CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sains & Teknologi /
Asteroid Raksasa Mendekati Bumi | Program Penghancur Asteroid
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb6c6c165b24d681c55d67c/asteroid-raksasa-mendekati-bumi--program-penghancur-asteroid

Asteroid Raksasa Mendekati Bumi | Program Penghancur Asteroid

Asteroid Raksasa Mendekati Bumi | Program Penghancur Asteroid
Melacak dan mengidentifikasi sebuah asteroid di butuhkan waktu yang tidak sebentar. sekitar sepertiga dari 25.000 asteroid besar yang berada dilingkungan kosmik Bumi telah ditemukan.Baru-baru ini sebuah asteroid yang bernama Asteroid 438908 (2009 XO) telah meluncur melewati bumi.

Informasi pertama kali di terima pada tanggal 7 mei 2020 lalu waktu setempat. diketahui asteroid ini meluncur dengan kecepatan yang sangat tinggi yaitu 12,77 km/detik.

informasi lain yang di dapat dari media daily star inggris, ukuran asteroid tersebut di perkirakan memiliki luas sekitar 1.500 kaki dengan lebar 110 - 450 meter. Jika dibandingkan dengan objek di bumi, ukuran asteroid itu mungkin sebesar London Eye atau lebih besar dari bangunan tertinggi di dunia, menara Burj Khalifa di Dubai.

Untuk mencegah hal yang tidak di inginkan ke depannya , Badan antariksa amerika serikat baru-baru ini mempersiapkan sebuah program penelitian untuk melakukan penghancuran benda-benda luar angkasa seperti asteroid yang bergerak mendekati bumi.

Asteroid Raksasa Mendekati Bumi | Program Penghancur Asteroid

Objek ini digolongkan sebagai asteroid Apollo, yang merupakan batuan ruang angkasa dengan lintasan yang bersinggungan dengan orbit Bumi.

Sampai saat ini, ada sekitar 2000 asteroid yang telah berhasil di lacak keberadaannya , dan lintasan mereka di anggap memberikan ancaman pada planet bumi.

Pada april lalu, Nasa juga berhasil mendeteksi sebuah asteroid Menurut NASA asteroid 1998 OR2, mengorbit matahari di antara orbit Bumi dan Mars, tidak akan terbang lagi ke Bumi sampai 18 Mei 2031, dan itu akan semakin jauh, melewati sekitar 12 juta mil (19 juta km) dari Bumi.

Dua pendekatan berikutnya, pada 2048 dan 2062, akan semakin jauh. Penerbangan terdekat asteroid 1998 OR2 untuk masa mendatang adalah pada 16 April 2079, ketika jaraknya hanya 1,1 juta mil (1,8 juta km) dari Bumi.

Hingga saat ini pihak NASA belum memberikan keterangan mengenai lintasan asteroid tersebut, namun sejumlah video yang beredar di sosial media memperlihatkan visualisasi ketika batuan raksasa itu berpapasan dengan Bumi.

Referensi : kronologi.id , bisnis.com
Novel scfi-fantasy : 9th SandBoxs
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
Diubah oleh yrart


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di