CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
Misteri Sukotyro,Babi Yang Memiliki Gading Dari Pulau Jawa
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb7939a8d9b170f7b58d8ec/misteri-sukotyrobabi-yang-memiliki-gading-dari-pulau-jawa

Misteri Sukotyro,Babi Yang Memiliki Gading Dari Pulau Jawa

Indonesia terkenal akan keindahan alamnya sejak dulu kala,ketika Belanda pertama mendarat di Nusantara,sejak saat itu pula mulai banyak penjelajah dari Eropa yang masuk ke Nusantara.Selain berdagang,beberapa diantaranya juga tertarik untuk mejelajah alam Indonesia yang masih perawan.


Salah satunya adalah Johan Niewhoff,seorang penjelajah yang berada di Pulau Jawa tahun 1669.Dia berhasil menemukan sosok hewan misterius,memiliki bentuk tubuh besar layaknya sapi.Tapi mempunyai gading disamping kepalanya emoticon-Bingung (S)



Misteri Sukotyro,Babi Yang Memiliki Gading Dari Pulau Jawa

Sumber



Nama hewan tersebut adalah Sukotyro gan sist,yang unik nama sukotyro sendiri,diberikan oleh orang Cina bukan orang Jawa.Niewhoff mendeskripsikan sukotyro seperti ini :


Quote:






Teori Beberapa Ahli


Sejak laporan penemuan sukotyro,hal ini menarik minat banyak peneliti dunia gan sist.Salah satunya seorang Cryptozoologist,bernama Karl Shuker.Dia memberi penjelasan,kemungkinan bahwa sukotyro adalah spesies dari babi rusa.


Karl mengatakan hal itu berdasar bentuk gading atau pun tanduk yang dimiliki sukotyro,perbedaannya adalah tanduk milik babi rusa berbentuk vertikal sementara sukotyro bentuknya horizontal.Dia juga memberi teori lain,bahwa sukotyro kemungkinan adalah jenis babi rusa Jawa gan sist.



Kita tahu bahwa kebanyakan spesies babi rusa biasa ditemui di Celebes (Sulawesi),menurut Karl kemungkinan perpindahan sukotyro ke pulau Jawa ada dua.Yakni perpindahan secara alami dan perpindahan yang sengaja dilakukan manusia, dari Celebes ke pulau Jawa.


Misteri Sukotyro,Babi Yang Memiliki Gading Dari Pulau Jawa

Babi Rusa

Sumber



Misteri Sukotyro,Babi Yang Memiliki Gading Dari Pulau Jawa

Sukothyro

Sumber




Tapi kalau untuk teori dipindahkan ane kurang sependapat gan sist,kenapa ada orang mau repot-repot memindahkan hewan seperti sukotyro ke Jawa ?.Dia kan termasuk hewan liar,punya gading pula,kalau babi yang untuk konsumsi beda cerita.Babi untuk konsumsi, masih masuk akal ya kalau dipindahkan ke Jawa,tapi sukotyro bukan termasuk babi yang biasa dikonsumsi.Bahkan dia ini masih diragukan DNA-nya,apakah masih punya hubungan dengan keluarga babi sendiri ? emoticon-Hammer (S) emoticon-Ngakak (S)



Sukotyro adalah Stegodon ?


Om Shuker juga punya teori lain gan sist,bahwa sosok sukotyro adalah jenis stegodon (gajah purba).Jika ilustrasi gambarnya tepat seperti gambar diatas,gading sukotyro sendiri mirp dengan milik stegodon.Didukung oleh ekor dan telinga berbulu sangat identik dengan stegodon,yang membedakan.Moncong sukotyro lebih pendek dari milik stegodon emoticon-Bingung (S)


Spesies paling kecil dari keluarga stegodon memilik ukuran seperti kerbau,namanya adalah Stegodon Florensis, yang pernah hidup di Pulau Flores,sekitar 12.000 tahun yang lalu,dan om Shuker mencatat bahwa spesies yang sama dapat hidup dan ada di pulau Jawa.Mungkinkah kamu itu stegodon wahai sukotyro ? emoticon-Belo


Misteri Sukotyro,Babi Yang Memiliki Gading Dari Pulau Jawa

Ilustrasi Stegodon

Sumber




Misteri Sukotyro,Babi Yang Memiliki Gading Dari Pulau Jawa

Sumber



Teori om Shuker sendiri juga mendapat dukungan dari om peneliti yang lain,namanya Philippe Coudray.Om ini berpendapat jika gambar gading sukotyro akurat seperti ilustrasinya,hal ini akan menyulitkan sukotyro dalam mendapatkan makanan.Kecuali sukotyro memiliki belalai seperti gajah,meskipun ukurannya pendek,setidaknya bisa memudahkannya ketika akan mencari makan emoticon-Big Grin
Seperti ilustrasi diatas gan sist,dimana menurut om Philippe kemungkinan bahwa sukotyro punya belalai pendek untuk membantunya makan.




Sukotyro adalah Kuda nil ?


Teori kontrasepsi selanjutnya adalah sukotyro ini termasuk jenis kuda nil gan sist emoticon-Hammer (S) ,masih ingat penjelasan diatas ?.Bahwa sukotyro memiliki mata yang letaknya agak tinggi dari hewan lain,mirip seperti letak mata kuda nil.Itu berarti sukortyro akan menghabiskan waktunya di air,dengan matanya yang terlihat dipermukaan,layaknya kuda nil.


Misteri Sukotyro,Babi Yang Memiliki Gading Dari Pulau Jawa

Ilustasi Kuda Nil

Sumber




Misteri Sukotyro,Babi Yang Memiliki Gading Dari Pulau Jawa

Sumber



Tapi kalau dilihat posisi hidungnya di ilustrasi gambar,sepertinya tidak mungkin kalau dia bakal berendam lama-lama di air.Apalagi dengan gading disamping kepalanya,tentu ini akan terasa aneh.Mungkin ujung gadingnya akan terlihat kalau pas berendam emoticon-Hammer




Sukotyro adalah Chilotherium ?


Hal ini ane temukan saat menonton salah satu channel youtube yang membahas soal hewan kriptid gan sist,disitu dibahas soal sukotyro juga.Dalam channel tersebut,dijelaskan satu kemungkinan bahwa sukotyro adalah keluarga chilotherium.


FYI chilotherium sendiri adalah spesies dari badak yang ditemukan di Eropa Timur dan Asia,mulai eksis sekitar 10 juta tahun yang lalu.Chilotherium ini juga memiliki semacam gading seperti badak pada umumnya,tapi gading atau cula milik Chilotherim itu berada pada rahang bawahnya gan sist,tidak berada dihidung seperti badak pada umumnya.


Misteri Sukotyro,Babi Yang Memiliki Gading Dari Pulau Jawa

Chilotherium

Sumber



Misteri Sukotyro,Babi Yang Memiliki Gading Dari Pulau Jawa

Sumber


FYI gading mereka ini merupakan bagian dari gigi yang tumbuh membesar,memanjang dari rahang bawahnya.Baik jantan dan betina memiliki gading ini gan sist,biasanya milik jantan jauh lebih besar ukurannya.Karena sukothyro juga punya hal yang sama,maka dari itu ada yang mengaitkannya dengan chilotherium.


Tapi bentuk gading milik sukothyro sendiri belum bisa dijelaskan secara pasti,darimana tumbuhnya.Kalau chilotherium sudah jelas dari bagian giginya,sementara sukotyro sendiri masih belum jelas.Hal lain yang membedakan adalah, badak biasanya punya kulit tebal,hal ini tidak dimiliki sukotyro.


Misteri Sukotyro,Babi Yang Memiliki Gading Dari Pulau Jawa

Tengkorak Chilotherium

Sumber



Menurut penelitian om Shuker sendiri,ia lebih melihatnya sperti babi rusa gan sist,karena lebih mendekati ke arah situ ya daripada yang lain.Cuma posisi gadingnya saja yang membuat bingung para peneliti sampai sekarang,apakah gading itu berfungsi sebagai alat pertahanan diri atau mungkin untuk menarik lawan jenisnya ? emoticon-Bingung (S)



Opini ane pribadi sih sukotyro adalah jenis babi rusa yang belum pernah teridentifikasi sebelumnya,merujuk pada gading yang dimilikinya.Mungkin gading milik sukotyro dikemudian hari akan berevolusi seperti milik babi rusa sekarang.Sosok sukotyro yang ditemukan Niewoff adalah bukti bahwa hewan ini memang ada di sana sejak lama,dan kemungkinan bermigrasi ke pulau Jawa secara alami.Coba kita bandingkan dari semua teori yang ada dan berkembang tentang sukotyro ini emoticon-Big Grin



Misteri Sukotyro,Babi Yang Memiliki Gading Dari Pulau Jawa

Sumber




Quote:




Nasib tragis sukotyro,mau masuk keluarga babi rusa eh gadingnya malah ngebuat dia terlihat aneh dan gak cocok.Dimasukin keluarga gajah tapi gak punya belalai,mau masuk keluarga kuda nil jelas gak mungkin.Masuk keluarga badak juga masih banyak yang meragukan,terutama masalah gadingnya yang gak biasa tumbuhnya emoticon-Berduka (S)


Pada akhirnya sukotyro sendiri saat ini lebih cocok masuk ke keluarga babi rusa,dengan gading dan bentuk telinga,serta hidungnya.Yang masih membuatnya bisa diterima dalam keluarga babi emoticon-Big Grin



Misteri Sukotyro,Babi Yang Memiliki Gading Dari Pulau Jawa

Sumber



FYI gan sist sukotyro sendiri sejak pertama ditemukan Johan Niewhoff tahun 1669,dalam kurun waktu seabad kemudian tak pernah lagi terdengar ada penampakan sosoknya.Walaupun seratus tahun berlalu,tapi banyak peneliti yang percaya bahwa sukotyro mampu menyelamatkan dunia emoticon-Ngakak (S) emoticon-Hammer (S)



Maaf malah jadi opening avatar emoticon-Ngakak (S) ,dan sosok sukothyro ini masih menjadi misteri tak terpecahkan.Mulai dari nama uniknya yang tak bisa dijelaskan,sampai fosil yang gak pernah ditemukan.Inilah salah satu makhluk yang sampai sekarang menjadi misteri dari Indonesia dan juga dunia.



Ane pamit dulu gan sist.Sampai ketemu diulasan makhluk misterius lainnya,salam olahraga emoticon-Angkat Beer




Sumber: opini dan pemikiran pribadi
Referensi: 1,2,3,4
Ilustrasi: google image wikipedia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
penyukabiru dan 209 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh si.matamalaikat
Halaman 1 dari 9
pertamax emoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 16 lainnya memberi reputasi
wow gua baru tau makhluk kriptid (kripik titid)(canda) ini.
klo pribadi gua, lebih cocok ke stegodon mini hampir semua masuk cuma beda moncong aja emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
7081C4L1573R dan 12 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh slimy.cucumber
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 12 lainnya memberi reputasi
emoticon-Kagets

sukatoro

emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ErwinArdian dan 15 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Sepertinya lebih ke babi rusa ya..
Karena satwa asli yg berdiam di indonesia..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 13 lainnya memberi reputasi
apakah sudah punah ? seperti harimau jawa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
PneumonoCyclone dan 11 lainnya memberi reputasi
Hmm.. Seperti mitos jadinya. Karena tak ada penemuan tulang belulang. Tapi kalo diliat dari gambar dan dari beberapa laporan, sepertinya lebih ke arah babi rusa. emoticon-cystg
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 12 lainnya memberi reputasi
Quote:


menurut teori om philippe begitu gan.tapi moncongnya yang jadi masalah emoticon-Big Grin

ane prefer ke babi rusa aja emoticon-Big Grin




Quote:


ane sukajanda gan bukan sukatyro emoticon-Malu




Quote:


suka2 agan aja emoticon-Hammer (S)



Quote:


kalo dilihat dari hidung dan moncongnya,ke arah situ gan.
tapi masih diragukan gimana babi rusa bisa pindah ke jawa,migrasi alami atau dibawa manusia emoticon-Hammer (S)

atau mungkin juga sukotyro adalah hewan endemi asli pulau jawa dulu emoticon-Ngacir




Quote:


sudah sepertinya gan,semenjak pertama ditemukan tahun 1600an.seratus tahun kemudian dia gak pernah muncul lagi,sayang gak ditemukan fosilnya emoticon-Big Grin



Quote:


betul gan,ane ngiranya juga gitu.dilihat dari hidungnya juga,itu sisi unik kriptid.

selalu ada misteri yang tertinggal,walau ada yang mengaku sudah melihatnya emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 8 lainnya memberi reputasi
bru taw gw yg ini
bru dnger emoticon-thumbsup
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 10 lainnya memberi reputasi
Bullfango? Kau kah itu? emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 11 lainnya memberi reputasi
kirain sukatoro gan emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


masih banyak gan yang lain,bahkan dibahas peneliti luar negeri.moga bisa nambah wawasan ya emoticon-Salaman



Quote:


nah kalo diliat2 lagi ada persamaannya dengan kebo, dari ekor dan badannya gan emoticon-Big Grin



Quote:


apa pula itu gan ? emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
sepertinya salah satu fauna yang telah punah/nenek-moyang babi rusa.

btw ini hewan demen ane kayaknya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 10 lainnya memberi reputasi
Mungkin berevolusi, yang dulunya hewan bertanduk, jadi ngga ada tanduknya sekarang, bisa pengaruh lingkungan, adaptasi, atau secara morfologi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 9 lainnya memberi reputasi
Quote:


lebih cenderung ke babi gan,walau masih banyak yang ragu.terutama fungsi gading horizontalnya emoticon-Big Grin


btw ID agan namanya tyro emoticon-Big Grin




Quote:


kemumgkinan besar begitu gan,tapi sayang gak ditemukan fosilnya ya emoticon-Berduka (S)
setelah pertama kali ditemukan,100 tahun kemudian dia gak pernah muncul emoticon-Berduka (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 9 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh si.matamalaikat
menurut ane nih gan, di era saat itu macam2 hewan yg dianggap aneh banyak, bisa jadi ini memang babi hutan murni sebab babi tidak mengalami evolusi, dari "sono" nya memang sudah babi hutan entah kalo babi yg di ternak, bahkan di beberapa kampung pedalaman yg masih memiliki hutan luas dan lebat babi bertaring masih sering di temui
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 10 lainnya memberi reputasi
Huanjay, itu sodok2an nya keluar dari mata kah? ngeri amat emoticon-Takut (S) emoticon-Takut (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sepatujaya dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
kali aja itu gabungan genderuwo sama minotaur hehe
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sav.grezza dan 10 lainnya memberi reputasi
Quote:


bisa jadi gan,babi hutan memang masih punya taring setahu ane.mungkin sukotyro masih ada hubungan family dengan babi hutan,opini ane sih lebih ke babi rusa.tapi ini versi pulau jawanya emoticon-Big Grin




Quote:


sebelahnya mata gan,pas samping kepalanya emoticon-Big Grin



Quote:


wah absurd teori ente gan,ciri khas warga +62 banget emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sav.grezza dan 13 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh si.matamalaikat
gembok ya emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 10 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 9


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di