CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Bantu UMKM di Tengah Covid-19, Pertamina Kucurkan Modal Usaha Rp100 Miliar
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb6a98665b24d46e53516a2/bantu-umkm-di-tengah-covid-19-pertamina-kucurkan-modal-usaha-rp100-miliar

Bantu UMKM di Tengah Covid-19, Pertamina Kucurkan Modal Usaha Rp100 Miliar



Bisnis.com, JAKARTA - Untuk mendukung Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di tengah Covid-19, Pertamina meluncurkan Program Kemitraan bekerjasama dengan Asosiasi Business Development Services Indonesia (ABDSI) dengan menyalurkan modal usaha mencapai Rp100 miliar.

Modal usaha tersebut akan disalurkan bagi UMKM di beberapa titik di Indonesia, mencakup provinsi Riau, Sumatera Utara, DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Timur, Bali, NTB, dan Kalimantan Barat.

Baca Juga : Mendag Cek Ketersediaan dan Distribusi BBM di Depo Pertamina Gedebage

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman mengatakan paket program kemitraan ini berupa penyaluran dana modal usaha, pendampingan bagi UMKM yang mencakup program pelatihan, mentoring dan coaching yang tahapannya dilaksanakan secara berjenjang dan akan dimonitor perkembangannya ke masing-masing mitra binaan untuk menilai efektifitasnya.

"Bersama ABDSI yang merupakan asosiasi bagi seluruh lembaga pendamping UMKM yang ada di Indonesia, pinjaman tersebut dilakukan secara bertahap," ujarnya dalam siaran pers, Sabtu (9/5/2020).

Baca Juga : Kurangi Penjual BBM Ilegal, BPH Migas Minta Pertamina Perbanyak SPBU Mini

Adapun tahap pertama disalurkan kepada UMKM yang langsung mendapat keuntungan karena Covid-19. Tahap kedua adalah kepada UMKM yang siap bangkit disaat Covid-19 selesai dan tahap ketiga untuk sektor lainnya yang bisa berkembang pada situasi normal.

“Diharapkan dengan kerja sama Program Kemitraan bersama ABDSI ini, UMKM memiliki kesempatan kembali dalam meningkatkan usahanya dan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk berdaya di tengah pendami Covid-19 yang sedang melanda dunia,” kata Fajriyah.

Ketua Umum ABDSI Cahyadi Joko Sukmono menuturkan saat ini program pemberdayaan UMKM tidak bisa lagi dilakukan secara hit and run dalam penyaluran pinjaman modal bergulir atau hanya sekedar pelatihan saja tetapi harus ada pendampingan yang terukur.

"Kerjasama program kemitraan Pertamina dengan kami Asosiasi BDS Indonesia atau ABDSI akan melakukan pendampingan pada masa penyaluran, pemanfaatan dan pengembalian terhadap 1000 UMKM yang di 8 wilayah kerja Pertamina. Dengan pola ini diharapkan gerakan UMKM untuk naik kelas dapat diukur melalui hasil analisa indeks UMKM naik kelas yang dapat memberikan arahan pemberdayaan selanjutnya," ucapnya

UMKM, lanjutnya, akan dibekali pengetahuan praktis mengenai manajemen usaha, pembukuan, dan strategi pemasaran dengan bisnis online. Pada tahapan coaching dan mentoring akan dilakukan bersama dengan praktisi yang handal di bidangnya.

Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Pertamina yang sangat peduli dengan pelaku usaha kecil di tengah wabah virus corona yang membuat UMKM terpukul.

"Pertamina telah memberikan harapan bagi UMKM untuk terus semangat dan bisa bangkit kembali menjadi pelaku usaha yang tangguh," kata Cahyadi.

Editor: Hadijah Alaydrus

Berita Terkait:Pertamina Peduli Berbagi Bersama 500 Anak Yatim di Panti Asuhan JakutKhusus "Pete-pete" di Sulsel, Beli Pertalite dan Dexlite dapat Cashback 50%ICP Merosot, Kinerja Hulu Pertamina TerdampakProyek JTB Telah Mencapai 61 PersenAlibaba Bagikan Buku Gratis Untuk UMKM Hadapi Pandemi, Ini LinknyaPertamina Distribusikan 185.000 APD ke 70 Rumah Sakit BUMN

https://www.google.com/amp/s/m.bisni...a-rp100-miliar

Bantu UMKM di Tengah Covid-19, Pertamina Kucurkan Modal Usaha Rp100 Miliar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
onik dan 8 lainnya memberi reputasi
Numpang senyum....ada kemungkinan ini hasil selisih harga minyak yang untungnya diambil pertamina, lalu uangnya diputer lagi
profile-picture
liee memberi reputasi
Bantu UMKM di Tengah Covid-19, Pertamina Kucurkan Modal Usaha Rp100 Miliar
profile-picture
profile-picture
kentutwangi22 dan liee memberi reputasi
Tepat sasaran bisa? bukan cuma jargon ngasih ber em em
Quote:


emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Penis pisang tegang keras betul
Wkwkwkkkkk
Bos di arab ngapain aja
Ini hrs bilang terimakasih pak ahok apa terimakasih pertamina nih??emoticon-Bingung
kita sebagai warga masyarakat yang baik cuma bisa berdoa berharap terhadap semua program yang telah direncanakan dan semoga semua program yang baik itu bisa terealisasi..


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di