CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
10 Penemuan Manusia yang Mampu Mengubah Dunia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb579179a972e478e733249/10-penemuan-manusia-yang-mampu-mengubah-dunia

10 Penemuan Manusia yang Mampu Mengubah Dunia


Manusia akan terus berinovasi untuk menciptakan berbagai penemuan yang mampu mempermudah manusia di berbagai aspek kehidupan.

Jarak, ruang dan waktu sekarang ini sudah bukan menjadi sebuah halangan, bahkan ruang angkasa pun telah terjamah oleh manusia.

Berbeda dengan jaman dahulu, untuk menempuh jarak sejauh 100KM misalnya, manusia harus berjalan kaki setidaknya selama beberapa hari sambil menginap di jalan bila merasa lelah dan kemalaman.

Sekarang, untuk menempuh jarak itu sampai di tujuan, cuma memerlukan waktu setidaknya selama 2 jam saja menggunakan kendaraan bermotor roda dua.

Nah, Gan-Sis, berikut ini adalah beberapa penemuan manusia yang berhasil mengubah zaman.

1. Roda

10 Penemuan Manusia yang Mampu Mengubah Dunia

Roda menjadi salah satu penemuan manusia yang mampu mengubah dunia, berawal dari penemuan ini akhirnya berbagai macam kendaraan darat dan alat angkut untuk beban berat seperti katrol tercipta. Diperkirakan roda untuk pertama kalinya ditemukan oleh Bangsa Sumeria sekitar 3500 tahun sebelum Masehi.

Selanjutanya seiring dengan perkembangan zaman, roda mengalami perubahan, karena dinilai cepat rusak dan mengalami perubahan bentuk akibat seringnya bergesekan dengan permukaan tanah, akhirnya roda ditambahkan bantalan ban di sekelilingnya.

Bantalan ban yang pertama ditemukan pada tahun 1845 oleh seorang insinyur asal Inggris bernama Thomson, terbuat dari kulit hewan, dengan bantalan ban yang di dalamnya terdapat rongga udara, membuat roda menjadi lebih empuk dan nyaman, saat kendaraan seperti kereta kuda sedang melaju.

Selanjutnya bantalan ban generasi ke dua yang dipergunakan sampai sekarang ini ditemukan oleh Dunlop, yang mengganti ban dari kulit hewan menggunakan ban berbahan karet.

2. Mesin Uap

10 Penemuan Manusia yang Mampu Mengubah Dunia

Mesin Uap untuk pertama kalinya dibuat oleh Hero yang berasal dari Alexandria, dia menciptakan sebuah prototipe turbin uap primitif yang bekerja menggunakan prisip reaksi. 

Kemudian dari penemuan Hero tersebut, banyak orang yang berusaha untuk menciptakan mesin uap yang lebih canggih, sampai akhirnya Gustav de Laval (1845-1913) dari Swedia dan Charles Parson (1854-1930) dari Inggris menjadi dua orang penemu awal dari dasar turbin uap moderen.

Mesin uap pun menjadi awal dari revolusi industri di dunia. Berbagai pabrik didirikan dengan menggunakan mesin uap, termasuk kereta api yang berlokomotif mesin uap. Saat ini mesin uap masih dipergunakan sebagai pembangkit listrik tenaga uap yang memanfaatkan panas bumi atau pun batu bara sebagai bahan bakarnya.

3. Penemuan Minyak Bumi

10 Penemuan Manusia yang Mampu Mengubah Dunia

Kita semua tahu, sumber energi yang tidak dapat diperbaharui ini suatu saat pasti akan habis juga. Namun, sampai sekarang minyak bumi masih dipergunakan. Minyak bumi juga memicu berbagai penemuan berbagai mesin berbahan bakar minyak bumi di bidang industri maupun kendaraan bermotor yang lebih canggih dan efisien dibandingkan dengan mesin uap. Hasil dari penyulingan terhadap minyak bumi biasanya dapat kita jumpai di SPBU ya Gan-Sis, antara lain, Minyak Tanah, Premium, Pertalite, Pertamax, dan Solar.

4. Listrik

10 Penemuan Manusia yang Mampu Mengubah Dunia

Energi listrik sebenarnya sudah terdapat di alam sejak jaman dinosaurus belum punah, yaitu petir yang ada di langit. Manusia kemudian membuat berbagai tekhnologi untuk menciptakan listrik, seperti pembangkit listrik tenaga air, pembangkit listrik tenaga surya, pembangkit listrik tenaga uap, pembangkit listrik tenaga udara, dan masih banyak lagi inovasi manusia dalam menemukan sumber energi listrik yang dapat terbarukan, sebelumnya sudah pernah ane bahas di thread dengan judul sebagai berikut 4 Teknologi Sumber Energi Alternatif Yang Terbarukan

Penemu listrik dan sekaligus sebagai penemu motor liatrik pertama di dunia yaitu, Ampere Michael Faraday, yang lahir di Inggris pada 22 September 1971 di Newington Butts. Dan Faraday hanyalah seorang lulusan Sekolah Dasar (SD).

Listrik kini sudah menjadi kebutuhan wajib untuk menunjang kehidupan sehari-hari manusia. Seperti untuk memasak dengan rice coocker, menonton TV, menyalakan AC, bahkan sudah dipergunakan sebagai sumber tenaga bagi sepeda motor listrik dan mobil listrik.

5. Bola Lampu

10 Penemuan Manusia yang Mampu Mengubah Dunia

Bola lampu ditemukan oleh Thomas Alva Edison yang lahir pada 11 Februari 1847. Penemuan yang satu ini merupakan penemuan yang paling penting menurut ane Gan-Sis, dengan adanya bola lampu, setiap malam kita tidak harus mengalami kegelapan lagi saat belajar misalnya.

Pernah nggak Gan-Sis belajar memakai lampu teplok yang menggunakan minyak kelapa atau minyak tanah sebagai bahan bakarnya? Ane dulu pernah Gan-Sis, alhasil asap hitam yang dikeluarkan oleh lampu minyak tersebut sangat mengganggu pernapasan ane, nggak jarang bahkan hidung ane jadi kayak ada noda hitamnya wkwkwk.

6. Radio

10 Penemuan Manusia yang Mampu Mengubah Dunia

Penemuan radio juga mampu mengubah cara penyaluran informasi secara cepat dan masal di seluruh dunia. Radio pertama kali ditemukan oleh Guglielmo Marconi yang lahir pada 25 April 1874 di Bologna, Italia. Radio pada umumnya memiliki frekwensi AM dan FM. Kalau ane sekarang lebih suka mendengarkan radio di saat jenuh dengan berbagai hiburan modern lainnya seperti ponsel pintar, menurut ane jadi seperti kembali ke masa kecil ane yang pada saat itu hanya ada radio saja.

7. Televisi

10 Penemuan Manusia yang Mampu Mengubah Dunia

Selanjutnya Televisi, tidak hanya suara saja yang dapat di sebarkan secara masal di waktu yang bersamaan oleh penemuan manusia yang satu ini, tetapi juga sekaligus suara dan gambar. Televisi menurut ane sangat cocok dipergunakan sebagai media pemersatu bangsa saat ini, karena ane yakin, hampir semua lapisan masyarakat hingga ke pelosok negeri sudah memilikinya. Pendidikan dengan biaya murah juga dapat disiarkan melalui televisi, dan baru di era pandemi COVID-19 ini ane melihatnya secara nyata, yaitu pendidikan dari tingkat SD, SMP, dan SMA yang disiarkan melalui stasiun TV milik negara yaitu TVRI. Semoga kedepannya peran televisi sebagai media pemersatu bangsa dapat lebih diperhatikan oleh pihak terkait.

8. Komputer

10 Penemuan Manusia yang Mampu Mengubah Dunia

Orang pertama yang menggagas pembuatan komputer yaitu Charles Babbage, komputer yang dia rancang masih merupakan komputer analog dengan susunan roda gigi yang cukup rumit, walaupun penemuannya tersebut gagal disempurnakan, tapi banyak para ilmuan yang mulai berlomba untuk menciptakan komputer. Sampai pada akhirnya komputer digital pertama dikembangkan oleh J. Presper Eckert dan John Mauchly.

Pada awalnya komputer digital pertama yang diciptakan memiliki ukuran yang sangat besar. Komputer digital generasi pertama ini diberi nama ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Calculator), yang terdiri dari 17.000 tabung vakum serta 6.000 saklar untuk menghidupkannya.

Berat total ENIAC lebih dari 30 Ton dan memerlukan daya listrik mencapai 140 kilowatt. Proyek ENIAC ini juga menghabiskan dana hingga 500.000 dollar AS. Pada Desember 1945, alat ini pun dioprasikan untuk perhitungan di Laboratorium Los Alamos.

10 Penemuan Manusia yang Mampu Mengubah Dunia

Selanjutnya oleh J. Presper Eckert dan John Mauchly, diciptakan komputer digital dengan nama UNIVAC (Universal Automatic Computer), yang memiliki desain lebih moderen serta bobot lebih ringan yaitu 13 Ton. UNIVAC menggunakan 5.200 tabung vakum dan mampu membaca 7.200 angka desimal per detik. Kemudian pada 14 Juni 1951, UNIVAC diproduksi dan dijual secara komersil.

Namun seiring dengan berkembangnya, teknologi komputer mengalami perubahan bentuk yang lebih kecil dan lebih ringan, bahkan bisa dibawa kemana-mana oleh manusia, semisal laptop, note book, dan tablet.

Peran komputer dalam membantu mempermudah pekerjaan manusia sangatlah besar, mulai dari hal yang paling sederhana, yaitu menghitung dan menyimpan file yang kita ketik sampai pada hal yang cukup rumit seperti mendesain gambar bangunan oleh seorang arsitek, bahkan sampai pada mengendalikan berbagai macam mesin dalam sebuah pabrik, misalnya produksi mobil secara masal.

9. Pesawat Terbang

10 Penemuan Manusia yang Mampu Mengubah Dunia

Ditemukannya pesawat terbang juga menjadi salah satu revolusi dalam dunia transportasi manusia. Ribuan kilometer jauhnya, semilsal dari Bali ke Jakarta hanya ditempuh dalam waktu satu jam saja.

Penemu dari pesawat terbang yaitu Wright Bersaudara, mereka adalah Orville Wright dan Wilbur Wright, pesawat terbang buatan mereka diberi nama Flyer yang diterbangkan pada tahun 1903 di sekitar Amerika Serikat.

Saat ini pesawat terbang bahkan sudah mengalami berbagai perubahan bentuk sesuai dengan kebutuhan manusia, semisal pesawat cargo untuk mengangkut barang, pesawat penumpang, hingga pesawat tempur dan pesawat yang mampu terbang hingga ke ruang angkasa.

10. Ponsel Pintar

10 Penemuan Manusia yang Mampu Mengubah Dunia

Ponsel pintar kini sudah berkembang pesat, hampir semua pekerjaan dapat kita lakukan melalui genggaman tangan dan sentuhan jari saja, semisal, berjualan, membayar tagihan listrik, sampai pada memesan makanan yang siap di antar ke rumah kita oleh penjualnya. Dalam sebuah ponsel pintar yang terhubung ke jaringan internet, kita juga dapat mengakses berbagai media sosial dan berbagai hiburan.

Sebagai pengguna dari semua teknologi yang ane sebutkan di atas, sudah selayaknya kita harus bisa lebih bijak untuk mengaplikasikannya ke dalam hidup kita agar menjadi seseuatu yang memberi dampak yang positif.

Sampai jumpa lagi di thread ane selanjutnya, salam kaskuser.

Baca Juga : 7 Jenis Televisi yang Pernah Ada di Indonesia

Penulis : DeYudi69

Sumber Referensi : 1 , 2 , 3 , 4 , 5 , 6 , 7 , 8 dan opini pribadi

profile-picture
profile-picture
profile-picture
Ilal303 dan 26 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh DeYudi69

Baca juga thread menarik dan informatif lainnya! Klik gambar di bawah ini 👇

10 Penemuan Manusia yang Mampu Mengubah Dunia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kadeksatia dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh DeYudi69

Baca Juga :

profile-picture
profile-picture
profile-picture
kadeksatia dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh DeYudi69
Mampir Juga Dimari Gan ...
klik

👇

Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kadeksatia dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh DeYudi69
semoga bermanfaat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kadeksatia dan 3 lainnya memberi reputasi
penemuan roda juga gan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abi.molay dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
sekedar tambahan gan

penemuan kertas dan mesin cetak emoticon-Smilie

ini perannya sangat penting buat menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan informasi

andai saja dunia tanpa kertas dan mesin cetak pasti peradaban di dunia akan jalan di tempat hehe
profile-picture
profile-picture
profile-picture
DeYudi69 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Tambahin satu lagi gan penemuan: TIKTOK




emoticon-Bata (S) bata kolektor
profile-picture
muantapdjivva memberi reputasi
Kalo kga ada mereka yg nemuin benda2 itu gmn ye emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
DeYudi69 dan muantapdjivva memberi reputasi
Lihat 1 balasan
penemu jam

emoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
DeYudi69 dan muantapdjivva memberi reputasi
Lihat 1 balasan
penemuan kalkulator
profile-picture
profile-picture
DeYudi69 dan muantapdjivva memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Kalau dipikir-pikir emang bener sih, yang simpel aja deh roda wkwkw jadi membantu banget. kalau sumber energi sih pasti banyak. memgubah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
smartphone and komputer change the world
emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan DeYudi69 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Penemu sabun cuci siapa gan?

Katanya sekarang disuruh rajin cuci tangan kita semua ini.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Roda, bidang miring, katrol, pengungkit, roda gigi, sistem hidrolik.
Mesin-mesin canggih sekalipun banyak menerapkan prinsip-prinsip sederhana di atas.
profile-picture
profile-picture
DeYudi69 dan aryanti.story memberi reputasi
Lihat 1 balasan
terpujilah fisika
profile-picture
profile-picture
DeYudi69 dan jagotorpedo memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Penemu makanan,penemu api utk masak,penemu baju,penemu sex,dan buanyaak lagi 😁
profile-picture
DeYudi69 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Bener juga ya kalo dipikir2 gimana ya kalo ban itu ngga ditemukan
profile-picture
DeYudi69 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
threadnya makin keren Kak Yudi ini 😁
profile-picture
profile-picture
ushirota dan DeYudi69 memberi reputasi
Lihat 1 balasan


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di