CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Education /
Manfaat Berjemur Di Pagi Hari
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb631a882d495175263c3b2/manfaat-berjemur-di-pagi-hari

Manfaat Berjemur Di Pagi Hari

Manfaat Berjemur Di Pagi HariPagi hari adalah waktu yang tepat untuk melakukan aktivitas berjemur di bawah sinar matahari, karena di waktu ini panas sinar matahari tidak begitu terik sehingga tidak akan membakar kulit iki yang berakibatkan bisa gosong. Justru di pagi hari sinar matahari akan kaya manfaatnya bagi tubuh kita termasuk bisa menambah sitem imun kita secara gratis tinggal kita duduk saja maka kita akan merasakan manfaatnya.
Sinar matahari di pagi hari akan menghasilkan sinar UV (Ultraviolet) yang menyentuh permukaan kulit untuk diubah oleh tubuh menjadi vitamin D. Vitamin D dibutuhkan untuk menjalankan fungsi metabolisme kalsium, imunitas tubuh, serta mentransmisi kerja otot dan saraf pada tubuh kita. Oleh karenanya, kita dianjurkan untuk berjemur selama 15 menit saja pada waktu yang tepat, yaitu pukul 10.00 setidaknya dilakukan dua atau tiga kali dalam seminggu.

Semenjak maraknya pandemic virus Corona dan sudah banyak menginfeksi banyak orang membuat kegiatan – kegiatan yang dapat meningkatkan kesehatan dan imunitas mulai banyak diminati, salah satunya yaitu berjemur karena dirasa sanga mudah dilakukan dan bisa dilakukan oleh semua kalangan. Selain baik untuk kesehatan tubuh dan imunitas ternyata berjemur juga bisa bermanfaat untuk kulit wajah dan wajah berjerawat. Berikut simak baik – baik manfaat dari berjemur di pagi hari, semoga bisa bermanfaat,

1.     Meningkatkan kekebalan tubuh

Paparan sinar matahari secara langsung dapat membantu menekan sistem imun yang terlalu aktif yang dapat menjelaskan mengapa sinar matahari digunakan untuk mengobati penyakit autoimun seperti psoriasis. Selain itu, karena sel darah putih akan mengalami peningkatan saat terkena sinar matahari maka dari itu hal tersebut akan membantu untuk memerangi penyakit dan mencegah infeksi pada tubuh.

 

2.     Mengurangi risiko kanker

Kekurangan vitamin D dapat meningkatkan risiko kanker, seperti kanker payudara dan usus besar. Tapi dengan berjemur di pagi hari, maka risiko kanker akan menjadi lebih rendah. Drs. Frank dan Cedric Garland dari University of California mengammati bahwa pasien kanker usus besar di New York tiga kali lebih tinggi dari Mexico dan suplementasi vitamin D terbukti mampu menurunkan risiko pengembangan kanker hingga 60%.

 

3.     Meningkat kesehatan tulang

Seperti yang sudah diketahui bahwa vitamin D mampu merangsang penyerapan kalsium dan fosfor yang mampu menguatkan tulang. Vitamin D3 juga memiliki peran penting untuk kepadatan tulang. Vitamin D3 adalah vitamin yang larut dalam lemak yang terbentuk selama pembentukan vitamin D ketika sinar matahari mengenai kulit kita. Jika kalian memiliki kandungan vitamin D3 yang lebih tinggi makan resiko terberatnya akan menderita patah tulang, begitu juga sebaliknya. Oleh karenya berjemur di pagi hari sangat penting untuk kesehatan tulang.

 

4.     Meningkatkan fungsi otak

Salah satu penelitian yang dipimpin oleh ilmuan saraf, David Llewellyn dari University of Cambridge menilai bahwa kadar vitamin D pada lebih dari 1.700 pria dan wanita di Inggris yang berusian 65 tahun atau lebih dan menemukan bahwa fungsi kognitif semakin berkurang ketika vitamin D rendah pada orang tersebut. Jadi vitamin D sangat berpengaruh penting pada kinerja otak kita.

 

5.     Mengurangi gejala Alzheimer

Manfaat berjemur di pagi hari yang keenam adalah untuk mengurangi gejala Alzheimer. Pasien Alzheimer yang terpapar sinar matahari sepanjang hari dari jam 9 pagi hingga 6 malam, diikuti dengan kegelapan malam memiliki mental yang lebih baik. Salah satu penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association menemukan bahwa pasien Alzheimer yang terpapar cahaya terang memiliki lebih sedikit gejala depresi, terjaga saat malam hari, agitasi, dan kehilangan lebih sedikit fungsi dibandingkan mereka yang terpapar cahaya siang hari yang redup.

 

6.     Menurunkan tekanan darah

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang peneliti yang berasal dari University of Edinburg, senyawa yang disebut oxide akan dilepaskan ke dalam pembuluh darah setelah sinar matahari menyentuh kulit. Senyawa tersebut dapat berfungsi untuk membantu menurunkan tekanan darah. Temuan ini begitu penting karena kebanyakan orang menganggap bahwa berjemur akan hanya merangsang produksi vitamin D saja. Selain itu Richard Willer, dosen senior di bidang dermatologi juga mengungkapkan bahwa manfaat berjemur juga bisa memperpanjang umur seseorang dan menurunkan tekanan darah seseorang termasuk mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
pannotia.server dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh andia25


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di