CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Fadli Zon: Jelas Sekali Terjadi Perbudakan di Kapal Tiongkok
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb6b8408d94d07e681d7381/fadli-zon-jelas-sekali-terjadi-perbudakan-di-kapal-tiongkok

Fadli Zon: Jelas Sekali Terjadi Perbudakan di Kapal Tiongkok


Sabtu, 09 Mei 2020 Fadli Zon: Jelas Sekali Terjadi Perbudakan di Kapal Tiongkok

Anggota DPR dari Fraksi Partai Gerindra Fadli Zon. Foto: M. Kusdharmadi/JPNN.com

jpnn.comJAKARTA - Anggota DPR Fraksi Partai Gerindra Fadli Zon meminta dugaan perbudakan ABK atau anak buah kapal dari Indonesia di kapal berbendera Tiongkok diusut tuntas.

"Jelas sekali terjadi perbudakan di kapal tersebut. Harus diusut dan dituntut," twit Fadli di akun Twitter @fadlizon dikutip JPNN.com, Sabtu (9/5).

Fadli pun mengomentari klaim Kemenlu bahwa pelarungan salah satu jenazah, AR, sudah diketahui keluarga mereka. Menurut Fadli, bagaimana mungkin bisa diketahui keluarga, sementara komunikasi saja terputus. "Ternyata komunikasi dg keluargapun putus, bgmn mau ada izin melarung jenazah," twit mantan wakil ketua DPR itu.

Baca Juga:



Sebelumnya, Fadli Zon juga mendesak kasus ini diusut tuntas dan diinvestigasi. Video pelarungan jenazah itu viral dan disiarkan oleh televisi berita Korea Selatan, Munhwa Broadcasting Corporation (MBC).



"Ini harus diusut dan diinvestigasi. Kalau benar berita MBC maka negara harus menuntut pihak China. Selain praktik perbudakan, apa yg dilakukan thd ABK Indonesia jelas pelanggaran HAM n penghinaan thd rakyat Indonesia. Kita bukan budak China! @Menlu_RI @KemnakerRI @jokowi," twit Fadli beberapa hari lalu.


"Bukan hanya soal pelarungan yg harus dipersoalkan tapi “perbudakan” di kapal China itu. Jam kerja, waktu istirahat, upah klu benar 120 dollar, diskriminasi makanan n minuman dll," kata Fadli Zon.


Sebelumnya diberitakan, pemerintah Tiongkok maupun perusahaan pengelola kapal ikan Long Xing 629 dan Tian Yu 8 menyebut pelarungan tiga jenazah ABK asal Indonesia telah sesuai prosedur internasional dan disetujui keluarga yang bersangkutan.


Baca Juga:




Hal itu disampaikan oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi kepada wartawan dalam pernyataan pers secara daring, Kamis (7/5) sore.


"Pihak kapal telah memberi tahu pihak keluarga (dari seorang ABK berinisial AR) dan telah mendapat surat persetujuan pelarungan di laut tertanggal 30 Maret 2020. Pihak keluarga juga sepakat untuk menerima kompensasi kematian dari kapal Tian Yu 8," kata Retno.


Sementara kasus dua ABK lain yang dilarung terjadi pada Desember 2019. Keduanya juga merupakan ABK kapal Long Xing 629, meninggal dunia ketika kapal berlayar di Samudera Pasifik.

Baca Juga:
Pemerintah RI Pulangkan 14 WNI Kru Kapal Tiongkok Pembuang Mayat di Laut

"Keputusan pelarungan jenazah dua orang ini diambil kapten kapal karena kematian disebabkan oleh penyakit menular dan hal itu berdasarkan persetujuan awak kapal lainnya," ujar Retno, mengutip keterangan yang sama dari pihak pengelola kapal. (boy/jpnn)



  


BERITA TERKAIT












profile-picture
profile-picture
profile-picture
fatqurr dan 20 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Memang benar adanya. Dan bukan cuma di atas kapal saja. Yg tergolong TKI yg kerja di LN rentan diperlakukan layaknya budak

Pertamax diamankan gan
profile-picture
profile-picture
dolynaranda dan liee memberi reputasi
Diubah oleh mustaffa711
Lihat 2 balasan
Tinggal kroscek aja ke keluarganya
Klo emang curiga ada perbudakan, bentuk aja tim investigasi
Cuma yakin mau ngusik china??
profile-picture
liee memberi reputasi
Zonkie kenapa diliput sih?
profile-picture
profile-picture
pertotperbaik dan snoopze memberi reputasi
Setelah kejadian lu sok jadi pahlawan pembela gitu
Selama ini lu kemana aja zon??emoticon-Kagets
profile-picture
pertotperbaik memberi reputasi
Komuk si zonkie kok spt tua bgt ya
Sptnya stress berat, dari wakil ketua dpr tiba2 jd anggota

emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
pertotperbaik dan scorpiolama memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Hindari cinak lah, mending Korea atau Jepang lbih fair maennya, yg penting ente bagus ja kerjanya
profile-picture
pertotperbaik memberi reputasi
Ybs sudah teken surat perjanjian,kl sdh dewasa harusnya tdk ada urusan keluarga harus tahu/menyetujui saat melamar kerja

Ribut2 juga pasti bakal kalah
hindari china..banyak gk benernya...
ya namanya juga bsnyak komunis
Gw dukung untuk diusut
semua yg kerja di kapal emang di budakin emoticon-Marah
profile-picture
profile-picture
pertotperbaik dan scorpiolama memberi reputasi
klo indonesia udah diperbudak cinak belum? lol
terlalu banyak komentar abang Fadli tanpa ada solusi
Lihat 1 balasan
makanye jangan jd budak. jadi majikan dong

ah elah
profile-picture
profile-picture
kentutwangi22 dan dvdvd77 memberi reputasi
Yaelaj TKI illegal juga jadi budak, jadi kasus illegal atau legal pekerja indo diluar banyak.
Fadli Zon: Jelas Sekali Terjadi Perbudakan di Kapal Tiongkok
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scan88 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Eh nongol lagi saat pandemi
Kok ga nyorot pandemi malah nyorot ginian
Dah lama ga dapet panggung ya
Boss juga jarang keluar dari dephan
Wkwkwkkkkkk

Menteri kelautan sekarang kan dari partai elo Zon. Menteri pertahanannya juga.

Jadi apa tindakan yg akan dilakukan pak menteri kelautan perikanan? emoticon-Entahlah


Kalau jaman bu Susi kan sempat ada tindakan atas kapal yg seperti itu pas di sekitar daerah Maluku / Raja Ampat kalau tidak salah.
Budak pemakan emoticon-babi
Gw merasa yakin kalo gw juga bisa kerja macam zonkie.
Ah enaknya kerja macam itu
emoticon-Ngakak
profile-picture
adit236 memberi reputasi
omzon suka emang ngasih kerjaan pemerintah semangat om
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di