CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
3 Takjil Buka Puasa yang Bisa Dibikin Saat #DirumahAja
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb5adc168cc951d621ef712/3-takjil-buka-puasa-yang-bisa-dibikin-saat-dirumahaja

3 Takjil Buka Puasa yang Bisa Dibikin Saat #DirumahAja

3 Takjil Buka Puasa yang Bisa Dibikin Saat #DirumahAja Buka puasa merupakan saat dimana para umat muslim dan muslimat membatalkan ibadah puasa ketika bedug magrib tiba. Selain niat puasa dan sederet rukun puasa yang dilakukan lainnya, saat berbuka puasa juga menjadi salah satu rukun yang harus dilakukan para umat muslim dan muslimat. Biasanya, menjelang buka puasa sering berburu makanan, takjil dan minuman buat disediakan untuk menyambut berbuka puasa. Tapi di momen #DirumahAja akibat pandemi COVID-19 bikin agan gak bisa berburu makanan buat buka puasa di luar. Nah ga usah khawatir gan, berikut ini beberapa rekomendasi takjil yang bisa agan sista bikin sendiri di rumah. Langsung aja cekidot Gan..

3 Takjil Buka Puasa yang Bisa Dibikin Saat #DirumahAja

Kaskuser pada tau dong dengan makanan satu ini? Beberapa orang berpendapat kalau bubur sagu mutiara ini lebih cocok buat sarapan. Namun di bulan Ramadhan, bubur sagu mutiara ini juga jadi salah satu makanan yang dijajakan oleh penjual takjil. Karena kita sedang di rumah aja, kalau bikin bubur sagu mutiara sendiri #KenapaNggak ?. Untuk membuat bubur sagu mutiara dibutuhkan beberapa bahan, diantaranya adalah sagu mutiara, gula pasir, air, santan, garam, bahan lain sebagai pelengkap lain seperti pisang dan daun pandan secukupnya.
Untuk proses memasaknya sendiri terbagi dalam dua proses, yaitu memasak bubur dan memasak santan. Siapkan air dan masak hingga mendidih, lalu tuangkan butir mutiara, tambahkan gula dan pastian untuk diaduk agar tak menempel di panci. Sementara tahap berikutnya memasak santan, GanSis tinggal santan hingga mendidih, sambil mengaduk hingga matang GanSis bisa masukan daun pandan.

Kalau sudah selesai, tinggal ambil bubur sagu mutiara pada mangkuk, dan kemudian siram dengan santan yang tadi sudah dibuat.
Bubur Sagu Mutiara ini bisa agan sajikan panas/hangat, jujur sih kalau ane lebih demen ditambah es batu biar buka puasa lebih mangstab Gan!
emoticon-2 Jempol.


3 Takjil Buka Puasa yang Bisa Dibikin Saat #DirumahAja
Buka puasa emang paling sedap kalau menyantap yang seger seger gan, salah satunya adalah sop buah. Tapi di tengah pandemic COVID-19, bisa jadi penjual sop buah pun juga jarang karena sedang physical distancing. Tapi tak perlu worry gan, karena kalian pun juga bisa bikin sop buah sendiri dan tak perlu harus berburu ke luar rumah
Sop buah jadi salah satu menu takjil buka puasa yang paling enak dan nyegerin nih gan. Untuk GanSis mau  membuat sop buah, tentu kudu siapkan dulu bahan- bahannya. Bahan itu sendiri terdiri dari buah-buahan, misalkan dengan buah naga, melon, kiwi, anggur, strawberry, dan es batu. Untuk biar rasa lebih mantul, agan sista bisa sertakan susu putih kental manis atau pun tambahkan yogurt. Tapi kalau ane sendiri sih menyarankan gunakan susu kental manis aja gan, soalnya rasa asam sudah ada dari buah kiwi emoticon-Big Grin.
Proses pembuatannya anti ribet nih gan, buah-buahan tersebut tinggal dipotong-potong dan kemudian campur dan tempatkan dalam satu wadah. Apabila gunakan yogurt, siramkan yogurt ke buah-buahan. Namun apabila agan sista gunakan susu kental manis, so pasti butuh sedikit air baru deh tambahkan susu kental manis di atasnya. Eitss.. Jangan lupa, tambahkan es batu biar makin seger gan! Tapi apabila agan di rumah ada kulkas, agan bisa menyimpan terlebih dahulu di freezer, diamkan beberapa waktu dan ketika bedug maghrib tiba barulah sop buah bisa disantap.

Seger Gan…. emoticon-2 Jempol.

3 Takjil Buka Puasa yang Bisa Dibikin Saat #DirumahAja
Ngomongin soal makanan di bulan puasa,  serasa tak lengkap nih gan kalau mencicipi kolak pisang atau pun kolak biji salak. Sayangnya untuk membuat kolak biji salak agak sedikit ribet (versi ane Gan.. emoticon-Big Grin). Paling gampang emang bikin kolak pisang. Kolak pisang ini bisa dikasih tambahan lain, misalkan kolang kaling. Bahan dibutuhkan, pisang, santan, gula merah, dan air. Cara membuatnya pun sangat mudah.


Proses pembuatan dimulai dengan mengupas pisang kemudian potong potong sesuai selera. Lalu, masukan pisang tersebut ke panci yang sudah berisi air, santan, gula merah. Untuk menambah aroma, agan sista bisa menambahkan daun pandan biar makin mangstab Gan!. Sembari menunggu pisang sedikit lunak, pastikan agan sista untuk aduk berulang-ulang. Setelah matang, angkat kemudian sajikan dengan mangkuk.

3 Takjil Buka Puasa yang Bisa Dibikin Saat #DirumahAja
Gampang kan gan…?? Yes, bagi agan sista yang mau bikin takjil sendiri di rumah bisa cobain tiga takjil di atas sebagai menu buka puasa. Kalau GanSis suka bikin menu buka puasa, kali ini AXIS dan Tiarbah ngajakin Kaskuser menjawab tantangan dari CHEF MARTIN PRAJA. Chef Martin bakal mengajak GanSis memasak menu yang unik dan cepat menyesuaikan dengan momen pandemic coronavirus. GanSis bisa submit resep buka puasa setiap minggunya. Nantinya akan dipilih 5 pemenang dan bakal dapetin hadiah dari AXIS berupa saldo GOPAY atau OVO @ 500ribu. Catat tanggalnya nih Gan, agan bisa pantengin pada 9, 16, dan 21 Mei 2020.
Lumayan banget nih hadiahnya gan, asik deh bisa jadi THR di tahun ini emoticon-Selamat.


Kolaborasi memasak ini memang jadi salah satu bukti, bahwa jarang yang memisahkan kita karena berdiam di rumah masing-masing, tapi tetap bisa #KompakWalauBerjarak dengan berkreasi menu buka puasa bareng-bareng.

Akhir kata, selamat mencoba membuat takjil rekomendasi dari ane gan, dan jangan lupa untuk join challenge dari Chef Martin yah Gan.. Info lebih lanjut bisa pantengin instagram Martin Praja di @martinpraja atau kepoin ke akun IG AXIS di @axis_id .


profile-picture
profile-picture
profile-picture
zatilmutie dan 34 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh firakus
Halaman 1 dari 3
Ayo gan sikat hadiahnya emoticon-Angkat Beer
profile-picture
banu.fm memberi reputasi
Lihat 1 balasan
paling seringnya bikin sop buah sih, nyegerin jadi bisa sekalian makan buah gitu masukin aja berbagai buah-buahan yang ada bisa untuk pelega dahaga setelah seharian berpuasa nih
profile-picture
profile-picture
shoyusushi dan banu.fm memberi reputasi
Diubah oleh sinar304
Lihat 3 balasan
Uwiiiw... Ternyata iklan...
3 Takjil Buka Puasa yang Bisa Dibikin Saat #DirumahAja
3 Takjil Buka Puasa yang Bisa Dibikin Saat #DirumahAja
profile-picture
banu.fm memberi reputasi
Sop buah dan kolak tetep masih jadi idola lah gan, emoticon-Big Grin kurang rasanya kalau tanpa itu
profile-picture
banu.fm memberi reputasi
Lihat 1 balasan
seger bangettt, sop buah paling juaraaa
profile-picture
banu.fm memberi reputasi
Lihat 1 balasan
mantaaap sop buah emang swegernya nendang banget sih di tenggorokan, sama kalo di deket ane ada yg namanya sari buah, seger juga, tapi antrinya bejibun
profile-picture
profile-picture
citrachoirunisa dan banu.fm memberi reputasi
Lihat 12 balasan
sop buah is the best.. buka puasa emang nikmatnya ama yg seger².. hehe
profile-picture
banu.fm memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Hmmm bubur sagu mutiara, kalau ane kebiasaanya masukin kulkas dulu biar dingin, atau kasih es batu baru dimakan emoticon-Matabelo
profile-picture
banu.fm memberi reputasi
Lihat 2 balasan
woh ane beneran selama puasa bikin ini lho di rumah.. yang blm kesampean bikin cuma bubur mutiara
profile-picture
banu.fm memberi reputasi
Lihat 1 balasan
sop buah gak ada matinya sih buat ngilangin haussss
profile-picture
banu.fm memberi reputasi
kolak adalah suatu menu yang menjadi koentji ketika waktu berbuka puasa dah emoticon-Big Grin lumayan buat ngeganjel sebelum makan setelh shalat emoticon-Big Grin
profile-picture
banu.fm memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Bikin Kolak Pisang enak bangeet si, buat buka puasa apalagi. Pisangnya itu hlo mania banget. pas buat isi energi setelah seharian puasa
profile-picture
banu.fm memberi reputasi
Lihat 1 balasan
kolak pisang dan salak nih menarik haha tp biasanya di rumah kaya isinya ya apa adanya aja di rumah gan masukin semuanya haha
profile-picture
banu.fm memberi reputasi
sop buah sama kolak emang favorit bgt 👍👍👍👍
profile-picture
banu.fm memberi reputasi
paling gampang buat es buah gan
tapi favorit ane tetep cendol
emoticon-Toastemoticon-Toast
Gratisan OVO adalah passion ane gan, semoga yg dapet ane dah wkwk
Lumayan
Lihat 1 balasan
paling pengen bisa buat bubur sagu mutiara, tapi gak pernah sempet...
padahal enak banget, sekarang juga udah jarang banget yang jualll
sup buah kayanya paling andalan ya. bayangin 15 menit sebelum maghrib udah mantengin sup buah wkwk
wah selama bulan puasa ini, ane udah ngicipin sop buah sama kolak. paling sering sop buah sih soalnya seger banget!
keknya sop buah sama kolak pisang tuh dah legend banget klo puasa kek gini. jadi makin komplit aja gt buka puasa ada yg seger2 kek sop buah, tp biasanya ane sih milih belinya drpd bikin sendiri karna buahnya lebih komplit wkw
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di