CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Capcay Berpotensi Tidak Halal, Waspadai Pemakaian Bahan Ini
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb64ae7eaab2530f31147a4/capcay-berpotensi-tidak-halal-waspadai-pemakaian-bahan-ini

Capcay Berpotensi Tidak Halal, Waspadai Pemakaian Bahan Ini

Capcay Berpotensi Tidak Halal, Waspadai Pemakaian Bahan Ini
Jakarta - 
Capcay adalah hidangan sayuran ala China yang punya banyak penggemar di Indonesia. Meski berbahan sayuran, capcay bisa saja tidak halal karena hal ini.
Hidangan yang terdiri dari berbagai macam sayur mayur ini tidak terdengar asing di kalangan masyarakat Indonesia. Selain populer, capcay mengandung serat pangan, vitamin, dan mineral yang berguna untuk memenuhi gizi harian tubuh.
Capcay dapat diolah sesuai selera konsumen. Ada capcay kuah yang dimasak dengan menambahkan air berlebih hingga capcay goreng untuk mereka yang suka agak kering. Jenis capcay ini dimasak dengan air yang lebih sedikit.




Proses pembuatan capcay pun praktis dan tidak memerlukan waktu yang lama. Pertama, minyak dipanaskan terlebih dahulu. Kemudian, bawang putih dan bawang bombay ditumis sampai harum. Selanjutnya, sayuran sesuai selera dimasukkan ke dalam wajan dan dimasak hingga empuk.
Beberapa orang juga menambahkan irisan bakso sapi dan bumbu-bumbu lain ke dalam capcay. Nah, meski umumnya berbahan sayuran, capcay berpotensi tidak halal. Mengapa?
Auditor Halal LPPOM MUI DKI Jakarta dan Koordinator Auditor Halal 2016, Agum Gumawang mengatakan perlu mencermati bahan-bahan di luar sayuran yang digunakan untuk memasak capcay. Selain sayur-sayuran, diperlukan bahan-bahan tambahan supaya menghasilkan capcay yang gurih dan sedap.


Salah satu bahan tambahan yang digunakan yaitu ang ciu. Berupa hasil fermentasi beras ketan untuk menghasilkan alkohol. Di beberapa restoran yang menyajikan masakan capcay, kadang ang ciu ditambahkan untuk memberi aroma khas Chinese food.
Sesuai dengan Fatwa MUI 10 tahun 2018 menyebutkan bahwa produk makanan yang ditambahkan khamr adalah haram. Jadi, sebagai konsumen muslim harus berhati hati memilih restoran yang menyajikan capcay dengan penambahan ang ciu.
Penambahan bakso sapi pada proses pemasakan capcay menambah titik kritis kehalalan pada hidangan tersebut. Bakso sapi terbuat dari daging sapi yang digiling. Sumber daging sapi harus jelas kehalalannya dan didukung dengan sertifikat halal yang sah.


Proses penggilingan daging kolektif di pasar pun mengakibatkan terjadinya kontaminasi antara daging yang halal dengan daging yang haram. Minyak goreng yang digunakan untuk menumis juga harus diketahui status kehalalannya.
Hal tersebut karena bila menggunakan minyak nabati dari luar negeri biasanya masih ditambahkan lemak hewani kurang lebih 10% untuk meningkatkan kestabilannya terhadap oksidasi. Bukan tidak mungkin lemak hewani tersebut sifatnya tidak halal.


https://food.detik.com/berita-boga/d...55.1570707745

profile-picture
profile-picture
profile-picture
fatqurr dan 61 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh buncitbubar
Halaman 1 dari 7
Mau mbadhog ribet amat, sing penting gak nggarai muntah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 13 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Gak haram gak nasionalis emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zouck90 dan 5 lainnya memberi reputasi
Padahal minyak emoticon-babi, bikin tambah gurih n sedep emoticon-Salaman
profile-picture
profile-picture
profile-picture
akumidtorc dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
enak dan sehat 👍
profile-picture
profile-picture
profile-picture
GamePad dan 4 lainnya memberi reputasi
ini yang dari gue bocah bikin gue bingung ame nih ummat emoticon-Bingung

mamam babi make alkohol harom sampe vaksin aja diributin ada kandungan babinya

eh ternyata koleksi bokep bejibun emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
akumidtorc dan 15 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
sekalian aja

pemakan dan penjual daging babi kudu pake hazmat di pasar

konter daging babi kudu diisolasi dan dagingnya kudu di packing rapat biar ga bercampur sama udara di pasar

setiap restoran yg ga ada logo halalnya kudu punya penyimpanan daging babi terpisah dan terisolasi dari yg masakan halal, dapurnya juga

tempat makan untuk mereka yg pemakan non halal jg kudu diisolasi biar ga mengkontaminasi muslim yg mau makan makanan halal disono


gitu aja kok repot


indonesia itu bhinneka tunggal ika


hormati muslim
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
gak perlu di kasi itu ya aslinya udh enak. Asal ada kaldunya sedikit
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 6 lainnya memberi reputasi
Kalo yg gini ayat2 suci pasti langsung dikerahkan

Coba giliran punya utang, lupa tuh ayat2 suci tentang org berhutang, sampe ada istilah yg utang yg lebih galak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
kalo begitu antum harus hati2 kalo mau minum obat. pasalnya banyak obat mengandung alkohol karena sebagian zat aktif obat tidak dapat larut dalam air
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Bisa halal jika capcay dinyanyikan lagu ya tabtab sebelum dimakan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
akumidtorc dan 5 lainnya memberi reputasi
makan aja ribet. ya kali makan capcay langsung ilang kesadaran. kue aja dulu banyak yang make rum
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 4 lainnya memberi reputasi
ya elah ribet banget sih,kadrun !!!!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gojira48 dan 4 lainnya memberi reputasi
memakai logika muyi:
ingat jangan dekat kafir.
udara disekitarnya berpotensi harom, ada kemungkinan nafas yang keluar dari hidungnya mengandung uap babi.
emoticon-Wkwkwk

pantesan ngimpi ingin khilafak, supaya bisa bikin kota kayak mekkah yang zero kafir.
komunis bersyariah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
akumidtorc dan 13 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
buat sndri kan tau bahannya... hmm
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
Semuanya haram ya akhi emoticon-Recommended Seller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gojira48 dan 4 lainnya memberi reputasi
bikinan nenek saya halal karena gak pake alkoholemoticon-Ultah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 4 lainnya memberi reputasi

Sekalian jangan makan Tape, Durian, Masakan Jepang (mirin) karena mengandung alkohol

profile-picture
profile-picture
profile-picture
gojira48 dan 6 lainnya memberi reputasi
Cobain dulu makan babi jamin ketagihan loe goblokk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gojira48 dan 8 lainnya memberi reputasi
minggat aja dari bumi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gojira48 dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Tambahkan kencing onta langsung netral halal.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gojira48 dan 6 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 7


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di