CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Indonesia Terus Pantau Aktivitas di Laut Cina Selatan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb6001d68cc954e416ecd93/indonesia-terus-pantau-aktivitas-di-laut-cina-selatan

Indonesia Terus Pantau Aktivitas di Laut Cina Selatan

Indonesia Terus Pantau Aktivitas di Laut Cina Selatan

Jakarta - Indonesia menegaskan akan menjaga perdamaian dan stabilitas di Laut Cina Selatan di tengah pandemi COVID-19. Indonesia mendorong semua pihak menahan diri dari tindakan yang dapat meningkatkan ketegangan.

Dalam konferensi pers virtualnya bersama media internasional, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan bahwa Indonesia terus mengikuti perkembangan aktivitas di Laut Cina Selatan (LCS). Pemerintah Indonesia menyatakan prihatin atas situasi saat ini.

“Indonesia menyatakan keprihatinannya terkait situasi terkini di Laut Cina Selatan, yang mana berpotensi meningkatkan ketegangan di saat upaya kolektif global sangat dibutuhkan dalam melawan COVID-19,” kata Retno.

Menlu Retno Marsudi menegaskan pentingnya menjaga perdamaian dan stabilitas di LCS. “Termasuk memastikan kebebasan navigasi dan penerbangan, serta mendorong semua pihak untuk menghormati hukum internasional laut, khususnya Konvensi Hukum Laut PBB (UNCLOS) 1982,” jelasnya.

Saat ini negosiasi kerangka Kode Etik (Code of Conduct, CoC) terkait isu LCS antara ASEAN dan Cina tengah ditunda karena pandemi COVID-19. Indonesia menyerukan semua pihak agar menahan diri dari segala tindakan yang dapat berpotensi menggerus rasa saling percaya dan meningkatkan ketegangan di Lkawasan.

“Indonesia percaya bahwa situasi kondusif di Laut Cina Selatan dapat mendukung jalannya proses negosiasi CoC. Maka dari itu, kami tetap berkomitmen untuk memastikan negosiasi CoC efektif, substantif, dan dapat terlaksana terlepas pandemi COVID-19,” kata Retno.

Cina siaga tinggi

Dilansir South China Morning Post, Pemerintah Cina menegaskan bahwa pihaknya berada dalam “siaga tinggi” untuk menjaga wilayah perairannya. Hal ini menyusul masuknya kapal-kapal milik AS ke wilayah LCS sebagai bentuk penolakan terhadap klaim ekspansif Cina.

Pihak AS menyatakan, kapal penjelajah USS Bunker Hill tengah melakukan “operasi kebebasan bernavigasi” di Kepulauan Spratly. Sehari sebelumnya kapal perusak USS Barry melakukan operasi serupa di Kepulauan Paracel Kedua wilayah tersebut merupakan titik panas sengketa teritorial antara Cina dengan negara-negara tetangganya.

Tak mau kalah, Cina lalu menggelar latihan kapal perang di wilayah Kepulauan Sparatly, dengan alasan meningkatkan kemampuan pengawalan terhadap kapal dagang Cina atas ancaman pembajakan.

Sebelumnya pada awal April, sebuah kapal penangkap ikan milik Vietnam tenggelam di perairan Kepulauan Paracel setelah ditabrak oleh Kapal Penjaga Pantai Cina. Selain itu, Cina mengirim kapal penelitian Haiyang Dizhi 8 di perairan sekitar. Kapal itu dilengkapi juga dengan persenjataan sebagai sarana keamanan.


https://amp.dw.com/id/indonesia-teru...tan/a-53351216


Kekuatan anggaran Militer Negara Negara Asia:


Indonesia: 108 Triliun

Singapura: 145 Triliun

Jepang: 713 Triliun

Korea Selatan: 522 Triliun

Korea Utara: 54 Triliun

China 3.500 Triliun

Malaysia: 71 Triliun

Amerika Serikat: 27.000 Triliun


saya pernah membaca di forum militer, sebenarnya Jepang sangat mampu menyamai anggaran militer china, namun dilarang oleh amerika serikat. Dan jepang pun mengurungkan niatnya.

Saya mau tanya, mengapa amerika melarang jepang membangun kekuatan militer? Apa sebabnya?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fatqurr dan 19 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh 747.400
Halaman 1 dari 2
Pearl Harbor. emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
crazzyid dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
tapi pengamanan laut china selatan oleh AS tetep harus jalan gan biar china gk seenaknya ngeklaim teritori negara2 lain di laut china selatan tapi tetep jangan sampe perang jg gan berabe ntar urusannya keamanan regional terancam jadinya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
alifiabm dan 2 lainnya memberi reputasi
utang amerika berapa ya emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
crazzyid dan darmawati040 memberi reputasi
Ada perjanjian tahun 1946 oleh Amerika Serikat setelah kekalahan besar Jepang dalam Perang Dunia II, konstitusi secara hukum melarang Jepang melakukan perang dan mendapatkan “potensi perang.” Pasal 9 – sering disebut sebagai klausul perdamaian – menolak perang sebagai hak kedaulatan dan ancaman atau penggunaan kekuatan sebagai sarana untuk menyelesaikan perselisihan internasional. Artikel Pasal 9 antara lain menyebutkan bahwa “kekuatan darat, laut, dan udara, serta potensi perang lainnya, tidak akan pernah dipertahankan.”

Terlepas dari artikel tersebut, Jepang kemudian mendirikan pasukan bela diri atau Self Defence Force (SDF) pada tahun 1954, membangunnya menjadi salah satu angkatan bersenjata paling maju di dunia. Kekuatan SDF diperkirakan 240.000 personil.

Pemerintah Jepang, dapat melakukan ini dengan alasan bahwa karena tujuan eksklusif SDF bersifat defensif, termasuk keputusan sadar untuk tidak mendapatkan senjata yang berorientasi melanggar larangan mendapatkan kemampuan yang berpotensi untuk memulai perang. Perjanjian lain juga menyebutkan bahwa AS bertanggung jawab mempertahankan Jepang dari agresi luar dengan keberadaan Pangkalan AS di Okinawa.

Di dalam negeri, SDF bukan militer. Bagi semua orang di luar Jepang, SDF adalah militer. Sehingga SDF sebenarnya adalah  militer kecuali namanya saja yang berbeda. Pada faktanya, Jepang memiliki kemampuan secara mandiri membuat sistem persenjataannya yang modern, termasuk meluncurkan kapal perang penjelajah kelas Hyuga, yang lebih mirip dan berkemampuan sebagai “kapal induk mini”.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
crazzyid dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Banyak banget kadrun dan sipiters yg nyerang amerika soal utang, tandanya mereka ga paham ekonomi emoticon-Big Grin

Begini ya, saya jelaskan..

amerika itu berutang dalam negeri, berutang kepada The Fed. Dan itu bukan masalah bagi amerika, sudah dari tahun 60an amerika diserang soal utang, apa amerika hancur?

engga tuh, yg ada malah makin hebat emoticon-Big Grin

sekarang banyak yg benci amerika, bukan cuma kadrun yg benci, tapi cina cina anjing bangsad pukimak sipit mata segaris meki juga sangat membenci amerika.

kenapa? Karena mereka membela negara leluhurnya

apapun tentang amerika mereka ga senang..

Kamu boleh tanya pakar ekonomi internasional, mereka anggap isu utang amerika ini terus diblow up china supaya ingin menjatuhkan nama amerika itu sendiri..

urus saja taik yg berceceran di negara china
Urus dulu sanitasi, di china masih banyak yg belum punya wc

Di china ketimpangan kaya dan miskin sangat mengerikan, di beijing kamu melihat kemegahan, namun di utara sichuan kamu akan melihat kemiskinan yg mengerikan..

hai sipit sipit kaskus, sadarlah kalian, china sampai sekarang masih negara berkembang..sadar dirilah kalian

Sekarang cokin dan kadrun bersatu melawan amerika..

dulu musuh amerika cuma kadrun, sekarang cokin cokin anjing malah ngelunjak emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
crazzyid dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Sayang sekali pesawat kepresidenan China pakai pesawat buatan mamarika 747-400

mengapa cinak yg katanya negara hebat tidak membuat pesawat kepresidenan sendiri ya?

padahal china ada ARJ dan Xian Ma, kenapa Xi Jinping malah pake pesawat mamarika?

ayo buat dong pesawat, jangan tergantung boeing melulu emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
crazzyid dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Presiden china Xi Jinping ngotot sekolahkan anak perempuan semata wayangnya Xi Mingze ke Harvard University.

loh katanya amerika lemah, katanya amerika miskin..

kok anaknya disekolahkan ke negara kafir?

gimana sih pasukan sipit kaskus? Kok malah sekolah ke amerika, kenapa ga sekolah di china aja, kan ada Tsinghua University..

takut injak taik ya di kelas? emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
crazzyid dan 2 lainnya memberi reputasi
Cokin anjing dan kadrun setan benci banget sama amerika, tapi:

1. Masih naik boeing
2. Masih pakai android
3. Masih pakai google
4. Masih nongkrong di starbucks
5. Masih beli iphone
6. Masih nonton netflix

dan masib banyakkkkkk lagiii

dulu kukira cokin adalah sahabat, tapi sekarang cokin cokin pada ngelunjak

padahal amerika sudah berkorban untuk dunia ini emoticon-Frown
profile-picture
profile-picture
profile-picture
crazzyid dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
kenyataannya
dari dulu china sudah membangun di laut china selatan
si bule paok amerika saja yg dari dulu tak mampu usir china dari laut china selatan

dijamin 100000000000000000000000000000000000000000000000000000 %
amerika yg lagi sendirian itu tak akan memulai perang

setahu kita2 ..amerika itu tak berani sendirian perang
biasanya amerika suka minta bantuan sekutu NATO

kalau amerika sendirian perang tanpa bantuan sekutu
nanti bisa-bisa kalah lagi macam perang di vietnam
untuk menghibur diri amerika maka dibuatlah film rambo
seolah2 amerika menang perang vietnam
Indonesia Terus Pantau Aktivitas di Laut Cina Selatan[/
Indonesia Terus Pantau Aktivitas di Laut Cina Selatan
profile-picture
profile-picture
crazzyid dan darmawati040 memberi reputasi
asik nee pada saling ngegaZzzemoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
crazzyid dan 2 lainnya memberi reputasi
buat TS...
kalau ente suka china vs amerika
ke BPLN saja

ok ..jadi ingat klipingan mantap dari sepuh BPLN methadone.500mg
[copas dulu quote postingan methadone.500mg
pakar buli sinophobia pemuja bule amerika di kaskus

Quote:


profile-picture
profile-picture
crazzyid dan darmawati040 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Takut jepang balas dendam emoticon-Takut (S)
profile-picture
profile-picture
crazzyid dan darmawati040 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
amerika tai ledik kalo mereka punya keinginan pasti ga segan mengorbankan orang apalagi cuma orang asia
profile-picture
profile-picture
crazzyid dan darmawati040 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Pantesan utang Sampe 375kadrunliunemoticon-Leh Uga
Gila gilaan anggarannya
profile-picture
crazzyid memberi reputasi
indonesia cma bsa mojok doang ini.. hadeh
profile-picture
crazzyid memberi reputasi
buset dah itu triliunan sampe 27rb emoticon-Leh Uga
profile-picture
crazzyid memberi reputasi
Ini ts klonengan id George bush bukan sih, pembawaannya selalu sama banding-bandingin itu sama ini. Padahal jawabannya bisa cari dengan googling emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
crazzyid memberi reputasi
Laut Cina Selatan masih termasuk teritori Nyi Roro Kidul kaga bray..? kalo masih kekuasaan beliau, pemerintah Indonesia dimohon tetap tenang gausah pake panik...


emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
crazzyid dan jagotorpedo memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh gembaladomba13
Quote:




1 Jepang sudah "menyerahkan" soal keamanan ke pada US army dengan adanya 109 pangkal us dan 50k tentara us disana...dalam perjajian pertahana antara jpn + usa...

2.jpn juga secara konstitusi di larang punya ab...tapi di perbolehkan punya Self defense force aka hansip buat mempertahankan diri sendiri bukan buat ekspansi

Dan soal militer jpn juga cukup buat bikin naga berdarah2...
profile-picture
crazzyid memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di