CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Ridwan Kamil Ungkap Menteri ‘Rebutan’ Beri Bansos: Kalau Bisa 1 Pintu, 1 Waktu
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb5db330577a9166437fe70/ridwan-kamil-ungkap-menteri-rebutan-beri-bansos-kalau-bisa-1-pintu-1-waktu

Ridwan Kamil Ungkap Menteri ‘Rebutan’ Beri Bansos: Kalau Bisa 1 Pintu, 1 Waktu

Ridwan Kamil Ungkap Menteri ‘Rebutan’ Beri Bansos: Kalau Bisa 1 Pintu, 1 Waktu

Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil (RK) mengatakan ada 40 hingga 65 persen populasi di Jawa Barat yang membutuhkan bantuan karena terdampak pandemi virus Corona (COVID-19). RK pun curhat rumitnya mengatur bantuan dari para menteri Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang rebutan untuk memberikan bantuan sosial.

“Prediksinya hanya 40 persen (yang butuh bantuan). Ternyata aspirasi dari akar rumput sampai hari ini itu 65 persen. Kita cari-cari uang. Uang ada lah, nggak ada masalah. Tapi poinnya, pemerintah pusat itu semua kementerian ingin ngasih bansos,” kata RK, Jumat (8/5/2020).

“Kementerian Sosial ngasih, Kementerian Desa ngasih, Kementerian Tenaga Kerja lewat Kartu Pra Kerja ngasih, kemarin Kementerian Pariwisata juga ngasih. Masalahnya satu sama lain itu caranya sendiri, mekanismenya sendiri, dan timing-nya sendiri,” imbuhnya.

RK menceritakan bantuan-bantuan dari kementerian itu tidak datang dalam waktu yang tidak bersamaan. Ia pun mengaku kesulitan menjelaskan kepada masyarakat soal jatah bantuan yang akan didapatkan.

“Kan bisa dibayangkan rumitnya kan. Mending kalau bantuan-bantuan yang banyak ini datangnya bersamaan ke satu RT, sehingga warga tenang walaupun bentuknya beda-beda. Ini, saya (Pemprov Jabar) tanggal 15, Kemensos tanggal 20, Kemendes tanggal 27, Pak Jokowi bagi sembako tanggal 4 Mei. Sehingga waktu ada yang dibagikan, seperti saya duluan, karena kami melakukan PSBB, jadi kita harus menyamakan PSBB dengan bantuan, maka kita mendahului, itu bedanya dengan Jawa Tengah,” ungkap RK.

Hingga kemudian, sebut RK, kecemburuan antarmasyarakat timbul. Kecemburuan itu lah yang menurutnya tidak mudah untuk dihilangkan.

“Nah, orang memang ada dinamika seperti kepala desa dan lain-lain ‘kenapa ini dapet, itu nggak dapet?’ Nah, si yang nggak dapet itu berburuk sangka, ‘oh, berarti saya nggak kebagian’. Padahal bukan nggak kebagian, tapi waktunya belum datang. Jatahnya dia 4 hari kemudian. Nah menjelaskan ini ke masyarakat itu tidak mudah,” papar dia.

Karena itulah, RK mengatakan dirinya sudah meminta kepada Presiden Jokowi agar bantuan-bantuan itu datang dalam waktu yang bersamaan. Dengan begitu, akan memudahkan dan tidak menimbulkan kecemburuan di kalangan penerima bantuan.


“Maka saya sudah di rapat kabinet minta ke Pak Jokowi, yang kemarin ramai rapat dengan Pak Menko PMK, agar satu pintu satu waktu. Kalau bisa satu pintu satu waktu, itu banyak bantuan itu sehingga mau bentuknya dari menteri beda-beda, karena datangnya satu waktu, orang tidak cemburu kan. Karena ini tidak datang satu waktu, orang banyak berburuk sangka bahwa dia nggak kebagian,” ujar RK.



sumber: http://www.wartaregional.com/2020/05/08/rk-ungkap-menteri-rebutan-beri-bansos-kalau-bisa-1-pintu-1-waktu/
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fatqurr dan 12 lainnya memberi reputasi
menteri jokowi itu kerja sendiri lah wong presidennya gak ngerti apa2
daripada minta jokowi benerin menteri mending langsung ke perdana menteri luhut aja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Sang Pembantai dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan

Kurang ngerti sop yg baik bagi bansos shrsnya gimana, antara pemda atau pempus

Di pempus ada kemensos shrsnya yg bisa koordinir atau mungkin di pemda bisa dinsos yg bisa koordinir bantuan yg dtg
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
Kalo ngasih bantuan semua nya caper, giliran kena masalah ngumpet ke gorong2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jfun790 dan 3 lainnya memberi reputasi
semoga kurang koordinasi ini segera teratasi emoticon-Angel
profile-picture
profile-picture
jfun790 dan darmawati040 memberi reputasi
dalam hidup ini bila kita jadi orang baik itu banyak orang yang ingin bantu. emoticon-Angel
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
harusnya koordinator itu pemda,soalnyanyg tau jelas rakyatnya itu pemda,pemerintah pusat dalam hal ini kementrian yg terkait harusnya berkoordinasi sama pemda jangan main selonong boy aja
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
jawa barat dibom buat ngeruk suara,abud makin blangsak jakarta diblangsakin emoticon-Leh Uga
sementara kalo jateng jatim jabar uda dikuasai tinggal tunjuk aja udah jadi presiden
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
Diubah oleh localsecurity
Ngak mentri ngak presiden
Pingin tampil di bansos
Jadi inget bansos mundur krn belum ada stempel jokowi
Padahal yg di pakai bansos bukan uang pribadi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jfun790 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Betul kata Pak rk, semua pada caper sama bantuan.

Ada salah satu kepala daerah dijatim, semua ormas, kary. Pabrik, umkm disurati disuruh mengajukan bantuan terdampak begitu jumlah yg diajukan turun, cuman seuprit jumlah penerimanya tdk sesuai yg digembar gemborkan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan 2 lainnya memberi reputasi
bukanny bagus makin banyak yg kasih
berlomba lomba lah dalam kebaikan
gitu katanya
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Beda pemikiran ama yg sebelah ya

kalo yg ono
malah nunda bansos gara2 bansos pempus turun,
ga mau barengan.

Entah kenapa


emoticon-Ngakak
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
Antara bansos dan pansos. emoticon-Malu
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
kritikan yang bagus dari RK
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
Kalo di jabar pemprov sama kementrian rebutan kasih bansos, malah pemprov nya gercep paling duluan kasih.

Kalo di DKI pemprov lempar tanggung jawab ke kementrian buat kasih bansos..

Pelit amat ni wanabud...
Eh, duitnya emang ga ada ya..

Kemana tuh duitt....emoticon-Bingung

emoticon-Cape d...
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
Semua mau tampil
Diubah oleh zeemar
Iya nih siapa tau tetangga saya yang susah pada dapet bantuan juga deh. Please Jangan Sampai salah kasih, yang rumahnya besar mobilnya 3 malah kebagian. emoticon-Wagelaseh
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Jangan lupa follow ig saya @AmbaSaputra ATAU kalau mau ikut live online bisa cek Ambakawa Saputra Live on FB & IG TV
Pada cari panggung kang


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di