CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Anies: Corona Terdeteksi Sejak Januari, Pusat Larang Lakukan Tes Covid-19
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb5df3268cc954b44554b43/anies-corona-terdeteksi-sejak-januari-pusat-larang-lakukan-tes-covid-19

Anies: Corona Terdeteksi Sejak Januari, Pusat Larang Lakukan Tes Covid-19

Anies: Corona Terdeteksi Sejak Januari, Pusat Larang Lakukan Tes Covid-19

Kepada media Australia, The Sydney Morning Herald, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku sempat dipersulit pemerintah pusat dalam pencegahan wabah virus corona covid-19.

Pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Kesehatan, disebut mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu, sempat tak mengizinkan Pemprov DKI Jakarta melakukan tes covid-19 pada Januari lalu.

Padahal, kata Anies, Pemprov DKI Jakarta telah mendeteksi keberadaan wabah virus corona di Indonesia sejak Januari atau dua bulan sebelum Presiden Joko Widodo mengumumkan kasus infeksi pertama pada 2 Maret 2020.

“Ketika jumlahnya mulai naik terus, pada waktu itu kami tidak diizinkan melakukan pengujian. Jadi, setiap kali kami memiliki kasus, kami mengirimkan sampel ke lab nasional (yang dikendalikan pemerintah),” kata Anies dikutip dari The Sydney Morning Herald, Jumat (8/5/2020).

“Dan kemudian lab nasional akan menginformasikan, positif atau negatif. Pada akhir Februari, kami bertanya-tanya mengapa semuanya (sampel tes) dikatakan negatif?” tambahnya.

Dalam prosesnya, usaha Pemprov DKI Jakarta dalam menangani wabah virus Corona memang kerap tak sejalan dengan pemerintah pusat.

Permintaan Anies Baswedan untuk memberlakukan karantina wilayah di Jabodetabek pada akhir Maret lalu bahkan ditolak mentah-mentah oleh Istana Negara.

Sebagai gantinya, Presiden Joko Widodo justru memilih menerapkan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang secara aturan tak seketat karantina wilayah alias lockdown.

Kekinian, pemerintah pusat menyampaikan narasi-narasi optimistik bahwa curva infeksi virus Corona di Indonesia mulai mengalami penurunan.

Gugus tugas COVID-19 Indonesia juga memprediksi masyarakat bisa kembali kekehidupan normal pada Juni atau Juli kendati waktunya disebut-sebut kembali mundur hingga Agustus.

Hal itu kemudian dibantah oleh Anies. Menurutnya, dari data yang pihaknya himpun, belum ada tanda-tanda curva infeksi Covid-19 di Tanah Air akan segera melandai.

Anies juga menyindir pemerintah pusat yang dinilainya kurang menganggap penting ilmu pengetahuan dan hasil penelitian sebagai dasar kebijakan memerangi Covid-19.

“Mengapa saya tidak ingin membuat prediksi? Karena saya melihat data, itu tidak mencerminkan sesuatu yang akan segera berakhir,” jelas Anies.


“Itulah yang dikatakan oleh para ahli epidemiologi. Ini adalah waktu di mana para pembuat kebijakan perlu mempercayai ilmu pengetahuan.”



sumber: http://www.wartaregional.com/2020/05/08/anies-akui-ke-media-asing-januari-sempat-dilarang-lakukan-tes-covid-19/
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fatqurr dan 66 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 8
Counter attack

Anies: Corona Terdeteksi Sejak Januari, Pusat Larang Lakukan Tes Covid-19
profile-picture
profile-picture
profile-picture
KurohinaM1911 dan 11 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh matt.gaper
Omongan sampah sejak januari. Jika januari tahu kenapa itu monas sampe di aspal dan ngotot mengadakan formula E? Sampe akhirnya karena ada desakan akhir feb baru di bongkar buang2 anggaran. Hehehehe goblok. Yg percaya dgn omongan wan abud perlu di periksakan otaknya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
supra2017 dan 87 lainnya memberi reputasi
Lihat 11 balasan
langsung terang-terangan nih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
liee dan 7 lainnya memberi reputasi
emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
liee dan 5 lainnya memberi reputasi
Ngotot lockdown eh ngga pny anggaran memang sampah ini wan abud.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
liee dan 24 lainnya memberi reputasi
politik adu domba sedang dimainkan oleh mahluk bernyawa ini..

emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
KurohinaM1911 dan 30 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Udah tau dari awal januari kenapa gak nyiapin duit buat ngasih makan warga?

Masker juga bukannya di beli pas masih murah
Malah di jual ke warga 300rb per box

Banjir aja yg dari awal januari juga gak beres

Dasar halu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
stomap dan 35 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh chisaa
Lihat 7 balasan

Pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Kesehatan, disebut mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu, sempat tak mengizinkan Pemprov DKI Jakarta melakukan tes covid-19 pada Januari lalu.


https://en.wikipedia.org/wiki/COVID-19_testing

When scientists from China first released information on the COVID‑19 viral genome on 11 January 2020, the Malaysian Institute for Medical Research (IMR) successfully produced the “primers and probes” specific to SARS-CoV-2 on the very same day. The IMR's laboratory in Kuala Lumpur had initiated early preparedness by setting up reagents to detect coronavirus using the rt-PCR method.[117] The WHO reagent sequence (primers and probes) released several days later was very similar to that produced in the IMR's laboratory, which was used to diagnose Malaysia's first COVID‑19 patient on 24 January 2020.[118]

Public Health England developed a test by 10 January,[119] using real-time RT-PCR (RdRp gene) assay based on oral swabs.[120] The test detected the presence of any type of coronavirus including specifically identifying SARS-CoV-2. It was rolled out to twelve laboratories across the United Kingdom on 10 February.[121] Another early PCR test was developed by Charité in Berlin, working with academic collaborators in Europe and Hong Kong, and published on 23 January. It used rtRT-PCR, and formed the basis of 250,000 kits for distribution by the World Health Organization (WHO).[122] The South Korean company Kogenebiotech developed a clinical grade, PCR-based SARS-CoV-2 detection kit (PowerChek Coronavirus) approved by Korea Centers for Disease Control and Prevention (KCDC) on 4 February 2020.[123] It looks for the "E" gene shared by all beta coronaviruses, and the RdRp gene specific to SARS-CoV-2.[124]

In China, BGI Group was one of the first companies to receive emergency use approval from China's National Medical Products Administration for a PCR-based SARS-CoV-2 detection kit.[125]

In the United States, the CDC distributed its SARS-CoV-2 Real Time PCR Diagnostic Panel to public health labs through the International Reagent Resource.[126] One of three genetic tests in older versions of the test kits caused inconclusive results due to faulty reagents, and a bottleneck of testing at the CDC in Atlanta; this resulted in an average of fewer than 100 samples a day being successfully processed throughout the whole of February 2020. Tests using two components were not determined to be reliable until 28 February 2020, and it was not until then that state and local laboratories were permitted to begin testing.[127] The test was approved by the FDA under an EUA.[citation needed]


reagennya januari tidak ada kok nyalahin pusat ? emoticon-Gila

negara2 lain aja kebanyakan mulai feb reagen baru ada.

siapa yang ngibul ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
th3d4rk dan 39 lainnya memberi reputasi
Lihat 10 balasan

Seru nih, alamat makin dipersulit sama pusat ente mainnya gini nis...

Ditunggu kelanjutannya sedap2 gurih uyy
profile-picture
profile-picture
profile-picture
liee dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Sembarangan lu bud, pemerintah pusat udah mati matian kerja ampe ngediskon tiket pesawat dri bulan itu gmana sih emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
StrikeZZZ dan 18 lainnya memberi reputasi
Duri dalam daging emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
liee dan 12 lainnya memberi reputasi
Salam juara jumlah positif terbanyak se-Indonesia.

Anies: Corona Terdeteksi Sejak Januari, Pusat Larang Lakukan Tes Covid-19

emoticon-Ultah

Ga mampu ngatasin masalah, pusat yang disalahin.
Kayak kadrun, kurang mampu nahan nafsu.. sumber makan ditutup.

Anies: Corona Terdeteksi Sejak Januari, Pusat Larang Lakukan Tes Covid-19

emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
liee dan 28 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
luarnya bagus dalamya bosokan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
liee dan 7 lainnya memberi reputasi
januari februari bukannya lagi sibuk ngaspal monas?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
th3d4rk dan 8 lainnya memberi reputasi
Mau ngibul lagi Wan?


Anies: Corona Terdeteksi Sejak Januari, Pusat Larang Lakukan Tes Covid-19

GIF
profile-picture
profile-picture
profile-picture
liee dan 22 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh 37sanchi
the next presiden kah? emoticon-Takut
pinter sekali cari muka di media asing
profile-picture
profile-picture
profile-picture
liee dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
hampir saja tenggelam dengan rayuan emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
liee dan 6 lainnya memberi reputasi
well ... monggo Pusat dibales komennya pemprov emoticon-Cool ....

cuman mau tanya klo hasil uji itu memangnya harus dikirim ke lab nasional kah ? gak bisa ke lab sendiri ato di cek sendiri ?

dan apakah impor tes covid itu harus melalui pusat kah ? emoticon-Traveller

selain itu utk lokdon sudah ada kesiapan dana nya ? emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
liee dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Januari ente masih nyanyi "begadang" rhoma irama. Ngumpet dr banjir. Eyel2an soal banjir.

Ini penghianat banget mulutnya. Kalo di peperangan gak segan2 kasih info kelemahan bangsanya sendiri ke asing. Dlm peperangan biasanya di dor nih mulutnya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
liee dan 24 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh dragonguy
Lihat 1 balasan
Panggilan
untuk divisi relawan ebong, kerja rodi

dan divisi buzeRp ebong spesialis narasi kedunguan

harap mbacot segera !!
Khusus buzeRp
wajib komeng = absen !
emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
KurohinaM1911 dan 23 lainnya memberi reputasi
Lihat 10 balasan
Halaman 1 dari 8


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di