CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
MUI Jatim Minta Kepala Daerah Aktifkan Masjid dan Musala
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb79083b840881742500605/mui-jatim-minta-kepala-daerah-aktifkan-masjid-dan-musala

MUI Jatim Minta Kepala Daerah Aktifkan Masjid dan Musala

MUI Jatim Minta Kepala Daerah Aktifkan Masjid dan Musala

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur meminta kepada seluruh kepala daerah di Jatim untuk membuka atau mengaktifkan kembali masjid dan musala.

“Kami telah mengirimkan hasil analisis dan evaluasi penerapan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Jawa Timur terkait dengan kegiatan di rumah ibadah muslim,” ujar Sekretaris MUI Jatim Ainul Yaqin, Sabtu (9/5/2020).

Surat sebanyak 16 lembar tertanggal 9 Ramadhan 1441 H atau 2 Mei 2020 itu ditandatangani oleh Ketua Umum MUI Jatim KH Abdushomad Buchori dan Sekretaris Umum H Ainul Yaqin.

Dalam surat dijelaskan mulai dari dasar pemikiran, sudut pandang ajaran Islam terkait kegiatan keagamaan di rumah ibadah hubungannya dengan pencegahan COVID-19.

Terkait dengan ibadah jemaah salat maktubah atau salat lima waktu, terkait dengan ibadah Ramadhan, terkait dengan memakmurkan masjid, terkait dengan ibadah di saat menghadapi musibah COVID-19.

Surat tersebut juga menjelaskan peraturan terkait dengan pelaksanaan PSBB di Jawa Timur. Tinjauan implementasi kebijakan PSBB di Jatim, maka kesimpulannya adalah beribadah di masjid merupakan bagian dari hak yang paling mendasar.

“Mengingat bahwa beribadah di masjid merupakan bagian dari hak dasar yang paling mendasar, pemerintah perlu menerapkan kebijakan yang hati-hati dan proporsional. Kebijakan yang tidak proporsional bisa batal demi hukum karena bisa dianggap melanggar konstitusi,” terang Ainul.

Ia mengatakan, terkait dengan kebijakan PSBB di Surabaya Raya (Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Gresik), hanya Sidoarjo yang dinilai lebih akomodatif.

“Terkait dengan kebijakan PSBB, Peraturan Bupati Sidoarjo No 32 Tahun 2020 terlihat paling akomodatif dibandingkan dengan yang lainnya,” tuturnya.

MUI juga menyarankan agar pemerintah transparan dalam menetapkan suatu daerah sebagai zona atau kawasan merah.

“Jika suatu daerah ada kasus yang masih jelas klasternya karena dapat dilacak, tidak otomatis daerah tersebut dinyatakan tidak terkendali sehingga dilakukan penghentian kegiatan di rumah ibadah yang bisa membingungkan masyarakat,” tuturnya.

Di luar wilayah penerapan PSBB di Jawa Timur, berdasarkan Satuan Tugas Pencegahan COVID-19 MUI Jawa Timur, pada musala di fasilitas umum seperti di jalan tol masih ada sarana ibadah yang belum menyediakan fasilitas alat cuci dengan sabun yang memadai.

“Dan tidak menyediakan peringatan bagi pengguna sarana yang datang. Untuk itu perlu ada teguran kepada pengelolanya agar memperhatikan hal ini,” tegasnya.

Ainul menambahkan, pada kenyataannya masih banyak orang-orang yang karena suatu keadaan harus menjalankan tugas di luar rumah.

Namun oleh karena ada seruan penghentian kegiatan ibadah di masjid, banyak rumah ibadah Umat Islam di jalan-jalan utama tidak hanya menghentikan kegiatan tetapi juga menutup rapat pagarnya.


“Sehingga orang-orang yang bekerja di luar rumah kesulitan menemukan tempat untuk menjalankan salat. Hal ini tentu sangat ironis di negara yang berdasarkan Pancasila denga sila pertama Ketuhanan Yang Maha Esa,” katanya.



sumber: http://www.wartaregional.com/2020/05/10/mui-jatim-minta-kepala-daerah-aktifkan-masjid-dan-musala/
profile-picture
profile-picture
profile-picture
onik dan 21 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
emoticon-Wakaka
Em yu i jatim masih ngira mass gathering punya resiko kecil utk penyebaran sarscov2.
profile-picture
profile-picture
liee dan kaiserwalzer memberi reputasi
pemasukan ustadz seret ya? jarang diundang ceramah ya?
profile-picture
profile-picture
liee dan kaiserwalzer memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


buset jatim udah zona merah gitu

gpplah lanjutkan, bulan urusan ane

kajian internal kelen
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Abc..Z dan 2 lainnya memberi reputasi
Saya dukung!!!
Biar !!!
jangan dilarang !!!
Mau beribadah kok dilarang?!
emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
nasbung99 dan liee memberi reputasi
Quote:


Quote legend dari TERA.SERVO si kadrun ndableg. emoticon-Wakaka
profile-picture
liee memberi reputasi
apa perlu kita panggil haji mulyana dan pak rt-nya ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
akumidtorc dan 3 lainnya memberi reputasi
Memang tidak seharusnya pemerintah melarang umat untuk syahid
Saya malah berharap lebih banyak yg syahid di mesjid
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nasbung99 dan 3 lainnya memberi reputasi
Survival of the fittest emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gigbuupz dan 3 lainnya memberi reputasi
mendukung sekali untuk dibukaemoticon-Belgia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nasbung99 dan 2 lainnya memberi reputasi
mantabs.. gw juga dukung

emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nasbung99 dan 2 lainnya memberi reputasi
gw jadi inget sama 3 emak2 relawan prabowo yang dipenjara karna waktu kampanye bilang kalo jokowi menang sholat gak ada lagi
ternyata bener sekarang sholat berjamaah gak ada lagi
profile-picture
profile-picture
jokovvi dan liee memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


sholat ga ada lagi atau sholat berjamaah ga ada lagi? emoticon-Bingung (S)
profile-picture
liee memberi reputasi
alhamdulilah

ana segera berbagi

MUI Jatim Minta Kepala Daerah Aktifkan Masjid dan Musala
profile-picture
profile-picture
profile-picture
akumidtorc dan 2 lainnya memberi reputasi
Yo sudah biarin aja, biar makin cepet semua ketularan. Ntar kan tinggal yg kuat yg bertahan. Ke depannya semoga negara makin maju
profile-picture
profile-picture
gigbuupz dan liee memberi reputasi
ckckck....lembaga kejar setoran ini kok malah bukannya support pemerintah, tapi ngeluarin kebijakan membangkang dan cenderung membahayakan masyarakat.

cluster temboro itu cukup parah lhoh.

emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
liee dan garren007 memberi reputasi
Mantap!!!


Buka... aja...

Tar biar mui yg tanggung jawab


profile-picture
profile-picture
profile-picture
gigbuupz dan 2 lainnya memberi reputasi
kakek tua itu masih jadi bosnya organisasi ini kan??
di depan cuap cuap bersama satukan kekuatan melawan corona, eh organisasi dibawah naungannya kek gini emoticon-Tai emoticon-Tai emoticon-Tai emoticon-fuck emoticon-fuck emoticon-fuck emoticon-fuck emoticon-fuck emoticon-fuck
profile-picture
liee memberi reputasi
Diubah oleh garren007
MUI koplak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
vegasigitp dan 2 lainnya memberi reputasi
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Pak haji mulyana cikarang mana ya
ini ada yg mau membandel

emoticon-Mad
profile-picture
jokovvi memberi reputasi
{thread_title}

Gara2 corona jadi Sepi job ceramah ya akhi..emoticon-Traveller
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di