CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Menurut Kalian Gimana Kalau Wajib Militer Di Indonesia Diberlakukan??
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb613bae83c72297d5a5ab2/menurut-kalian-gimana-kalau-wajib-militer-di-indonesia-diberlakukan

Menurut Kalian Gimana Kalau Wajib Militer Di Indonesia Diberlakukan??

       Dalam sistem demokrasi sekarang ini, ajakan bela negara dianggap tidak lagi menarik dan sudah usang. Apakah warga negara muda perlu diikutkan wajib militer (wamil) ataukah tidak perlu?  Atau  dengan  alternatif lain, misalnya dengan pembekalan kesadaran bernegara dengan menjadi pembayar pajak yang baik.  Bagaimana menurut Anda?


Menurut saya konsep kegiatan “Wajib” ini harus ada di Negara Indonesia. Pelaksanaannya dibawah Kementrian Pertahanan yang bekerja sama dengan Kementrian Pembangunan Sumber Daya Manusia. Kegiatan seperti ini menurut saya wajib diatur dalam suatu peraturan khusus yang nantinya bisa diaplikasikan di lapangan. Bentuk kegiatannya tidak harus militer karena semakin berkembangnya Era, militer hanya dijadikan kekuatan diplomatis suatu Negara.Kegiatan yang dimaksud adalah kegiatan yang bisa mengembangkan nilai dari bela Negara itu sendiri.  Kebutuhan militer sangat penting namun dalam semakin berkembangnya era lebih ditekankan pada karakter diri terhadap nilai bela Negara. Sehingga nilai dasar bela Negara dapat ditanamkan pada setiap warga negaranya. Mungkin jika sistemnya demokrasi, warga negaranya bisa diberikan pilihan kegiatan wajib militernya dengan benefitnya sendiri sendiri. Jika demokrasi dijadikan alasan untuk tidak bisa mengatur warga negaranya maka lama kelamaan akan hancur Negara itu, sistem demokrasi bukan sebagai senjata untuk melawan otoriter pemerintah yang mempunyai maksud baik. Jadi menurut saya dibentuk suatu kegiatan wajib yang diatur dalam peraturan perundang undangan dan dalam pelaksanaannya memperhatikan peraturan perundang undangan sebagai dasar dari kegiatan.

           

 Mungkin jika dilihat secara keseluruhan kegiatan yang saya maksud sudah dilakukan, namun saya lebih menekankan pada kegiatan teknisnya. Ibaratnya kegiatan bela Negara yang sekarang lebih ditingkatkan intensifitasnya. Karena menurut saya orang sekarang sudah jarang sekali menggaungan nilai bela Negara ini, ibaratnya nasionalismenya menurun karena globalisasi. Maka dari itu Konsep kegiatan bela Negara ini lebih ditekankan atau diintensifkan. Contohnya ada suatu peraturan perundangan yang berisi tentang kegiatan bela Negara pada tingkat segala bidang di Negara ini. Jadi kesimpulan saya sebenarnya Wamil ini tidak perlu perlu sekali, cuman penanaman nilai dasar tentang bela Negara harus lebih digodok lagi.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
melaticyntia dan 256 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 19
Menurut Kalian Gimana Kalau Wajib Militer Di Indonesia Diberlakukan??
profile-picture
profile-picture
profile-picture
okkydookky dan 48 lainnya memberi reputasi
jangan dong gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
a12s dan 28 lainnya memberi reputasi
dalam rangka apa?
kalau ada perang gua rasa wajar
tapi kalau dalam keadaan seprti belakangan ini gua rasa tidak diperlukan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
a12s dan 34 lainnya memberi reputasi
Lihat 25 balasan
ga wajib militer aja banyak yg ngegas
profile-picture
profile-picture
profile-picture
a12s dan 39 lainnya memberi reputasi
Wamil itu wajib sih menurut ane
emoticon-I Love Indonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
a12s dan 32 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
bocah2 tawuran butuh adrenalin, hrs nya mereka yg ikut wamil, terjun k medan perang, drpd buang2 nyawa ga ada guna
profile-picture
profile-picture
profile-picture
a12s dan 46 lainnya memberi reputasi
Lihat 11 balasan
jadi paham kedisplinan dan SDM jadi lebih baik dari sebelumnya.. serta mengubah mainset warga indo jadi lebih tap tap dan sap sapemoticon-Motret
profile-picture
profile-picture
profile-picture
a12s dan 31 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
ga mungkin gan. sudah itu saja.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
a12s dan 21 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Boleh, tapi abis itu punya pangkat resmi dan permanen ya? Lumayan, selama ini mau masuk akademi polkis ato militer kan keluar uang banyak.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
a12s dan 27 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Pertama, Indonesia gak dalam kondisi perang. (tidak seperti korea selatan)..

Kedua, bukan negara yg sejahtera seperti singapura. Kemampuan militer berbahaya digunakan untuk kejahatan karena faktor ekonomi.

Ketiga, dana yang diperlukan sangaat besar kalau semua milenial yg sudah 18 tahun diwajibkan ikut wamil.

Keempat, tanpa wajib militer pun, Indonesia sudah menganut pertahanan rakyat semesta.
Jadi pas perang, ikut semua. Pak rt, pak rw, camat, lurah, pengangguran, artis hijrah, youtuber gagal, tukang demo, buzzeRp, pelakor, tukang becak, semua angkat senjata

Kelima, stabilitas kawasan. Kebayang ga apa reaksi negara tetangga tau kalau tetangganya yang berpenduduk 270 juta jiwa mewajibkan wamil? Minimal bisa bikin gaduh.. Wkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
a12s dan 74 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Kelabang.Hitam
Lihat 26 balasan
gak usah dulu emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
a12s dan 16 lainnya memberi reputasi
klo menurut ane kurang tepat, lebih baik seleksi masuk tentara atau polisi dibuat mudah dan jauh dari kata sogok menyogok
profile-picture
profile-picture
profile-picture
a12s dan 23 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
netizen yang merasa paling pancasila wajib ikut, buktikan pancasilamu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
a12s dan 21 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh bulboel
Lihat 3 balasan
Ya ga papa sih, klo wamilnya nambahin komponen cadangan dg wamil beneran kaya korea gitu, sama dg tentara dapet latihan bela diri, menembak, mengemudi tank dll...klo wamilnya cuma materi bela negara, dibentak2 sama push up, mending ga usah deh.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
a12s dan 25 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
tunda dulu nanti kalo udah kaya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
a12s dan 15 lainnya memberi reputasi
wohhhhhh wkwkkwkwkw jelas diprotes pada laki-laki si
profile-picture
profile-picture
profile-picture
a12s dan 18 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Ga perlu wajib militer dimari, alasan nya Rakyat indonesia udh biasa ribut sama perang-perangan

profile-picture
profile-picture
profile-picture
a12s dan 20 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
wamil diadakan kalau stok tentara kurang cmiiw
profile-picture
profile-picture
profile-picture
a12s dan 20 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Quote:


Wah typo ternyata wkwkwk harusnya 'para' malah jadi 'pada' wkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
a12s dan 20 lainnya memberi reputasi
Oke. Noproblemo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
a12s dan 20 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 19


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di