CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Ada Anggapan, PNS Justru Bahagia dengan Adanya Corona. Benarkah?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb78c2c9a972e249661252a/ada-anggapan-pns-justru-bahagia-dengan-adanya-corona-benarkah

Ada Anggapan, PNS Justru Bahagia dengan Adanya Corona. Benarkah?

Quote:





***


     Pegawai negeri sipil (PNS) itu profesi paling aman, demikian pandangan masyarakat selama ini. Aman dari pemutusan hubungan kerja (PHK) dan aman dengan kepastian pendapatan atau penghasilan. Bahkan sampai mati pun, PNS tetap digaji dengan uang pensiun yang didapatnya dalam jangka waktu yang panjang.

Spoiler for Pegawai negeri sipil :


Tak mengherankan jika PNS menjadi pekerjaan idaman banyak kaum muda. Mereka menjadikan PNS sebagai cita-cita masa depan. Bahkan para orang tua pun tak sedikit yang menginginkan dapat menantu seorang PNS. 


Dalam kaitannya dengan pandemi corona atau covid-19 sekarang, mari kita simak hasil pengamatan dan wawancara TS dengan narasumber berikut ini. Dengan gambaran ini, terlihat betapa PNS memang merupakan profesi yang aman.


Di sebuah kompleks perumahan yang dihuni berbagai kalangan, termasuk kalangan bawah, tinggal beragam penghuni dari bermacam-macam profesi. Ada PNS, editor penerbit buku, dan pengemudi ojek online, tiga profesi untuk mewakili yang lain. PNS sebut saja X, editor Y, dan driver ojol Z. 


X yang menjadi PNS di Dinas Kependudukan sebuah pemerintah kabupatan, tidak terpengaruh dengan pandemi corona yang tengah melanda. Ia yang karena pandemi corona jadi libur bekerja, bisa menikmati hari-hari liburnya dengan nyaman. 


Hari-hari liburnya diisi dengan bermain game atau mendengarkan musik, sambil sesekali memanaskan mobil dan sepeda motornya yang tidak digunakan karena libur bekerja. Ia tenang-tenang saja di tengah pandemi corona ini karena gajinya tidak dipotong se-sen pun, dibayarkan 100%, kendati tidak bekerja!


Lalu Y. Y memiliki gaji Rp 4.760.000. Penerbit buku menjadi bidang usaha yang sangat terpukul oleh pandemi corona. Sebelum diberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), penerbit tempat Y bekerja sudah memotong gajinya 25%. Y hanya menerima gaji 75% atau Rp 3.570.000. Masih bisa untuk bertahan hidup.


Setelah diberlakukan PSBB, kondisi penerbit semakin sekarat. Buku yang sudah dicetak, tidak bisa dijual. Buku yang sudah terjual di toko buku, tidak bisa ditagih pembayarannya karena semua toko buku tutup dan bagian administrasinya libur alias menghentikan kegiatan secara total. Penerbit pun hanya bisa membayar gaji 30% saja atau Rp 1.428.000. 


Dengan penghasilan Rp 1.428.000, Y harus membayar KPR rumah yang ditempati sebesar Rp 667.400 per bulan dan cicilan kredit bank untuk renovasi rumah Rp 496.430 per bulan. Berarti penghasilan Y tinggal Rp 264.170 per bulan. 


Dengan uang Rp 264.170 per bulan, bisakah Y bersama satu istri dan dua orang anak yang masih duduk di bangku kelas II SD dan kelas VII SMP, hidup layak? Mustahil.

 
Nasib yang sama dialami Z. Sebagai driver ojol, penghasilan yang didapatnya setelah PSBB semakin tak menentu. Ia kini hanya mengandalkan mengantarkan pesanan makanan atau barang karena tidak boleh lagi mengangkut penumpang. 


Sedihnya, pesanan makanan pun sekarang sangat sulit didapat karena selama ini yang banyak memesan makanan adalah para pegawai kantoran saat jam istirahat. Kini para pegawai tersebut libur.


Padahal, Z harus menghidupi satu istri dan satu orang anak. Dan ia juga harus membayar kontrakan rumah Rp 500.000 per bulan karena di perumahan tersebut ia hanya mengontrak.

Spoiler for Buruh pabrik:



Y dan Z hanyalah contoh dari sebagian besar rakyat Indonesia yang terdampak pandemi corona. Masih berjejer profesi-profesi lainnya yang mengalami nasib yang sama, seperti buruh pabrik, pramuniaga toko, mekanik bengkel, sopir angkot, pedagang kaki lima, pedagang keliling, kuli pelabuhan, kuli bangunan, dan banyak lagi.


Karena itu, seruan pemotongan gaji PNS, khususnya golongan III ke atas yang berpenghasilan besar, patutlah didukung. Saat inilah PNS harus membuktikan bahwa mereka memiliki solidaritas sosial yang tinggi kepada sesama anak bangsa. Bukankah gaji PNS berasal dari rakyat yang dianggarkan melalui APBN? Karena itu, tak ada salahnya mereka membantu rakyat yang sedang mengalami kesusahan. 


PNS harus mematahkan anggapan yang kini berkembang di masyarakat bahwa mereka justru senang dengan pandemi corona karena bisa digaji penuh tanpa harus bekerja. PNS harus membuktikan anggapan tersebut salah dan keliru!  





       
Referensi 1

Referensi 2

Referensi 3

Referensi 4

Sumber foto 1

Sumber foto 2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
onik dan 10 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh djalanloeroes
Halaman 1 dari 2
Kerja nggak, gaji penuh, THR penuh, kurang bahagia apa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gigbuupz dan 5 lainnya memberi reputasi
punya teman yg jadi pns udah ngeluh gara² ga dapat tunjangan tpp dan lp sedangkan gaji pokok udah kepotong buat bayar kreditan mobilemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gigbuupz dan 4 lainnya memberi reputasi
bener dong soalnya ga kerja, kerjanya dari rumah ajaemoticon-Selamat


Ada Anggapan, PNS Justru Bahagia dengan Adanya Corona. Benarkah?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sikentang555 dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh mahoICEheart
kalo ga bener ngapain tiap taun masih rame yg ikut tes
lagian kalo pemingpin dimarih mao jadi lagi ya wajib keliatan memakmurkan golongan yg model inihemoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
sam86 dan djalanloeroes memberi reputasi
Lebih keren lagi jadi karyawan PT Mencari Cinta Sejati.
Boleh gak kerja, gak ada masa pensiun, gak ada persyaratan melamar kerja, bisa naik/turun jabatan sesuai keinginan karyawan. emoticon-Hammer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gigbuupz dan 3 lainnya memberi reputasi
Ya emang diakui paling aman selama negara g bangkrut gaji tetep lancar..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gigbuupz dan 4 lainnya memberi reputasi
Gua deskripssin detail ya

+ gaji tetep full
+tunjangan tetep full
+ satu hari kerja satu hari libur
+kerja pun santai bahkan gk pake seragam dan pulang jam setengah 4 sedangkan masuk jam set 9
+dapet bansos beras pula tiap minggu

Nikmat pns manakah yang kau dustakan
sedangkan ane cuma mengandalkan dagang

Bisa nangis plus pusing mikirin masa depan
emoticon-Mewekemoticon-Mewek

Sumber : teman pns
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gigbuupz dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
PNS gaji full??? Kwkwkw gaji yg tidak mereka harap.hitungan jari yg gajinye bner2 full itu paling jemaah anti pinjem duit bank ato dasarnya udah lengkap dirinya.liat aja kalau amprah gaji pegawai keluar ,paling tinggal 300rb ,500rb atopun nombok emoticon-Ngakak .yang mereka harapkan cuma tunjangan ato insentif.tapi karena padebluk insentif pun terancam.cari sampingan kegiatan bnyk tak jalan emoticon-Ngakak. Kalaulah pinjem duit di bank untuk buka usaha ato perkebunan masih bisa bernafas.tapi kalau tuk konsumtif ya ngenes laaaaah. Gaji tinggal 200 ,insentif tak dibayar bayar emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
gigbuupz dan djalanloeroes memberi reputasi
Posisi yg aman dan nyaman dari jaman baheula sampe skrg ya PNS. Makanya banyak yg pengen jd PNS. Termasuk gw penasaran pengen coba ikut tes nya
profile-picture
profile-picture
gigbuupz dan djalanloeroes memberi reputasi
bersyukurlah yang pada jadi PNS di negeri ini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gigbuupz dan 2 lainnya memberi reputasi
Emang buat amannya jadi PNS. Tapi apaiya cuma mau aman doang? emoticon-Ngakak

Ane setuju sih harusnya ada pemotongan gaji juga. Gak harus gede2lah, yg penting ada semangat gotong royong.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
xneakerz dan 2 lainnya memberi reputasi
potongan tunjangannya saja, jangan gaji pokoknya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gigbuupz dan 2 lainnya memberi reputasi
Anak asuhan negara pasti diprioritaskan emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
djalanloeroes dan jeffm12 memberi reputasi
gapok biarin aja mereka juga butuh hidup, yang dihapus itu THR aja selama pandemik, hitung2 uang dukacita corona + hemat anggaran APBN emoticon-Imlek emoticon-Imlek emoticon-Imlek emoticon-Imlek emoticon-Imlek emoticon-Imlek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
djalanloeroes dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
iyalah
profile-picture
djalanloeroes memberi reputasi
kerja gak kerja, tetep aja bayaran full
profile-picture
djalanloeroes memberi reputasi
Lha bukannya kemaren ada berita pns di jakarta dipotong 50%?

Salah anis lg nih
profile-picture
djalanloeroes memberi reputasi
gak ada covid aja makan gaji buta, apalagi ada covid
mereka adalah musuh kemanusiaan kalo menurut ane
duit gaji mereka bisa utk menolong ratusan juta jiwa rakyat jelata indonesia terdampak covid

Ada Anggapan, PNS Justru Bahagia dengan Adanya Corona. Benarkah?
profile-picture
profile-picture
djalanloeroes dan jeffm12 memberi reputasi
Diubah oleh xanax.for.sale
Ada Anggapan, PNS Justru Bahagia dengan Adanya Corona. Benarkah?

Patrick Star: Hidup ini memang tidak adil, jadi biasakanlah diri mu!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
radeneca dan 2 lainnya memberi reputasi
mantul... PNS mah enjoy aja... kerja kaga, gaji full, thr full.

padahal digaji dari uang rakyat

apa ngga malu ya ?
profile-picture
djalanloeroes memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di