CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / Wedding & Family /
"Cinta Terlarang" Orang Sunda dan Jawa? Berikut Mitos Sejarahnya!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb6748ef0bdb245e614e472/quotcinta-terlarangquot-orang-sunda-dan-jawa-berikut-mitos-sejarahnya

"Cinta Terlarang" Orang Sunda dan Jawa? Berikut Mitos Sejarahnya!

"Cinta Terlarang" Orang Sunda dan Jawa? Berikut Mitos Sejarahnya!

Sumber: klik

Selamat sore Gansist, ketika mendung datang menjelang paling enak yaitu bobo siang 😂.


Sedikit berbagi cerita dulu sebelum masuk ke pembahasan. Orang tua TS keduanya berasal dari Jawa Tengah yaitu perpaduan antara Semarang dan Banyumas. Paman TS yakni kakak dari ibu kebetulan banyak yang bekerja di luar kota dan kemudian mendapat jodoh atau pasangan di sana, sebut saja di Kota Bogor.

Memiliki saudara yang katakanlah berbeda budaya dengan Ane pribadi yang asli tulen orang Jawa ini memang cukup sulit. Terutama dalam bahasa daerah yang dipakai. Orang Bogor sudah kalian tahu berasal dari Provinsi Jawa Barat, of course mereka menggunakan bahasa Sunda yang hingga detik ini Ane tidak mampu menguasainya 😂. Dan tiap kali Ane mengobrol dengan mereka pasti selalu menggunakan bahasa Indonesia. Meskipun beberapa kosa kata ada yang Ane pahami dan kadang saat mereka ngomong dengan bahasa Sunda ane seolah pura-pura paham dengan perkataan mereka 😁. Tak apalah yang penting kitorang bersaudara bukan.

Pernah mendengar Gansist bahwa ada larangan kenapa orang Jawa itu tidak boleh menikah dengan orang Sunda? Berikut ini adalah kronologi atau sejarah yang membuat kenapa dua suku ini konon tidak bisa disatukan dalam sebuah ikatan sakral.


Quote:


Hmmm, kalo berbicara dikhianati atau disakiti memang bikin kacau ya Gansist. Contoh simpelnya kalo Gansist disakiti oleh orang yang paling dicintai pasti rasa sakitnya bisa menjalar hingga ke ubun-ubun 😂. Dan terkadang jadi sulit memaafkan lantas bisa menimbulkan rasa kebencian yang mendalam. Seperti halnya cinta bisa jadi benci, kalau kebalikannya apa mungkin benci bisa jadi cinta.



Quote:


Di poin kedua ini menurut sejarahnya adalah sebuah titah atau utusan dari Prabu Niskalawastu Kancana. Beliau sudah wanti-wanti janganlah kau menikah dengan orang Jawa. Namanya titah ya Gansist kalau pada saat itu pasti amat sangat disegani dan harus benar-benar ditaati. Takutnya kan kalau titah itu tidak dijalankan mungkin saja akan muncul mitos atau kepercayaan misalnya bisa bernasib sial dan lain-lain. Kemudian titah seorang raja atau prabu adalah suatu hal yang layak untuk dihormati.


Quote:


Spoiler for foto pernikahan:


Lantas di jaman sekarang ini, mungkin sebagian masyarakat yang masih memegang mitos pada sebuah tradisi dan percaya akan mengabulkan permintaan bahwa adanya larangan pernikahan antara orang Sunda dan Jawa. Meskipun yang namanya mitos boleh dipercaya atau tidak dan resikonya pun nantinya dirasakan oleh pihak masing-masing yang menjalani atau tidak menjalaninya.

Namun, bukan masalah suku budaya saja yang bisa jadi penghalang akan sebuah ikatan yang sakral. Ada banyak hal yang harus benar-benar dipahami karena menyatukan dua keluarga menjadi satu itu tidaklah mudah. Restu orang tua adalah hal yang paling utama dalam sebuah hubungan. Sekuat apapun kita meyakini pasangan kita dan benar-benar merasa dia adalah orang yang tepat tetapi, apabila orang tua tidak memberikan restu lantas untuk apa dilanjutkan. Oleh karena itu, dalam memilih pasangan kita wajib tahu benar tentang segala hal bukan samar-samar apalagi yang tak kasat mata 😁.


Bagaimana menurut tanggapan Gansist akan hal ini? Yuk, diskusikan sama-sama. Thanks.



Sumber: klik
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eddiesangadjie dan 190 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Richy211
Halaman 1 dari 12
pertamax buat TS
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adhemy dan 17 lainnya memberi reputasi
Keduax mau buka pakai pastel
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adhemy dan 19 lainnya memberi reputasi
Edited

Mau post lagi males ngetikemoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Kagemane4869 dan 30 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh anakjahanam721
Lihat 15 balasan
Kalau jaman sekarang kayaknya udah ga berlaku, soalnya banyak orang Sunda tinggal di Jawa dan fasih bahasa Jawa, begitu juga sebaliknya banyak orang Jawa tinggal di Sunda dan fasih bahasa Sunda


Tapi untuk keluarga yg memegang teguh adat istiadat masing-masing baik Jawa dan Sunda, saat menikah pasti ngerasain kultur sok dan itu wajar sih ga hanya Jawa Sunda aja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bistome.diyoni dan 28 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
.....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bistome.diyoni dan 17 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh clarafriska
Hilangkan lah mitos2 kaya gini, kasian mereka2 yg memang niat baik utk menikah emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 27 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Hhehe iya gan thxxx.

Quote:


Wkwkwk tapi bnyk yg pakai mgkn gan meskipun di jaman skrg ini.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 17 lainnya memberi reputasi
Quote:


Kalo ichy orang mana? emoticon-Amazed
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 17 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
yah namanya mitos sih percaya nggak percaya, maunya kita yang muda nggak percaya begitu-begituan tapi orang tua kadang masih suka percaya akan hal tersebut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bistome.diyoni dan 19 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
ini masih mending daripada bandung sama ciamis wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gebang85 dan 20 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Mampir dulu baca ceritaemoticon-nyantai
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 17 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
ada suku yg lebih parah. nikah harus sesama sukunya. jarang banget liat orang suku ini punya pasangan dari suku lain.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bistome.diyoni dan 17 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
ya namanya juga mitos, tinggal kitanya aja mau percaya atau kagak. banyak yg nglakuin kek gitu juga aman aman aja. kalo mitos mitos semua diturutin ya jadi ribet sendiri hidupnya wkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
joe1404 dan 18 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Pastel, yummy ih, kalau percaya sih kejadian, kalau cuek nggak juga, seperti komen di bawah saya

Quote:


Pintarnya kamu Jamemoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 17 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Hehehe mitos yg sangat famous ini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bistome.diyoni dan 15 lainnya memberi reputasi
sudah lama tau gan, tapi masih kontroversi tentang kisahnya. Adapula yang mengatakan tidak ada perang bubat, hanya sejarah itu sendiri yang menjadi saksi matanya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 17 lainnya memberi reputasi
Quote:


Ah nggak kok mbakemoticon-Malu (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bistome.diyoni dan 13 lainnya memberi reputasi
Quote:


Iyess sungguh famousss hingga ke penjuru duniaaa wakakaaa.

Quote:


Ouh gtu yaaa jadi saksi bisu.

Quote:

Iya Jam kamu emang pinter emoticon-shakehand
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bistome.diyoni dan 15 lainnya memberi reputasi
Mitos ah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bistome.diyoni dan 14 lainnya memberi reputasi
nitip sendal
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bistome.diyoni dan 13 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 12


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di