CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / Sista /
Ibu Mertua dan Menantu Perempuannya, Tidak Sehoror Dalam Sinetron
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb60b1410d2956f604adb7d/ibu-mertua-dan-menantu-perempuannya-tidak-sehoror-dalam-sinetron

Ibu Mertua dan Menantu Perempuannya, Tidak Sehoror Dalam Sinetron

Mertua Sama Halnya Orangtua Sendiri

Ibu Mertua dan Menantu Perempuannya, Tidak Sehoror Dalam Sinetron

Tips Menjaga Keharmonisan Antara Mertua dan Menantu

Hai, hai apa kabar agan, sista? Semoga sedang bahagia.

Kita jumpa lagi di thread ane, kali ini zne ingin mebahas tentang hubungan antara mertua dan menantu. Lebih spesifik lagi hubungan ibu mertua dan mensntu wanitanya.

Hampir setiap hari kita dicekoki tontonan tayangan televisi, yang mengisahkan hubungan buruk antara mertua dan menantu.

Di mana sosok menantu itu jahat atau sebaliknya. Hubungan buruk mertua dan menantu seolah hal yang lumrah terjadi di masyarakat.

Menjadi mertua dan menantu adalah garis takdir yang pasti akan kita jalani. Jika saat ini kita menjadi menantu, maka suatu hari kita juga akan menjadi seorang mertua. Seharusnya hal ini harus kita ingatkan pada diri kita.

Dalam Islam hubungan mertua dan menantu sampai kapan pun tidak akan terputus jika pasangan suami isteri telah berhubungan badan. Walaupun hubungan suami istri akhirnya terpisah karena perceraian atau pun meninggal dunia.

Itu artinya antara mertua dan menantu tidak ubahnya seperti orang tua dan anak.

Biasanya hubungan tidak akur terjadi pada jenis kelamin yang sama, misalnya ibu mertua dengan menantu perempuannya.

Hal ini mungkin saja terjadi karena sang Ibu sangat menyayangi puteranya dan overproktektif. Ia berpikir menantunya tidak bisa menyayangi putranya sebaik dirinya. Beliau juga merasa posisinya di hati sang anak akan tergantikan oleh menantunya ini.

Alangkah baiknya jika berada dalam kondisi seperti ini, anak berbicara dengan ibunya dari hati ke hati. Meminta pengertian dan meyakinkan sang ibu, bahwa cinta ibu tak kan terganti oleh hadirnya sang istri. Juga jangan sungkan untuk memberi pengertian bahwa menantu adalah anak, yang harus disayangi, ditegur jika membuat kesalahan dan diberi tahu jika tak mengetahuinya.

Selain itu ada rasa cemburu di antara keduanya, merasa diri lebih penting posisinya di mata sang anak (suami). Seandainya sangat anak bisa menengahi, rasa cemburu antara istri dan ibu akan bisa diminimalisir.

Hubungan harmonis antara mertua dan menantu bukanlah hal yang mustahil, jika saja keduanya menerapkan hal-hal berikut ini:

1. Saling Menghormati dan Menyayangi

Ibu Mertua dan Menantu Perempuannya, Tidak Sehoror Dalam Sinetron

Sudah menjadi hukum alam bila yang muda menghormati yang tua, dan yang tua menyayangi yang muda. Hal ini juga berlaku pada hubungan antara mertua dan menantu.

2. Saling Menghargai Kedudukan Masing-Masing

Ibu Mertua dan Menantu Perempuannya, Tidak Sehoror Dalam Sinetron

Seyogyanya keduanya menyadari kedudukan masing-masing, dan menempatkan diri pada posisinya. Mertua adalah orang tua bagi menantu dan menantu adalah anak bagi mertua. Antara orang tua dan mertua keduanya adalah sama tiada bedanya. Demikian pula dengan menantu dan anak sendiri, keduanya sama-sama anak yang harus disayangi, diarahkan, dan dinaungi.

Antara mertua dan menantu mempunyai posisi yang berbeda, dan tak seharusnya saling memperebutkan posisi di samping anak (suami atau istri) karena keduanya mempunyai peran yang berbeda.

3. Bangun Empati

Ibu Mertua dan Menantu Perempuannya, Tidak Sehoror Dalam Sinetron
Cobalah untuk memahami perasaan orang lain. Orang lain yang dimaksud disini adalah mertua/menantu. Jika kamu saat ini tengah menjadi seorang menantu, cobalah berempati dengan merasakan jika kamu seorang mertua. Demikian juga sebaliknya. Dengan begitu kita bisa melihat sesuatu dari sudut pandang berbeda.

4. Membangun Komunikasi yang Baik

Ibu Mertua dan Menantu Perempuannya, Tidak Sehoror Dalam Sinetron

Komunikasi bisa terjalin karena seringnya berinteraksi. Meskipun tempat tinggalnya jauh, bisa sesekali menelepon atau ngobrol saat bertemu.

5. Memberi Perhatian

Ibu Mertua dan Menantu Perempuannya, Tidak Sehoror Dalam Sinetron

Tujukan perhatian pada mertua atau menantu. Tentu perhatian ini harus dari hati agar sampai pula ke hati yang dituju.

6. Sopan Santun

Ibu Mertua dan Menantu Perempuannya, Tidak Sehoror Dalam Sinetron

Jangankan kepada mertua, kepada siapa pun kita harus menjaga adab dan sopan santun. Sikap santun ini nantinya kita juga yang akan merasakan timbal baliknya. Karena sejatinya sikap orang lain adalah respon terhadap sikap kita sendiri.

Nah itu dia bagaimana cara membangun keharmonisan antara mertua dan menantu. Jangan sampai kita terjebak pada statement bahwa mertua /menantu itu jahat seperti dalam sinetron. Sebab hubungan mertua dan menantu sama seperti halnya dengan hubungan orang tua dan anaknya.

Terima kasih sudah mampir, silahkan cendol, rate dan sharenya. Salam santun dan jangan lupa bahagia.

Opini Pribadi

reverensi sumber gambar


profile-picture
profile-picture
profile-picture
swiitdebby dan 39 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh husnamutia
Halaman 1 dari 2
Seperti apa pengalamanmu dengan ibu mertua?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Seperti apa mertuamu, apakah seperti dalam sinetron?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan 5 lainnya memberi reputasi
Nice tips sist
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
kagak ada pengalaman
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Mertua tinggal di kampung aku di jakarta. Jadi ga pernah konflik, sekarang udah almarhum, sedih juga sih merasa blm banyak berbakti.

Ortu aku sama mantu mantunya baek banget ga pernah semena mena. Aku juga dapet mertua baek, ipar baek dan sopan. Alhamdulillah deh di keluarga aku mah ga ada mertua menantu yg kek di sinetron. Harmonis aja.

Ibu aku juga punya banyak sodara tiri tapi hubungannya baek semua. Ga ada bedanya sama sodara kandung.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Ibu mertua seperti ibu kandungku. Sama-sama perhatian dan baik.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Quote:


Nikah yuk sis emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Menyayangi dan mencintai mertua itu harus
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
mertua ane jg baik, perhatian, suka ngirimin makanan kesukaan dan ga pernah kepo urusan rt anak2nyaemoticon-heart
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
mertua yang baik, idaman menantu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Nggak punya mertua. Hiks hiks
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
pic nya emang dobel dobel gitu ya sis? senagaja apa ga sengaja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Info yang bermanfaat, emang sebagian ada menantu yg tidak akur dgn ibu mertua.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
mertuaku, keren!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Quote:


Cariin dong sis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
mertuaku seperti ibu kandungku. Alhamdulillah...
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan husnamutia memberi reputasi
Lihat 5 balasan
semoga hubunganku dan mertua selalu baik
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Mertuaku panutanku juga
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan husnamutia memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Kangen Ibu Ani Yudhoyono 😌
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
sama2 saling mengerti aja sih tg penting ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di