CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Heboh! Virus Corona di Sperma, Dokter Sarankan Tak Berhubungan Intim
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb67f9bc342bb713f7c9043/heboh-virus-corona-di-sperma-dokter-sarankan-tak-berhubungan-intim

Heboh! Virus Corona di Sperma, Dokter Sarankan Tak Berhubungan Intim

Studi terbaru mendeteksi virus corona terdapat di dalam air mani atau sperma pria yang terinfeksi Covid-19. Walaupun masih belum diketahui dapat menular melalui hubungan seksual, dokter menyarankan untuk tidak berhubungan seks sementara waktu atau menggunakan kondom sebagai bentuk pencegahan.

Heboh! Virus Corona di Sperma, Dokter Sarankan Tak Berhubungan Intim

"Banyak pertanyaan yang belum terjawab ya. Kita harus preventif tentu dengan pakai kondom minimal walaupun tidak 100 persen dan abstinent atau tidak melakukan kontak seksual," kata dokter spesialis kulit dan kelamin Anthony Handoko kepada CNNIndonesia.com, Sabtu (9/5).

Hubungan seksual yang dihindari itu termasuk oral seks karena virus corona juga ditemukan di saliva atau air liur. Saran dari Anthony itu sesuai dengan anjuran dari penelitian yang dipublikasikan di jurnal medis JAMA Network Open.

"Puasa seks atau penggunaan kondom dapat dianggap sebagai sarana pencegahan untuk pasien ini," tulis penelitian itu.

Anthony menjelaskan penelitian terbaru di China membuktikan bahwa terdapat virus corona pada sperma pasien Covid-19 dan orang yang sudah dinyatakan sembuh.

"Jadi, kesimpulannya memang sperma ditemukan pada orang yang sudah terinfeksi dan sudah sembuh. Tapi, pertanyaan lanjutan seperti apakah menularkan secara seksual, itu belum terjawab," ucap Anthony.

Heboh! Virus Corona di Sperma, Dokter Sarankan Tak Berhubungan Intim

Anthony menyebut penelitian ini tidak menganalisis penularan atau transmisi virus corona melalui hubungan seksual. Perlu penelitian lanjutan untuk mengetahui berapa lama virus dapat hidup di sperma dan apakah virus dapat berpindah ketika sperma berpindah ke tubuh orang lain.

Sejauh ini transmisi virus corona yang sudah terbukti adalah melalui cairan di dalam saluran pernapasan seperti droplet saat bersin.

"Belum bisa dikategorikan itu (Covid-19) sebagai sexually transmitted disease (menular secara seksual) karena belum diketahui cara penularannya apakah genital ke genital," tutur Anthony yang merupakan direktur klinik kulit dan kelamin Pramudia.

Di sisi lain, Anthony menyoroti bahwa penelitian ini menggunakan sampel yang kecil yakni 38 pasien Covid-19. Pada penelitian itu ditemukan sperma pada orang yang terinfeksi dan orang yang sudah dinyatakan sembuh.

Menurut Anthony, perlu penelitian lanjutan pada sampel yang lebih besar untuk mendapatkan hasil yang bisa digeneralisir.

SUMBER
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fatqurr dan 21 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ahmdfbryan1
Halaman 1 dari 2
Cukup begini aja...


Heboh! Virus Corona di Sperma, Dokter Sarankan Tak Berhubungan Intim
profile-picture
profile-picture
sav.grezza dan indra.69 memberi reputasi
Astajim emoticon-Kagets
Heboh! Virus Corona di Sperma, Dokter Sarankan Tak Berhubungan Intim
profile-picture
profile-picture
profile-picture
greenleaf.189 dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh trimusketeers
Lihat 1 balasan
logika aja lah ini mah ngeue pas sakit penyakit menular mau pilek mau hepatitis ya udah pasti nularin orang lah

muka ditutup pas pilek biasa aja ya ga ngaruh juga kali partnernya kemungkinan besar ketularan
profile-picture
indra.69 memberi reputasi
anjir jadi pria yg pernah terinfeksi corona dan udah sembuh malah rawan menularkan virusnya melalui sperma..
profile-picture
indra.69 memberi reputasi
Terimakasih Republik Rakyat China emoticon-Ultah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bedmuth dan 3 lainnya memberi reputasi
klo oral rentan juga ye emoticon-Bingung
Lihat 3 balasan
yang udah nikah balik ritual waktu jomblo. pakai sabun
semakin berkembang, awal dari droplet, lalu kotoran, sekarang sperma, semoga dari airborne hanya gosip
Saran yg bakal ditolak mentah2 emoticon-Stick Out Tongue
Hayo tambah terus berita yang nakut2in,dokter juga sampai saat ini banyak yg masih pro dan kontra tentang seberapa bahayanya covid 19 ini emoticon-Shutup emoticon-Amazed
Tambah pusing kepala ya kan, bokek...kerja luntang lantung...ngeue harap2cemas begini emoticon-Mewek
lah kemarin di indonesia ada berita semenjak corona banyak yang hamil..

emoticon-Betty
Berhubungan intimnya jarak jauh dulu..emoticon-Traveller
Njir. Kalo udah ke ranah kentot-perkentotan, biarkan seleksi alam aja lah.
profile-picture
superdede101 memberi reputasi
Kalau BJ jd double penularannya emoticon-Ngakak
profile-picture
sav.grezza memberi reputasi
Untuk sementara pake s33x toys aja dulu, kalo ga punya, ada mentimun atau terong emoticon-Ngakak
boro2 ngeue, sebulan ga ketemu secara langsung ma bini yowes ane maen ke 46.166 lagi emoticon-Leh Uga
Ini udh bikin penelitian sendiri? Pakai sample orang Indonesia? Kalau bisa sih jangan ngekor aja sama apa yg diomongin orang luar. Dikerjain melulu yang ada. Ntar dia sebarin hasil penelitian palsu. Negara lain jd takut berkembang biak. Eh dia sendiri beranak pinak sampai luber ke mana2.
iki piye
Wah gawat dong. Pasangan suami istri bisa pusing kalo urusan ranjang juga dilarang emoticon-Matabelo
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di