CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Surat Pembaca /
surat terbuka untuk admin tokopedia pusat resolusi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb697ae68cc957b2d06ae22/surat-terbuka-untuk-admin-tokopedia-pusat-resolusi

surat terbuka untuk admin tokopedia pusat resolusi

sebelumnya saya di sini sebagai pihak seller.... dan menjual produk belt bally

lapak
deskripsi

kronologi

pihak buyer komplain karena size bally tersebut tidak seperti pada umumnya...
karena menurut buyer pada umumnya size = total panjang belt
sedangkan size di bally mengacu pada lingkar pinggang

link bally

di website ini tidak tertulis size = total panjang belt ataupun lingkar pinggang

dan saya membuat deskripsi hanya berdasarkan dr website dan produk tersebut yaitu 110 + 115

di pusat resolusi saya sudah memberikan bukti2 bahwa belt2 brand lain seperti prada , botegga , size tidak sama dengan panjang belt....
dan saya menuliskan deskripsi sesuai keterangan di produk nya... yaitu 110
di size chart bally pun jg tidak ada penulisan total height dll... hanya size dlm cm / inch / ukuran universal ( s + l + xl)


dan inilah keputusan admin anggie di pusat resolusi

keputusan pusat resolusi

di sini yang saya tekankan adalah apakah di tokopedia mewajibkan keterangan produk berdasarkan pendapat pribadi? atau memang yang tertera di website?

dengan hal ini saya mohon pihak tokopedia bisa lebih profesional lagi dalam menghadapi masalah2 komplain...

"NB mungkin di sini agan2 tinggal bilang ya udah tinggal tuker brg aja... tetapi di sini saya sebagai dropshipper dan pihak suppler tidak mau meretur karena tidak ada kesalahan d produk tsb, baik rusak atau kesalahan size
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jonetgame dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh skipper.inside
saya mau mencontohkan kasus seperti ini di handphone huawei... yang di mana kita ketahui bahwa huawei terbaru tidak bisa akses google play store....

dan saya rasa semua seller tidak ada yang menyertakan tulisan bahwa handphone tsb tidak bisa google play store pada deskripsi produknya...

di website pun jg demikan...

berarti kalo seperti ini, sebagai buyer kita bs komplain karena pada umumnya handphone android itu bisa google play store. dan d menangkan oleh tokopedia komplain tersebut?
profile-picture
scott.i memberi reputasi
Lihat 1 balasan
saya beberapa x mengalami komplain oleh pembeli yang membeli brg saya tetapi di blg palsu...di sini admin meminta bukti dari saya dan buyer menggunakan data2 resmi dari website untuk menguatkan argumennya... bahkan sudah pernah admin meminta bukti pernyataan dari pihak brand tsb yang membuktikan bahwa brg tsb palsu....apabila memakai bukti dari google, forum, dll, maka tidak akan di anggap.. karena bukan data resmi website....

kenapa di sini malah admin anggie mengatakan bahwa saya kesalahan ada di saya, saya seharusnya menjelaskan deskripsi secara lengkap bahwa panjang belt tsb lebih panjang dari 110cm, karena pada umumnya barang sejenis panjangnya sesuai...

1. di website hanya tertulis size 110.. tidak ada tulisan yg mengatakan bahwa panjang belt tsb lebih panjang dari 110cm.. lantas sy harus menuliskan seperti yg admin bilang itu berdasarkan data apa??
2. di sini admin mengatakan karena pada umumnya barang sejenis panjangnya sesuai. maksud dari umum itu apa?? membandingkan dengen merk lain yang mana??? di diskusi pusat resolusi saya sudah memberikan contoh
- belt miu miu size 75 = total height 122cm,
- armani size 75 = 90cm
- botega veneta size 100 = 115cm
- prada size 100 = 111cm
berarti brand ini jg bukan termasuk pada umumnya menurut admin anggie?
Diubah oleh skipper.inside
chat buyer

ini adalah bukti chat pertama x buyer, yang langsung menanyakan ini ready gak 110? bukan panjang belt tersebut.

dan pada saat komplain buyer membandingkan dengan belt lain yang dia miliki..
Diubah oleh skipper.inside
Post ini telah dihapus oleh KS06
Lihat 6 balasan
dari kasus ini agan jd belajar apa yang harus ditulis dan ditambahkan di deskripsi produk kan ?
sehingga kedepannya ga akan ada kasus kaya gini lagi

emang kalo deskripsi harus sejelas2nya... emoticon-Smilie
Saya berjualan sudah lebih dr 3 thn. Dan saya tidak pernah merubah deskripsi produk. Selama ini deskripsi produk hanya base dr website.

Kalo skrg agan blg harus lengkap, di sini apa yg harus d tambahkan? Di website pun cuma seperti itu.
Dan ini pun bukan produk handmade tp produk branded.

Contoh sales penjual mobil kalo iklan produk Detail pasti sesuai spesifikasi yg d dpt dari brand tsb. Bukan tambahan dari pendapat pribadi sales itu..

Misal sales itu menjual mobil A. Dan ternyata mobil A lebih boros daripada mobil sejenis. Apakah sales itu harus nulis bahwa mobil tsb lebih boros dari mobil sejenis pada umumnya?
Diubah oleh skipper.inside
Lihat 1 balasan
semoga cepet selesai gan....!
btw, mahal amat yak beltnya... gak sanggup ane liat harganya....!
emoticon-Travelleremoticon-Ngacir
profile-picture
black_robo memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Kl sdh pengalaman bbrp kali terima komplain utk hal yg sama dr buyer trs kenapa ente tdk belajar dr pengalaman saja & jelaskan itu di awal kepada buyer sblm ente proses ordernya. Kl buyer sdh jelas kan ente bisa lebih tenang melanjutkan proses ordernya & kl sampai buyernya komplain ente punya bukti chat kl buyer sdh paham & setuju dgn spek barangnya.
Lihat 1 balasan
Di sini kenapa saya meminta pertanggung jawaban admin anggi.. di karenakan pada jam 12 siang admin sebelumnya mengatakan akan menunggu hasil email saya ke cs bally. Sedangkan jam 4 sore tiba2 admin anggie lgs memutuskan komplain tsb
Saya sudah mendaptkan balasan dari customer service bally. Yg sebelumnya ada sy sampaikan di diskusi komplain tsb. Dan admin lain pun mengatakan bahwa menunggu informasi dari balasan email cs bally. ( admin lain info jam 12 siang.. admin anggie memberikan keputusan jam 4 sore)

Bukti email

Di sini di infokan bahwa pengukuran panjang belt di hitung dr buckle sampai ke lubang tengah.. dan menggunakan ukuran pinggang.

Dalam hal ini saya jg sudah memberikan link di diskusi komplain , cara memilih size belt yang benar

Jurnal

Link tsb di pakai oleh salah satu brand indonesia..
Di link tsb mengatakan hal yang sama seperti yang di sampaikan oleh bally..
Dan sebelumnya saya jg sudah memberikan informasi bahwa merk2 besar seperti prada , miu2, gucci ,dll bahwa size tidak sama dengan panjang belt.

Jadi dr mana admin anggie dpt mengatakan bahwa pada umumnya size belt adalah total panjang belt?

Untuk pihak tokopedia, seperti percapakan di telp, bahwa pihak tokopedia jg mengetahui surat terbuka ini.

Maka dengan ini sy meminta admin anggie mempertanggung jawabkan keputusannya.

Terima kasih
Diubah oleh skipper.inside


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di