CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Peneliti EOCRU Sebut Indonesia Belum Punya Kurva Epidemi COVID-19
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb711fd7e3a7265631520fc/peneliti-eocru-sebut-indonesia-belum-punya-kurva-epidemi-covid-19

Peneliti EOCRU Sebut Indonesia Belum Punya Kurva Epidemi COVID-19

Peneliti EOCRU Sebut Indonesia Belum Punya Kurva Epidemi COVID-19

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan agar kurva kasus virus Corona (COVID-19) turun di bulan Mei. Tim Peneliti Eijkman-Oxford Clinical Research Unit (EOCRU) menuliskan, hingga saat ini Indonesia belum menampilkan kurva epidemi COVID-19 yang sesuai dengan standar ilmu epidemiologi.

Tim EOCRU itu terdiri dari Peneliti EOCRU Iqbal Elyazar, Ahli Statistik EOCRU Karina Dian Lestari, mahasiswi doktoral Nuffield Department of Medicine University of Oxford Lenny Lia Ekawati, dan epidemologis EOCRU Rosa Nora Lina. Dalam tulisan yang dipublikasikan di laman The Conversation pada Jumat (8/5/2020), mereka meragukan adanya klaim terjadinya penurunan kasus baru COVID-19.

"Masalah utamanya, sudah 68 hari setelah kasus pertama COVID-19 diumumkan, Indonesia belum menampilkan kurva epidemi COVID-19 yang sesuai dengan standar ilmu epidemiologi," tulis tim EOCRU, yang dikutip detikcom pada Sabtu (9/5).

"Karena itu, adanya klaim terjadinya penurunan kasus baru COVID-19 cukup meragukan," sambungnya.

Menurut Tim Peneliti EOCRU, hingga 8 Mei 2020, pemerintah Indonesia hanya menampilkan kurva harian kasus COVID-19. Mereka mengatakan jumlah kasus konfirmasi harian tidak sama dengan jumlah kasus baru.

"Angka jumlah kasus harian yang dilaporkan tidak bisa menjelaskan laju infeksi harian pada hari sebelumnya. Dengan kata lain, turunnya angka kasus harian itu tidak bisa langsung dibaca sebagai turunnya laju infeksi harian," tulis tim Peneliti EOCRU.

Dalam keterangannya, Tim Peneliti EOCRU mengatakan jarak waktu saat pengambilan sampel dan hasil pemeriksaan juga menjadi faktor yang mempengaruhi kurva epidemi Corona. Menurutnya, hingga saat ini pemerintah juga masih belum memberikan informasi kepada publik terkait waktu yang diperlukan dalam pemeriksaan sampel.

"Ada faktor lain yang sangat berpengaruh di situ, yaitu lamanya jarak waktu antara sampel diambil dengan hasil pemeriksaan dilaporkan kepada Kementerian Kesehatan. Sejauh ini publik belum mendapatkan informasi berapa rata-rata waktu pemeriksaan sampel dari 37 laboratorium PCR yang telah difungsikan memeriksa sampel COVID-19," sebutnya.

Tim tersebut meminta agar pemerintah mengeluarkan kurva pandemi COVID-19 yang sesuai standar ilmu epidemiologi. Pemerintah juga diminta untuk menyampaikan data jumlah dan waktu untuk pemeriksaan PCR untuk setiap provinsi dan kabupaten/kota.

"Harapan kami secepatnya pemerintah menganalisis situasi kurva epidemi COVID ini menggunakan data yang lebih lengkap dan akurat," kata salah satu tim Peneliti EOCRU, Iqbal Elyazar kepada detikcom, Sabtu (9/5).

Diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi meminta jajarannya fokus terkait penanganan virus Corona (COVID-19). Jokowi ingin pada Mei ini kurva kasus positif Corona di Indonesia sudah menurun.

"Target kita di bulan Mei ini harus betul-betul tercapai sesuai dengan target yang kita berikan, yaitu kurvanya sudah harus turun. Dan masuk pada posisi sedang di Juni, di bulan Juli harus masuk posisi ringan. Dengan cara apa pun," kata Jokowi saat membuka rapat kabinet paripurna seperti disiarkan akun YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (6/5/2020).

Selain itu, Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy pun mengungkapkan ada kecenderungan penurunan kasus (COVID-19) di dalam negeri, per 7 Mei 2020. Muhadjir juga menyebut tingkat kesembuhan juga mengalami kenaikan.

"Keadaan peta COVID-19 per 7 Mei ada kecenderungan angka kasus yang terjadi di Indonesia mengalami penurunan walaupun tidak terlalu drastis. Tingkat kesembuhan juga mengalami kenaikan," ujar Muhadjir dalam konferensi video lewat saluran YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (8/5/2020).

Sumur Bor

Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fatqurr dan 30 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh sabtumalamini
Halaman 1 dari 2
Kurva kok gini, data untuk menghibur rakyat banyak bukan untuk membuktikan realitas kepada rakyat banyak
Peneliti EOCRU Sebut Indonesia Belum Punya Kurva Epidemi COVID-19
Ya wajar kurvanya gitu mencerminkan jumlah test harian yang g konsisten emoticon-Cape d...
Info selengkapnya: https://kawalcovid19.id/
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan checkedusername memberi reputasi
ini menko pmk tugasnya apaan sih?
klo dulu kan spesialis jualan jamu revolusi mental.
sekarang ngapain ya? lol
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan binokulars memberi reputasi
Sudahlah...
Kemampuan bangsa kita
Emang segini....
Ente pikir ASN ma orang2 di Dinkes itu cebong semua apah....
Di dunia kerja udah banyak ko kita lihat
Nyinyir ke pemerintah standar tinggi banget
Tp mereka soal kinerja di kantor bikin gemes makan gaji buta
profile-picture
profile-picture
profile-picture
maverick1 dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh xrm
Lihat 1 balasan

Peneliti EOCRU Sebut Indonesia Belum Punya Kurva Epidemi COVID-19
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
negara mana sih di dunia yg transparan 100% soal data pasien virus corona?
vietnam negara komunis itu bisa dipercaya datanya???emoticon-Wakaka

ini pemerentah juga ga masuk akal bikin targetnya
isolasi/PSBB pelaksanaannya longgar banget begitu kok ngarepin penularan virus bisa dikendalikan?emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh chenzahendratan
Lihat 2 balasan
berdasarkan keilmuan statistika, memang datanya belum memadai.

jumlah tes masih sedikit.

odp dan pdp masih banyak banget
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Quote:


Ya,
karena curvanya masih ga jelas.
Kemaren malah kasus barunya > 500 alias all time high.

Kalo kita plotting pake curva sederhana, pake fungsi gauss lah misalnya, dengan data kasus harian tersebut. Tiap ada data baru bisa makin lebar kurvanya. emoticon-Ngakak (S)

Makanya kalo kita liat perkiraan yg dikeluarkan salah univ di spore, ada perubahan terus, dari yg dibilang berakhir juni kemudian makin mundur dan mundur lagi.

Jadi kemenko yg udah bahas juni hidup normal itu halu.

emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 4 lainnya memberi reputasi
sok tau kau TS
ini strategi militer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 2 lainnya memberi reputasi
Kurva nya sudah ada........... Tapi boong... Wkwkwk...


Mau bikin kurva tapi data nya tidak akurat... Percuma atuh... Kebijakan nya tidak populer dan terlalu Dipaksakan...
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan bigbuncit memberi reputasi
kurvanya kek linear gt
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
Ane berasa malu tinggal di negri ini, udah ane rasa g ada yg bisa dibanggain
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 2 lainnya memberi reputasi
mau curva yang model gimana, tinggal suruh stafsus gambar aja emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan Nibrashilmy2 memberi reputasi
Peneliti EOCRU Sebut Indonesia Belum Punya Kurva Epidemi COVID-19




Peneliti EOCRU Sebut Indonesia Belum Punya Kurva Epidemi COVID-19






Plonga plongo kwok kwong kwok kwong! emoticon-Nohope



Peneliti EOCRU Sebut Indonesia Belum Punya Kurva Epidemi COVID-19
profile-picture
profile-picture
profile-picture
maverick1 dan 3 lainnya memberi reputasi
heh
ts banyakan nyinyir
gk tau apa pemerintah udah cape2 kerja

demi rakyat indon

panggilan untuk ebong yg udh terima gaji
segera bwat trit
bkin kurva tandingan emoticon-Marahemoticon-Marah
profile-picture
profile-picture
maverick1 dan darmawati040 memberi reputasi
tidak usah kritik mengkritik
cukup tertawakan aja

emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
maverick1 dan darmawati040 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
profile-picture
profile-picture
maverick1 dan darmawati040 memberi reputasi
Diubah oleh sankus010
gk usah ngomongin statistiklah disini.. ada corona atau enggak.. sebenernya negara ini B aja.. emoticon-Ngakak
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
dgn muka lugu semua kau tifuuu
profile-picture
profile-picture
maverick1 dan darmawati040 memberi reputasi
mw ditutupi salah mw transparan dibuka apa adanya bisa mengganggu perekonomian, trus njaluke piye emoticon-Hammer
profile-picture
profile-picture
maverick1 dan darmawati040 memberi reputasi
Itu kemarin yg minta kurva turun, paham gak kurva yg bener kayak gimna?
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di