tidak mengetahuinya. Kalo pingin buat masakan atau menu yang berbeda, itu bisa jadi kesenangan tersendiri.

Membuat kreatifitas tanpa batas. He ... he ..., sering bermain dengan tepung atau bumbu di dapur. Menghasilkan makanan yang lezat dan nikmat.

Kuy, ini resep takjil bakwan daun singkong. Nggak perlu yang mahal, ambil daunnya di belakang rumah, masak dan masak, jadi deh.


Quote:




Sangat mudah, murah meriah pula. Apa nggak pahit? Nggak pahit kok, sangat gurih, crunchy dan sehat.

Dijual lagi juga bisa. Variasi bakwan kekinian. Belum ada 'kan ya yang jual bakwan daun singkong.

Anak-anak pasti suka, bukan kita aja. Bahan pokok atau sayuran yang mahal, kita bisa banting stir untuk membuat masakan atau takjil buka puasa untuk nanti.

Silahkan dicoba ya, untuk berbuka nanti.
Dijamin mantul.



Spoiler for screenshotan ngasih cendol:





Pict : dokpri
Sumber : blog pribadi

profile-picture
profile-picture
profile-picture
meruru dan 30 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh muyasy
Halaman 1 dari 2
pejwan
profile-picture
profile-picture
firdainayah dan fitrijunita memberi reputasi
enak enak enak
profile-picture
profile-picture
firdainayah dan fitrijunita memberi reputasi
manchaapp. akoh sering bikin inih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
firdainayah dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
mau coba ah emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
firdainayah dan muyasy memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Wah ide bagus nih bisa dicoba. Tapi kalo disini sih yg jual takjil masih byk, dr gorengan, es campur, asinan, mpek mpek lauk mateng ada semua. Aku ja heran ko msh pd ngeluyur ya.
profile-picture
profile-picture
firdainayah dan muyasy memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Mantep nih,murah meriah bahanya
profile-picture
profile-picture
firdainayah dan muyasy memberi reputasi
Lihat 1 balasan
wahh daun singkong bisa dibakwan juga ya ternyata, kalau dikampung enak nih daun singkong tinggal petik dikebon langsung dari pohonnya
profile-picture
profile-picture
firdainayah dan muyasy memberi reputasi
Lihat 1 balasan
cocok nih....bsa dieksekusi klu sya biasany bakwan jagung atau bayam sis....
profile-picture
profile-picture
firdainayah dan muyasy memberi reputasi
Lihat 1 balasan
resep baru. kapan-kapan nyoba, ah.
profile-picture
muyasy memberi reputasi
Lihat 17 balasan
boleh dicoba nih mbakk
profile-picture
muyasy memberi reputasi
Lihat 1 balasan
profile-picture
muyasy memberi reputasi
Lihat 1 balasan
itu gak direbus dulu gak keras brayemoticon-Bingung
habis pernah tumis daun singkong kagak direbus
malah kayak makan karetemoticon-Leh Uga
profile-picture
muyasy memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Puasa begini menu apa aja jadi keliatan enak gan
profile-picture
muyasy memberi reputasi
Lihat 1 balasan
profile-picture
muyasy memberi reputasi
Lihat 1 balasan
wah ane baru tau variasi bakwan yang pake daun singkong begini wkwk
profile-picture
muyasy memberi reputasi
Diubah oleh japarina
Lihat 3 balasan
Daun singkong mah diapa2in juga tetep enak🤤.
profile-picture
muyasy memberi reputasi
Lihat 1 balasan
pernah nemu org jualan gorengan seperti ini di daerah magelang.
di gigit bakwan tp didalam nya ada daun singkong nya. ga di campur sih daun singkongnya tp kek daun singkong rebus yg di gulung trs di celupin ke adonan bakwan baru digoreng.
profile-picture
muyasy memberi reputasi
Lihat 3 balasan
profile-picture
muyasy memberi reputasi
Lihat 1 balasan
kok enak ya ini kayanyaaa ane jd pengen coba. blm pernah tau bisa dibikin dari daun singkong
profile-picture
muyasy memberi reputasi
Lihat 2 balasan
profile-picture
muyasy memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di